Pelajaran Bahasa Sunda, Tidaaak..!!

PIN
Hari ini terakhir UKK di sekolahnya Olive, di tutup dengan ujian pelajaran Bahasa Sunda  lanjut  ujian praktek berenang.
Ahh, menyenangkan bukan, bisa menghirup udara segar..
Perasaan kalo nemenin belajar, biasanya  cuma duduk sambil baca dengerin musik, giliran kemaren  bikin mumet, Olive banyak nanya mulu, hadooohhh, browsing ahh ..tanya mbah..!!
Karena aku termasuk perpaduan Indo *jawa-sunda*, hanya sebatas mengerti yang umumnya aja baik bahasa sunda atopun jawa. Di rumah sehari-hari pun pake bahasa indonesia aja, cuma logatnya  yang sunda.
Sungguh memalukan ya warga sunda, kagak bisa bahasa sunda, ada undak unduk bahasanya, itu yang bikin pusing tujuh keliling *mungkin setiap bahasa daerah begitu kan*
Mertua komplen..
Mertuaku asli Sunda dari Sukabumi, sundanya  halus. Tiap berkunjung kesana, selalu saja nambah kosakata  baru bahasa sunda. Apalagi kalo nyuruh atau nanya ke Olive pake bahasa sunda *olive bengong, apa katanya Ma?*
Mimih *mamamertua* cerewet, bilang “Nie kok si Olive ga tau bahasa sunda ya,  tiap di tanya pasti geleng-geleng kepala, ajarin donk kasihan, kan tinggal di Sunda..” #langsung nyengir kuda
Iya, Mih..!!
Ternyata pelajaran Bahasa Sunda susah . Tidak seperti yang di bayangkan, selalu menganggap remeh, padahal mah mumet. Tapi bersyukur nilai pelajaran bahasa sundanya Olive masih aman saja, di rapor  masih diatas 80.
Kalo di suruh memilih mendingan  ngajarin matematika dari pada bahasa sunda.

Alhamdulillah, bukan aku aja yang merasa begitu, hampir semua Emak2 di sekolah punya keluhan yang sama, tiap ada PR bahasa sunda *telponmimih* pasti heboh telpon2an.

Daaan bener-bener mati gaya, kalo ketemu temen ada yang ngomong sunda halus, bingung jawabnya apaaa *ga ngerti*..
Cari aman aja, jawabnya pake bahasa indonesia hhe..

Ini cerita bahasa sundaku yang kurang pandai..
Gimana cerita bahasa daerah kalian Sahabat..

Happy Wiken 


#masih ngapalin kaler, kidul, wetan, kulon
kalo kidul = inget pantai selatan,Nyi Roro Kidul
kalo wetan= inget mudik, ke wetan ~ timur 
kalo kulon= inget ujung kulon ~ barat
sisanya pasti utara

#biar besok  Olive nanya, emaknya pinter..!!

Comments (61)

  1. Waya Komala

    June 9, 2012 at 12:30 AM

    suamiku orang sunda mbak, dan kita nggak punya sodara dekat yang bisa di ajak ngomong sunda.Aku orang Riau,bahasanya melayu.Jadi di rumah bahasa Indonesia aja..,tapi kadang suamiku ngomel juga ngajarin anak-anak lidahnya kaku banget ngomong sunda..,paling bisa ya “nuhun..,nuhuun”.Itu juga karena sering denger ayahnya lagi nelpon sodaranya.Kalo aku, bisanya “kumaha-kumaha”hehehe

  2. Imelda

    June 9, 2012 at 3:37 AM

    aku berkenalan dengan bahasa sunda lewat teman, sepasang suami istri yang tinggal di Jepang kira-kiranya bersamaan denganku. Tapi tetep aja ngga bisa bicara. Ngerti dikit 😀 Masih mending Jawa hehehe

  3. isma

    June 9, 2012 at 5:36 AM

    ini si mamah musti ikut kursus sunda juga ya hehe. kulon, wetan, kidul, lor-nya sama dg bahasa jawa ternyata, baru tahu …

  4. Pakde Cholik

    June 9, 2012 at 5:36 AM

    Harusnya memang menguasai bahasa Sunda karena tinggalnya di kawasan Jabar.
    Bahasa kan sebenarnya kebiasaan, asal sering mendengarkan dan belajar melafadzkan, lama2 kan bisa juga.
    Ipung dan adik2nya pintar bahasa Sunda walau dia bukan orang Sunda.

    Salam sayank selalu.

  5. Nchie Hanie

    June 9, 2012 at 5:46 AM

    @Waya Komala hehe..
    Nuhun..nuhun..

    Nyari yang aman aja bahasa Indonesia ya..

  6. Nchie Hanie

    June 9, 2012 at 5:47 AM

    @Imelda Iya Mba..sebatas mengerti saja..
    yang penting ga di bodohin,
    kalo orang2 ngomong bahsa sunda ato JAwa minimal tau,..
    Meskipun cuma menyimpulkan hehee..

  7. Nchie Hanie

    June 9, 2012 at 5:49 AM

    @isma hehhee…ga ah kursus ma mertua ajah..
    #yang gratis.

    Iya, sama kan wetan, ngalor, ngidul..
    tapi masih di pikirin dulu ada yang nanya..ntar2..ckckkc..

  8. r10

    June 9, 2012 at 5:51 AM

    ini mungkin membantu

    http://www.kamusbahasasunda.com/

    *aku juga ga bisa bahasa jawa loh :p

  9. Nchie Hanie

    June 9, 2012 at 5:52 AM

    @Pakde Cholik Mo belajar Budhe Ipung juga ahh..
    Iya Dhe, kebanyakan sih denger, tapi yang umum2 aja *itu pun kalo ketemu sunda asli*
    Kebanyakan mah Campuran Indo-Sunda ngomongnya..hihii..
    *kasar pula*

  10. Nchie Hanie

    June 9, 2012 at 5:55 AM

    @r10
    Iya bener..
    Aku suka nanya di situ jugaa..

    hihih..Ternyatah..
    Dunia lengkap,
    makasih ya Mbah Google..
    makasih R1o ya..

    Ayo sini tak ajarin bahasa jawa..

  11. LJ

    June 9, 2012 at 6:57 AM

    klo bahasa sunda halus mah, belajar sama eMak ajah.. dijamiiiinnn… #ancur. 😛

    Alhamdulillah hari ini dah selesai UKK nya olive, besok ud boleh jalan-jalan bareng Mo dan Po.

  12. Lovely Little Garden

    June 9, 2012 at 7:11 AM

    jadi ingat waktu hari pertama pindah sekolah ke karawang. Ada teman baru nanya…”Bumina dimana..?” Aku heran banget ini orang kok nanya2 bumi dimana… ya bumi lah bukan di bulan… Dia sampai mengulang2 pertanyaannya bbrp kali… akhirnya dengan kepedean aku jawab… “Pindah dari Pekanbaru.” (kirain nanya pindahan dr mana)…
    hahaha… yang nanya ketawa sambil menjelaskan maksudnya dengan bahasa indonesia yang rapiii…

  13. Yunda Hamasah

    June 9, 2012 at 7:20 AM

    Wadoooh asli dechhh aku malah nggak ngerti ama bahasa Sunda, baik yang halus ataupun yang tak halus 🙂

    Kalau bahasa daerah Palembang lebih mirip bahasa Indonesia, melayu gitu Teh, jadi agak mudah 🙂 Nah kalu bahasa Lampung yang agak sulit 🙁

  14. Batavusqu

    June 9, 2012 at 7:23 AM

    Salam Takzim
    Untung ada sumpah pemuda jadi saya tidak perlu berbahasa sunda menulis komentar disini
    Ayeuna tos tiasa sunda euy
    Salam Takzim batavusqu

  15. ke2nai

    June 9, 2012 at 7:30 AM

    teh, keluarga sy malah 100% sunda.. Tp wkt adik sy SD & dpt pelajaran bahasa sunda tetep aja nilainya biasa2 aja.. Sepupu sy yg tinggal di Bdg juga nilainya biasa2 aja.. Jd suka diledekin giliran bahasa Inggris nilainya bagus tp bahasa Sunda biasa aja.. Hehehe… Tp emang susah sih pelajaran bahasa daerah yg di sekola itu.. Krn bhsnya kan halus..

  16. mida

    June 9, 2012 at 7:31 AM

    Saya juga Teh yang pituin urang sunda masih aja nemu kosakata bahasa sunda yang ajaib dari ortu, hehehe… Kalo baca majalah Mangle apalagi :p

    Sekarang lagi nyari kursus gratis bahasa jawa pantura yg ngapak-ngapak, soalnya kalo keluarga suami dateng cuman bisa nyengir ge-je, hahaha…

  17. Mami Zidane

    June 9, 2012 at 7:40 AM

    hehe, kirain mbak nchie ini mahir bahasa bunda lho….

  18. Mechta

    June 9, 2012 at 7:56 AM

    haha…ibuku juga selalu jadi kamus berjalan bahasa jawa buat para cucunya…
    wilujeng enjing, Teh Nchie…

  19. Lidya - Mama Cal-Vin

    June 9, 2012 at 8:16 AM

    waktu SD aja aku paling males pelajaran bahasa sunda susaaaah, padahal sehari2 ngomong sunda cuma beda kan kalo pelajaran

  20. Si Belo

    June 9, 2012 at 8:22 AM

    hehehe…baru pengen minte ajarin ame bunda, ternyate bundanye mati gaya *tepok alis* 😀

    dirumeh mah kagak pake bingung palingan, akhirannye cuman diganti pake huruf ‘E’ ^__^

  21. Ari Blogspot

    June 9, 2012 at 8:39 AM

    wkwkwk.. si teteh ini… itu yg di footnote bikin ngakak.. :))
    orang yang tinggal di area berbahasa sunda aja nggak ngerti apalagi aku? haha..
    alhamdulillah masih ada bahasa Indonesia ya, bahasa pemersatu warga negara Indonesia

  22. Orin

    June 9, 2012 at 8:51 AM

    Hayu teh urang nyarios basa sunda hihihihi.

  23. dey

    June 9, 2012 at 9:18 AM

    hihihihi, nyeungseurikan nchie heula ah …

    ternyata …. kita sama ! 😀

    tapi saya belum perlu mbah google kalau soal bahasa sunda, masih ada kamus pribadi yg ada disamping.

    eh, kalau soal wetan kulon mah saya masih ngerti. Yg masih bingung, permios sama neda widi apa bedanya ya .. :))

  24. prih

    June 9, 2012 at 9:46 AM

    Saat anak2 sekolah di Bogor, kami kesulitan pelajaran bahasa daerah dan bersyukur belajar dengan tetangga, tuk lolos dari batas minimal. Dulu henteu tiyasa ayeuna parantos lupa. Salam

  25. nicamperenique

    June 9, 2012 at 10:06 AM

    jadi inget ponakanku yg sekolah di bekasi mbak
    kaget pas dapat pelajaran bahasa sunda,
    tapi alhamdulillah, bisa ngikutin dan nilainya bagus
    cumaaaaaaaaa ya segitu doang, tetep gak bisa ngomong hahaha

  26. Djangkies

    June 9, 2012 at 10:33 AM

    Persis seperti keluhan teman saya yang saat ini tinggal di Cianjur ketika anaknya ujian bahasa SUnda kemarin. Lho wong ibunya asli Jawa Timur, maka semua diserahkan bapaknya yang asli SUnda.

    Kalo istri saya asli Jawa termasuk saya, hanya saja istri saya lahir sampai SD di Cirebon jadi saya agak tahu bahasa Sunda Cirebonan dari istri saya

  27. Dhymalk dhykTa

    June 9, 2012 at 10:35 AM

    hehehe…dah resiko tinggal di daerah yg pake bhs sunda mbak, tp anak2 biasanya daya tangkapnya kuat lho…spupuku org jawa tp karena kecilnya di makassar jago bahasa makassarnya

  28. dea

    June 9, 2012 at 11:07 AM

    saya orang sunda mbak hanii !! bILIH Bade pangwulangkeun bhasa sunda ka abdi we nya hahah 😀

    hayooo ngerti ga tuh mbak hanii 😀

  29. भीम Sofyan भीम

    June 9, 2012 at 11:27 AM

    Hehehe,,kalau saya mah kesulitan dalam bahasa Jawa Alus Teh, apalagi kalau nenek sedang ngobrol, hadehh gak paham blas, tapi kalau bahasa Madura monggo hehe

  30. Millati Indah

    June 9, 2012 at 2:31 PM

    Saya suka belajar Bahasa Sunda. Seru. Dulu, temen saya yang orang Sunda sering saya tanya2in kosa kata Sunda.

  31. rafik

    June 9, 2012 at 3:04 PM

    ya begitulah bahasa sunda. banyak bahasa serapan. kalau bicara sunda ok, kalau pelajarannya aku gak ok,, lieurr,,

  32. Obat tradisional maag

    June 9, 2012 at 3:39 PM

    haha mamah olive masih ngapalin kaler kidul wetan… tinggal ditasik atuh mah ambeh tiaya lancar bahasa sundana.

  33. fb

    June 9, 2012 at 3:59 PM

    Aku orang sunda tapi juga enggak begitu mahir kalo ngomong sunda.. Kalo nngerti sih bisa dikit2.

  34. dunia kecil indi

    June 9, 2012 at 6:13 PM

    hihihi, lucu 😀 aku lumayan ngerti sunda, tapi gak bisa ngomongnya. gawaaaaat, hihihi…

  35. Stupid monkey

    June 9, 2012 at 7:08 PM

    hihihihi, jadi gitu teh ceritanya, karunyak …:P
    saya malah gak pernah belajar sunda mba, tau-tau udah lancar aja, kok bisa ya …, :p

  36. irmarahadian

    June 9, 2012 at 10:28 PM

    bisanya cuma: damang..??
    jwb : alhamdulillah, hehehhe
    gitu y mam….

  37. Ocha Rhoshandha

    June 10, 2012 at 12:56 AM

    aku kesulitan basa jawa. Sama juga, yang dimaksud jawa halus. Dan aku kalo ngafalin kosa kata arah ya begitu, yang aku inget tu selatan alias kidul alias nyi roro kidul alias pantai ratu selatan. Dan sisanya, nggak tau daaaaaaaah…

  38. Lozz Akbar

    June 10, 2012 at 7:57 PM

    ahahaha ceritanya hampir sama tuh Teh dengan mbak Intan yang anaknya kesulitan dengan pelajaran bahasa Sunda.

    sebenare dilema juga loh tuh kalau ada ortu yang membiasakan anaknya sejak kecil berdialog bahasa Indonesia. Jika tak diimbangi bahasa daerah masing-masing

  39. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:35 PM

    @LJ Iya Mak Alhamdulillah, rada legaa..
    Hah..jadi bebas Online..qiiiq..

    Waah..gawat Si Emak nih..

  40. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:36 PM

    @Lovely Little Garden HAhaaa..lucu..lucu JEnk..!!
    Bisa ajah..

  41. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:37 PM

    @Yunda Hamasah hehe..jangankan Mba KEke, aku aja masih bingung..

    iya yah, melayu agak masih bisa di mengerti ya..

  42. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:38 PM

    @Batavusqu Hehee..
    Kang Isro, kmana aja, sibuuk ngegowe ajah nih..

    ituuh bisa ngomong sunda..

  43. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:40 PM

    @ke2nai Emang begitu Chi..
    Susah banget pelajarannya bahasa daerah..
    KAlo ngomong sih masih bisa belajar dan dengerin ngobrol orang ya..
    pokoknya nyeraah,..!!

  44. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:40 PM

    @mida Mangle??
    Tidaaakk..!!
    suka lucu pas bacanya, bari jeng ga ngerti..!!

  45. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:41 PM

    @Mami Zidane MAhir logat sunda ajah Mami..

  46. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:42 PM

    @Mechta hihih..iya bener..
    Kamus berjalan ya..!!

  47. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:42 PM

    @Lidya – Mama Cal-Vin samaaaa…!!
    mendingan pelajaran kimia sama fisika aja deh..

  48. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:43 PM

    @Si Belo LAngsung mati gaye *nay mau kursus*
    Lha iyah kalo betawi gampang,..

  49. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:44 PM

    @Ari Blogspot Hmm si Ari, senneg gitu ngetawain..Puass loh..!!

    Iya ya, bahasa Indonesai, bener2 bahasa persatuan..!!

  50. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:45 PM

    @Orin Hayu Oriin, ngobrol biasa campur2..

  51. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:47 PM

    @dey Hmm..si Teteh nya nyeungseurikeun,..sudah puas teh..!!

    Enak bapa Fauzan, tauu..
    Nah si Po, giliran di tanya banyak mikirnya, jawabannya ga ada hehhe..

    Apalagi yang itu, Nyerah..!! Angkat TAngan !
    Dulu ada PR gitu..
    Olive niron aja ke temen ato dah ga usah di isi…. *ngajarin ga bener*

  52. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:54 PM

    @prihhehe..tetep lupa nyaa..

  53. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:55 PM

    @nicamperenique Hehe..emang susah Niq..

  54. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:56 PM

    @Djangkies Hiks..nasib yang samaa PAk Ies..
    Wahh..bahasa cirebonan, hihi lucu loh, aku punya temen juga, ngobrolnya aneh, ..

  55. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:57 PM

    @Dhymalk dhykTa Waah hebat ponakannya..

  56. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 8:58 PM

    @dea Ngertii itu mah..
    ASiik punya kamuus berjalan lagii!!

    tunggu ya kalo Olive ada PR ntar

  57. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 9:00 PM

    @भीम Sofyan भीम Sama lah KAng..
    bahasa daerah yang halus emang agak susah,,

    Bahasa MAdura wow..
    ajarin donk..!!

  58. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 9:00 PM

    @भीम Sofyan भीम Sama lah KAng..
    bahasa daerah yang halus emang agak susah,,

    Bahasa MAdura wow..
    ajarin donk..!!

  59. Nchie Hanie

    June 10, 2012 at 10:12 PM

    @Millati Indah waah..senengnya..
    emang lucu ya kalo belajar bahasa daerah..

  60. Allisa Yustica Krones

    June 11, 2012 at 11:15 AM

    Ah iya, memang bahasa daerah rumit ya teh 😀

    aku juga terpaksa belajar bahasa Batak, walopun belum bisa ngomongnya, at least bisa ngerti dan tau kalo lagi diomongin..hihi

  61. anna fardiana

    June 12, 2012 at 12:54 PM

    sama aja mbak…
    bahasa Jawa juga susah2 gampang.. kalo yg bahasa harian mah gampang, tp yg alus2 itu loh..
    beruntung, di kantor saya ada temen yg jago bahasa Jawa.. sering dengerin dia bicara, ya nambah kosakata 1-1 lah…

    tapi emang penguasaan bahasa lokal itu penting loh mbak, kadang dengan diselipin satu ato 2 kata halus bahasa lokal, bisa mempengaruhi lawan bicara… lebih melembutkan gitu lah…

Leave a Reply to prih

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.