Home / Tips / Para Pencari Matahari

Para Pencari Matahari

Para Pencari Matahari . Menjalani masa-masa social distancing ini emang menyenangkan, kegiatan WFH disambil dengan me time dengan mulai mengisi tulisan di blog lagi , mengalihkan pandanganku. Kalo ditanya  bosen ngga? Ku masih menikmati, coz banyak banget kegiatan yang perlu dieksplore. Salah satunya kegiatan berjemur di pagi hari. Selain itu, sebagai warga negara indonesia yang patuh, kegiatan social distancing ini  kan bisa membantu membantu hentikan penyebaran virus .

Kebiasaan berjemur sinar matahari di pagi hari sebelumnya  sudah kehilangan pamornya. Ga sedikit orang yang sekarang memilih bangun siang, meski  bangun pagi  itu karena harus beraktivitas rutin mengantar anak sekolah dan bekerja.  Dan, ciyuus ga bisa menikmati sinar matahari pagi. Baru, pas di rumah aja rutin banget berjemur

Padahal dulu, sewaktu punya anak bayi mengikuti pesen orang tua selalu membiasakan untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk pertumbuhan bayinya. Mamaku bawel, katanya  stimulasi vitamin D ini  sangat dibutuhkan untuk bayi, sehingga jemur pagi identik dengan bayi. Pada bayi, sinar matahari juga akan sangat membantu untuk meningkatkan kerja hati sehingga bisa mengurangi kadar bilirubin yang biasanya dialami oleh bayi baru lahir. Dan ku manggut-manggut tanda mengiyakan.

Tetapi sekarang kegiatan berjemur ini  ditinggalkan. Dan mulai ngehits lagi semenjak wabah corona merebak. Padahal ya, sebenernya berjemur di pagi hari banyak banget manfaatnya diantaranya  untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar ga  mudah terserang penyakit.

Akupun sering dikasih wejangan sama dokter di Klinik, karena aku berhijab dan kurang terpapar sinar matahari disuggest untuk mengkonsumsi vitamin D rutin setiap hari buat kesehatan ga hanya buat tulang tapi buat immunnitas juga. Tapi kadang suka bandel, lupaa minum, sampe pake alarm donk.

Para Pencari Matahari

Sekarang, ku udah rajin berjemur, bahkan untuk mengisi kegiatan berjemur ini ku ikut partisipasi challenge yang diselenggarakan oleh grup di WAG KEMAYU. Nah grup ini adalah mentemen semasa putih abu-abu. Namanya Kemayu karena kepanjangan dari Kemana Mana Hayu, orangnya mah ga kemayu. Kemayu biasanya kongkow rutin  di Warung Kopi sekedar   ngobrol, ngopi cantik sambil haha hihi, bercanda saling membuly sampe obrolan unfaedah.

Biasanya mojok sambil ngopi dan ngunyah di warung kopi

Sekarang terdampar manis di rumah masing-masing.


Berjemur sambil napi beras yah, wakakaakk.

Berhubung social distancing,  jaga jarak ga membuat mati gaya. Mereka  selalu menghidupkan suasana bahagia di WAG. Jadi challengenya berjemur diantara jam 10-11 pagi, cuma 10-20 menit saja, lalu setor foto kegiatan berjemur dijam 11, nani dibikinin kolase video dan dikasih soundnya lagu-lagu yang beragam dan bikin ngikik. Sumpah, melihat foto-foto dengan espresi yang ga banget, kadang lucuk dah.

Bapak2 manja dengan Winnie The Poohnya

Ya, para pencari matahari ini emang hiburan banget di kala sekarang, yang ada ngikik terus kalo mantengin grupnya. Di saat orang -orang stress menghadapi  wabah, kami stress juga sih dengan kelakuan sendiri yang udah berbagai macam pose mencari matahari ini. Intinya mah tetep silaturahmi sambil berbagi kebahagiaan dan saling mengingatkan tentang pentingnya berjemur di masa pandemic ini.

Pose lihat cicak

Bukan berarti  dengan berjemur bakalan menyembuhkan corona, tapi dengan berjemur dapat meningkatkan kekebalan immunitas pada tubuh.

Mengapa harus berjemur ?

Selain berjemur itu membuat bahagia  dan menghidupkan suasana di WAG, ternyata memang berjemur di bawah sinar matahari dari dulu banyak banget manfaatnya, diantaranya :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Memperkuat kesehatan tulang
  3. Mengurangi depresi ringan
  4. Membantu penyembuhan penyakit kulit
  5. Meningkatkan Kualitas tidur
  6. Membunuh mikroba dan bakteri
  7. Meningkatkan suasana hati atau mood menjadi positif
  8. Membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga asupan nutrisi ga terganggu dan kesehatan tetap terjaga.

Mengapa pagi hari dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari.? Karena di waktu inilah,  meyakini bisa mendapatkan asupan vitamin D gratis secara alami yang merupakan solusi mudah dan praktis untuk mencukupi asupan vitamin D. Berjemur sambil berbagi informasi dan ku kumpulkan di sini obrolan faedahnya  yaa.

Tubuh manusia ga dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Apalagi kandungan vitamin D nyatanya cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu. Meski demikian, tak sedikit ahli kesehatan yang merekomendasikan agar berjemur di bawah sinar matahari menjadi solusinya.

Waktu berjemur yang baik jam berapa?

Lalu sebenernya jam berapa waktu  berjemur yang baik? Meski  banyak ahli kesehatan  dengan jawaban beragam dan mendadak banyak orang pintar dan sok pintar  berpendapat, ku memilih untuk berdiam dan mencari jawaban sendiri. Bahwa sebenarnya, ada dua jenis cahaya matahari yang dibutuhkan dan ga dibutuhkan oleh manusia.

Pose menembus langit

Sinar ultraviolet A dan ultraviolet B. Sinar ultraviolet A ga dibutuhkan oleh manusia, bahkan seharusnya dihindari karena terpapar sinar matahari langsung secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kulit keriput dan kanker kulit. Sedangkan, sinar matahari ultraviolet B merupakan gelombang cahaya yang pendek, jenis cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Paparan sinar matahari yang didapatkan antara jam 10.00-15.00 dapat memicu produksi vitamin D, yang dapat bertahan dua kali lebih lama dalam darah, jika dibandingkan dengan vitamin D yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau makanan. Resikonya berjemur di jam segitu kulit terbakar matahari karena paparannya yang menyenga. Maka dari itu, perlu membatasi waktu berjemur di bawah sinar matahari selama 10-20 menit saja.

Cahaya matahari yang terbaik adalah yang menyinari tubuh secara langsung, bukan hanya sekadar membuat tubuh mengeluarkan keringat. Jadi usahakan kulit mendapat sinar matahari secara langsung. Buat yang berhijab bisa memakai baju yang tipis aja.

Kegiatan rutin berjemur ini, bisa meningkatkan imunitas tubuh dan tentu saja salah satu cara pencegahan virus corona saat pandemic ini, nah jangan lupa ikutin tips di. bawah ini ya.

Tips berjemur di bawah sinar matahari yang aman dan nyaman

Setelah mengetahui waktu berjemur yang baik jam berapa, perlu banget memperhatikan beberapa tips berjemur di bawah sinar matahari yang nyaman dan aman bagi kulit.

  1. Menggunakan  lotion/sunscreen  kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya, pada permukaan wajah dan tubuh
  2. Mengoleskan lotion SPF 15 menit sebelum berjemur di bawah sinar matahari, agar menyerap lotion tsb sehingga dapat bekerja secara efektif.
  3. Saat berjemur disambil dengan aktivitas lain misalnya sambil menjemur baju, jalan santai, nyuapin anak, membaca buku, menyiram bunga, menyapu ato bahkan ada yang asik duduk saambil onlen dan ngakak.
  4. Sebaiknya mencari tempat yang baik dan nyaman agar  bisa menggunakan pakaian yang terlalu tertutup sehingga sinar matahari langsung mengenai kulit.
  5. Minum air putih sehabis berjemur
  6. Beristirahatlah atau berhenti berjemur ketika kulit mulai terasa panas.

Nih kadang yang bikin ngekek sambil berjemur meihat kelakuan mereka, menggelitik.

Pose lagi sarapan dan nyuapin anak tuh

Pose lagi jemur kerupuk

Ada yang lagi pamer Dalgona sambil berjemur

Kegiatan berjemur bisa sambil main-main santai  atau  kencan sama mamang sayur ngembat pete

Berjemur sambil Vcall

Tuh kan, seru abis kegiatan berjemur bareng Para Pencari Matahari. Ini salah satu kegiatan aku di rumah aja yang bikin happy dan ngekek tiap jam 10-11 pagi. Karena tempat yang terbatas dan untungnya rumah menghadap ke Timur, jadi setiap pagi cahaya matahari masuk ke rumah. Berjemur ngumpet dibalik tembok pager, biar ga ada yang lihat.

Tapi punya kejadian ga menyenangkan juga, ketika mojok berjemur, ada rombongan pak bapak lagi  menyemprot  di komplek. Ga ngeh, soalnya lagi asik ketawa-ketawa mantengin WAG, eh tiba2 kesembur cairan disinfektan donk, terima kasiih dapet bonus nih.

“Eh, ada Ibu di situ, maaf!

Langsung ngibrit ke kamar mandi.

Btw makasih yaa mentemen Kemayu udah mewarnai pagi hari dengan cerita receh yang menyenangkan. Mentemen ada cerita lucu sewaktu berjemur gaa?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

112 comments

  1. hihi iya teh disini pun kalo jam 9 pagi udah berderet didepan rumah masing-masing, jemur berjamaah. malah di daerah bekasi sampe ada yang di tengah jalan gitu…

  2. uwuuu nyeruput kopi dalgona sambil berjemur ko kayanya asik ya teh, jadi inget ngopi di coffee shop hihihihi
    kalo aku biasanya berjemur sambil peregangan dikit2 akibat melar nih badan hauhuhuhu

  3. Hahahaaa yaelah lucu juga ya kelakuan member gank Kemayu itu. Aku pun bacanya sambil ngikik-ngikik. Mendingan gini aja ya Teh biar enggak stres.

  4. berjemur memang muali ngetrend lagi sejak pandemi ini.. tapi juga menuai perdebatan terkait waktu berjemur yang tepat. Ada juga yang bilang kalo berjemur diatas jam 10 (kondisinya sekitar jam 12-14.00) itu kurang baik. Ada yang bilang juga utk iklim tropis di negara kita yg paling baik itu jam 9-10 pagi. huhu..

    yg penting jgn kelamaan ya mba biar gak gosong kulitnya. hihi

  5. sebelum berjemur jangan lupa pakai sunblock dulu ya teh, biar manfaat vit D nya dapat tapi tetap terlindungi dari pengaruh buruk UVA dan UVB 🙂

  6. Aku jadi diingetin hari ni belum berjemur, karena bangunnya kesiangan hahaha.
    Berjemur itu wajib banget, apa lagi kita uda sebulan ni hanya di rumah aja. Tapi jangan lupa pakai sun screen dan topi, biar wajah tetap aman, hihihi

  7. Keren nih gengnya mba, saling mengingatkan dan memberi semengat di tengah pandemi ini dengan cara yang tak biasa seperti kegiatan berjemur, di medan lagi musim ujan jadi susah dapet vitamin D nya

  8. Gank Kemayu memang pencari matahari sejati, penuh semangat tapi tetap membuat urat wajah tersenyum, double2 deh peningkatan daya tahan tubuhnya kalau udah kayak begini, karena selalu bahagia dalam semua situasi.
    Aku berjemur dengan kamuflase nyabut rumput, Nchie.

  9. Sedih banget atuhlaaah, jam segitu matahari belon nyampe ke rumah gue.
    Harus nyebrang dulu ke tetangga depan baru dapet dah sinar matahari hehehe

    emang di situasi kayak gini mah udah paling bener banyakin receh biar kagak stres hehe

  10. Berjemur bisa jadi seseru itu, asyik bener memang ya teh grup para pencari matahari, selain nebar semangat utk berburu vitamin D, juga berhasil bikin hahahihi terhibur..

  11. Seru yah sekarang kak. Jam 10 itu wakyu yang tepat untuk mencari matahari, nah betapa pentinfnya sinar matahari buat kesehatan iyu yah kak. Seru juga liat orang berjemur, ada tih orng berjemur tapi lupa untuk jaga jarak

  12. Sebelum ada Covid19, udah tau manfaatnya berjemur tapi tetap takut matahari. Sekarang malah mencari waktu untuk berjemur. Nggak setakut dulu lagi dengan matahari

  13. rame-rame moyan ya sekarang hehehe, di jalan belakang rumah tuh aku lihat foto ibu2 lagi berjemur tapi berjarak. Aku tinggal buka pintu rumah matahari langsung masuk gak usah ke jalanan. Alhamdulillah rumahnya menghadap ke timur

  14. Asik nih teh sampe ada report foto pas berjemurnya terus dijadiin kolase foto 🙂 aku kalau pas di kantor jemur sednirian depan musola sambil dhuha suka malu sih ngapain eta olangan di luar wkwkwk..yang penting mah berjemur ya teh

  15. Kalau kami di kampung, berjemur sudah jadi bagian dari pekerjaan Teh. Apalagi sekarang sedang musim panen. Iya, kami berjemur karena menjemur padi. Hahaha. Bukan semenit atau sejam Teh, tapi berhari-hari dari pagi sampai sore. Hehehe kalau enggak ya gak akan kering padinya, ga bisa sukses kami setiap musimnya

  16. Aku bisa masuk daftar nih teh hehe.. secara tiap hari selalu merindukan cahaya matahari.. sekarang jadi semakin merasakan manfaat dari sinar matahari ya teh.. bersyukur banget masih bisa menikmati cahaya matahari.. semoga kita senantiasa sehat ya teh

  17. Bhahaha…ini Aku inget banget teteh cerita kesembur Pak-Bapak lagi nyiram.
    Mungkin si Bapak ngliat teteh lagi syuting, trus biar Ada efek-efek air mancur gituu..teteh sambil kibas-kibasin handuk doonk, teh..
    Wkwkwk~

    Btw,
    Aku juga jemur teh..tapi ga rutin. Hiihii..pas waktu Hari bebersih Nasional di rumah ku, 2 Hari sekali bareng seluruh anggota keluarga.

  18. Wkwkwk lucu-lucu fotonya paling fokus sama yang berjemur sama kerupuk 😂
    Btw emang lg viral nih berjemur di bawah matahari di masa pandemi Covid19, padahal kan emang dr dlu banyak manfaatnya

  19. yampuun maak ampe kesemprot desinfektan 😀
    seru2 ih pose berjemurnya. hiburan pisan ya buat masa isolasi ini. nama grupnya juga lucuk: kemana mana hayuk hihihi

  20. Wkwkwkwkwkw pose-posenya kocak banget. Lucu bikin semacam brush challenge yang lagi rame di IG. Tapi pose2 berjemur.
    Akutu sebenernya gak suka banget kena sinar matahari karena geraaahhh. Tapi skrg jd terpaksa berjemur tiap pagi.

  21. Hahaaa. Teh ucul smuaaa. Udah lama nggak denger kata napi beras. Aku ketawa hri ini akhirnyaaa. Itu dpt bonus disemprot disinfektan ya 🤣🤣 masi banyak bgt yg bisa dieksplor di rumah. Stujuuu

  22. Mbak pakai sunscreen itu yang msh jd perdebatan kmrn di aku ma temen2ku hehe, soalnya kan tujuannya dapat sinarnya kalau pakai pelindung bukannya malah gak masuk?
    Soal perdebatan kapan sebaiknya berjemur itu aku masuknya tim yang pagi sekali jam 8 xixixi
    Yah yg penting walau WFH jgn lupa penuhi kebutuhan sinar matahri dan kalau bis agerak2 jg ya 😀

    • Mana yang terbaik dan kepercayaan buat diri sendiri saja.
      Mau pake sunblok ato engga, mau jam berapa pun silahkan, ga ada yang salah ko.

      Kalo ngikutin perdebatan ga akan ada beresnya Maaak, malah ntr lupa berjemurnya hihii.

      So enjoy aja!

  23. Seruuu ya mba. Idenya keren. Natural dan viral

  24. berjemur jadi kegiatan rutin yang belakangan hype banget dan nge tren ya teh.. banyak yang mengabadikan kegiatan berjemur ini di sosial media dengan gaya yang berbeda-beda, ada yang sambil olahraga, ada yang seperti berjemur di pantai, ada yang sambil baca buku, wah seru deh pookoknya

  25. Ya ampun, aku jadi ikutan ngikik teh, seru banget ya runitas berjemur kalau bareng bareng gini, happy terus tiap hari ya hihihi

    Paling epic, berjemur kesemprot cairan disinfektan sih haha si teteh mah Aya Aya wae. 😁

  26. Wkwkwkwkw, kocaq kocaq banget mbak posenya.

    btw, aku termasuk orang yg males sekali berjemur. takut gosong, hiks. gak tahan panasnya juga. Padahal manfaatnya sebanyak itu yaaa 🙁

  27. Wkwkwk ini kenapa postingannya bikin ngakak pagi pagi haha. Posenya kok yo unik2, tapi emang banyak hal dilakukan sambil berjemur. Salah satunya nampi beras haha

  28. Asyik banget group WAnya, jadi bikin nggak bosan di rumah ya, karena selalu ada kegiatan meski via online 🙂
    Anak-anakku juga belum bosan di rumah, yang bosan itu karena nggak bisa ketemu teman sekolahnya.

  29. Posenya unik-unik saat berjemur
    Setelah ramai Pandemi sekarang orang-orang udah mulai aware dan kembali membiasakan untuk berjemur
    Untuk menangkis kejenuhan selama berjemur memang lebih baik diselingi kegiatan yang menyenangkan

  30. Para pencari matahari sangat menikmati ya.. sudah terbukti bahwa sampai kapanpun kita butuh matahari, apalagi saat pandemi seperti ini momen berjemur menjadi momen yang sangat dinanti ya teh.. semoga kita semua ngga akan pernah bosan hidup sehat ya teh

  31. Haha fotonya kocak-kocak teh, bodor semua..geng bapakku juga waktu SMA bikin foto toples gitu pada berjemur, Meuni seksiii aki-aki hahaha, iya sempat jadi perdebatan ya jam berapa buat berjemur, lieur deh…

  32. Seru amat sih wag nyaa…
    Beneran bikin tetep waras nih kekompakan salam hal2 yg konyol ngangenin kayak gini…
    Paling suka sm yg beejemur sambil napi beras full gaya teh…
    Salam yaaa smp modelnya 😁😁

  33. Ya ampun, ajaib-ajaib banget sih teh foto-fotonya, kocak, hihihi…
    Saya udah rutin berjemur dari beberapa tahun yang lalu, sejak disuruh dr dave…

  34. Sejak Covid inj kegiatan berjemur jd hitss lagi nih. Kalo aku mah covid gak covid jemuran ae tiap hari :)) barengan sama anak2 🙂
    Karena memang manfaatnya banyak sih.
    Dan kalo berjemur seringnya juga gak pakai hijab 🙂

  35. Huahaha Teteeh, temennya kocak-kocak banget ituuuh!
    Pose berjemurnya gak nguatin, gokil abiiiis.
    Tambah ngakak waktu tau Teteh keasyikan berjemur malah kena semprot cairan disinfektan wkwkwk #upss

  36. hehehe… lucu-lucu deh pose-pose sambil berjemurnya mbak. Saya pun membiasakan diri dan anak-anak untuk berjemur setiap pagi. Apalagi kalau sedang flu dan batuk. Sebelum ada corona mah kami sudah rajin berjemur kalau lagi flu, hehhee

  37. Itukah y mba sebenarnya bangun pagi bnyk bnget manfaatnya Salah satunya berjermur mulai trend lagi semenjak wabah corona merebak. Padahal ya, sebenernya berjemur di pagi hari perlu buat bvt D tubh Kita gratis lg

  38. seru banget ya Tëh bisa berjemur berjamaah, diberi tagline para pencari matahari. kirain td judul sinetron baru yang bergenre drama komedi.

    Berjemur memang banyak manfaatnya, dengan terjadinya pandemi jadi diingatkan untuk membiasakan berjemur (lagi)

  39. hihihi kebiasaan baru nih selama stay at home beberapa minggu ini, jadi rajin berjemur pagi pagi ya teh hihihi, kalo aku biasanya sambil jemur baju dan dikit dikit peregangan otot biar nggak kaku ehehe

  40. Aku sebelum coronapun memag sadar diri harus rajin berjemur karena ada bronkitis ka. Dan memang lebih baik gerah daripada kedinginan 😆😆

  41. Jadi membiasakan berjemur ya mba karnea coronce ini. Saling ngehibur kirim kiriman selfie, gemes pada ootd lucu gini 😀

  42. Wkwkwk tadi kukira judul film apa novel eh kebiasaan jemur. Iya aku sama anak-anak rajinin jemur biar sehat. Kadang jalan keliling kompleks pas sepi. Moga kita sehat selalu ya teh

  43. Getting enough sunlight is very important now.. semoga sehat selaluuuu yaaah

  44. foto2nya natural. ada yg sambil milihin kerikil di beras, cari kutu, pamer boneka dan dalgona. wkwkwkw….ini mah kereeen! saya berjemur sambil siram2 tanaman bok

  45. Bener teh, berjemur banyak manfaatnya tapi sering kita abaikan ya. Sekarang masa pandemi seperti ini baru deh ngeuh klo berjemur itu bagus. Dan skrng saya baru ngeuh juga klo kulit saya tambah geseng dan jadi belang hahaha.

  46. Berjemur memang skrng jd rutinitas baru di keluargaku teh. Sebelum jam 10 pagi udh siapin semuanya mulai dari matras hingga tabir surya.

  47. Berjemur sekarang banyak posenya ya Teh hihihi. Demi menjaga keseimbangan dan kesehatan, maka berjemur itu penting ya. Aku suka berjemur, anggap aja lagi berjemur di tepi pantai hihi

  48. Hehe pose nya lucu2 yah mbak 🙂 bikin berjemur menjadi kegiatan yg menyenangkan dan menghibur 🙂

  49. Sekarang aku jadi rajin berjemur dong tapi tidak pakai sunblock alhasil kulit jadi tambah gosong,hehe.

  50. Berjemur punya versi masing-msing ya Teh hahaha
    gemes banget aapalagi yang sambil mirihin beras ya ampun gokil

  51. hahah iyaa bener banget mbak, semenjak ada tante coro jadi kita rajin berjemur kek bule yaah tapi bukan di pantai alias depan rumah ajaa. Gpp semakin sehat yaah mbak abis berjemur hihi

  52. Berjemur jadi moment penting buat semua orang saat ini termasuk saya. Bahkan waktu berjemur itu suka jadi bahan perdebatan waktunya ya Teh hahaha misalnya katanya bagusan jam 8 terus ada yang bilang jam 10 atau sore.
    Tapi kapanpun yg ptg pakai sunscreen ya Teh.
    TOSS ah kita nikmati masa di rumah aja ini dengan banyak melakukan hal positif di rumah dan ada manfaatnya tentunya.

  53. Seru pisan acara berjemurnya Nchiiiie,
    Tapi bulan puasa kayak gini kayaknya kalo jam segitu gue belon bangun dan masih selimutan atuhlah plis!
    *plak*

  54. Wkwkwkw itu pada niat amat sih berjemurnya. Seru banget groupnya. Teh 😀

  55. Ngakak aslina duh eta liat pose pose menggoda sama menggonggong, aya nu sambil napi beras, anu anu vcall bari belum mandi hahaha

  56. Pencari mataharinya kece semua nih. Jadi pengen di foto pas lagi berjemur.

    ternyata yang bagus itu berjemur jam 10 ya teh. Aku juga sekarang jam 10 baru keluar rumah.

  57. Berjemur salah satu aktivitasku sejak pandemi berlangaung. Bener bnyk manfaatnya buat kesehatan tubuh. Yukk yuk berjemur biar gak dideketin corina…

  58. Sejak dahulu berjemur di pagi hari bermanfaat dengan mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma dan meningkatkan imunitas. Challenge dan gaya berjemur nya unik (hahahhaah) jadi ga monoton dan melakukan hal yang menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.