Home / Blogging / Ga Ada Yang Salah Dengan Pencitraan
Simple Backlink |Tool Backlink | Backlink Otomatis | Dewa SEO | Jasa SEO | Nchie Hanie | Blogger BDG

Ga Ada Yang Salah Dengan Pencitraan

Mengenal kata pencitraan secara inten, tatkala mulai bergabung dengan pekerjaan di Dunia Digital, Dunia Bisnis Online dan Internet Marketing. Sepuluh tahun yang lalu begitu gencar arti pencitraan dari kalangan mentemen Imers (Internet Marketer). Masih menyelami dunia ini, yang sangat berbeda jauh dengan duniaku dan dunia blogger pada jamannya dulu. Berbicara pencitraan yang melekat dengan mereka dan sekelilingku, masih aku pahami dengan baik.

Mulai diajarkan tentang pencitraan, personal branding yang menyangkut soal pekerjaan. Aku sih manggut-manggut aja selama masih tidak menyimpang dijalurku. Melihat atasan dengan pencitraannya dan brandingnya yang begitu melekat dengan dirinya. Sampai aku bertanya, “Mengapa harus ada pencitraan, Bos?”

Beliau menjelaskan, bergerak di dunia pekerjaan digital saat ini ga gampang, butuh yang unik dan khas. Begitupun dengan dirimu, sekarang menjadi  Manager Bening di office Dewa SEO, nanti bakalan tahu sendiri apa manfaat dari pencitraan dan personal branding yang selama ini aku ajarin, begitu menurutnya. Kenapa di sebut Bening? Karena waktu itu  satu-satunya perempuan yang ada dan lembut hatin serta  sikapnya ((huhuy)).

Mulai dari Sosmed, disetting khusus buat pekerjaan, personal brandingku sebagai Manager Bening Dewa SEO tempatku bekerja, mulai aku terapkan. Apapun kegiatanku office hour pasti ku expose di social media. Entah itu menyapa mentemen, lagi mengerjakan sesuatu, onlen ataupun lagi ngobrol diskusi bareng anak-anak kantor. Sampai aku hiatus sejenak dari dunia blogging, dimana berkah ngeblog yang terbesar ya kerja di sini, karena berawal dari blogger lah ku ditawarin kerja di kantor konsultan Internet marketing ini. Demi profesionalisme bekerja, yang utama ya fokus untuk hal yang terpenting.

Menghadiri acara-acara seminar, workshop, belajar mengenal  sekitar dan pasar digital yang penuh dengan pencitraan dan branding yang begitu melekat dengan perusahaan/produk/personalnya. Sungguh luar biasa, ga gampang untuk menjadi sukses tuh, butuh proses dan waktu untuk berjuang melalui pencitraan. Dari tadi ngomongin pencitraan dan personal branding mulu. Yah, dunia yang kusuka, berada di dunia blogger dan dunia internet marketing yang jelas berbeda

Bapak Dewa SEO paling seneng kalo diantara Emak-Emak

Apa itu Pencitraan?

Kata-kata yang sangat familiar.  Hal yang awalnya bermakna netral aja, sekarang  terkadang  jadi berubah bagi kalangan tertentu. Pencitraan adalah  usaha yang dilakukan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang menjadi lebih baik bahkan lebih buruk di mata public. Itu yang kurasakan selama ini.  Pencitraan merupakan proses, cara membentuk citra mental pribadi atau gambaran sesuatu.

Lalu, “kenapa Bos, mereka penuh pencitraan  untuk memasarkan produk/dirinya?”

Iya, karena pencitraan adalah gambaran seseorang tentang dirinya sendiri secara keseluruhan  yang tercermin  dalam dirinya misalnya karakter atau tampilan luarnya seperti sikap, bahasa tubuh atau penampilan.

Dan tahukah, kalau citra diri ini akan mempengaruhi bagaimana seseorang memandang, bersikap, atau bertindak kepada orang lain atau sebaliknya membentuk penilaian orang lain terhadap dirinya. Kalau mau memilih  bersikap ‘low profile high profit’ dan membiarkan orang lain sesuka hati menilai. Maka dari itu perlu membangun citra diri yang positif dengan mengenal diri sendiri secara utuh..

Menjelaskan pula kalo setiap pribadi memiliki keunikannya masing-masing, ga ada satupun yang mempunyai karakter yang sama, karena itulah setiap orang dikenal sebagai pribadi dengan karakter tertentu. Nah, persepsi orang lain atas diri itulah yang disebut personal branding (citra diri). Personal branding bisa diciptakan. Seperti  kamu yang akan aku ciptakan untuk menjadi seorang Manager Bening Dewa SEO, yang identik dengan dunia SEO.

Huhuy, gimana engga setiap hari sarapan keyword, menggelluti dunia SEO yang kadang bikin mamak2  puyeng adalah sebuah makhluk yang menyeramkan pada jamannya. Padahal mah biasa aja, selama kita mampu belajar dan berusaha, pasti bisa.

Keberadaan personal branding sangat membantu seseorang memahami kelebihan kekurangan dirinya dan orang lain, khususnya dalam dunia kerja, beberapa hal yang ikut membentuk kesuksesan personal branding seseorang, adalah :

  • Nilai
  • Kemampuan dan ketrampilan
  • Perilaku
  • Penampilan
  • Keunikan
  • Kekuatan
  • Otentik
  • Tujuan

Personal brand atau citra diri adalah tentang bagaimana  ingin dikenal orang lain dan bagaimana orang lain memandang dirimu.  Begitu orang lain mulai mengenal  dan mengidentifikasi keahlian dirimu,  berarti  telah memiliki personal brand yang kuat. Nah masalahnya kebanyakan ga semua orang paham.

Kamu, identik dengan  Blogger, seorang Ibu Rumah Tangga yang unik, menarik, makanya aku mengajak untuk bergabung ke office ini, untuk memperkuat branding perusahaan. Oh, so sweet kaan. Sangat perlu dipahami banget kalo setiap orang, dari profesi apa pun, memiliki citra diri yang membedakan dengan yang lainnya.

Mulailah belajar tentang personal branding  yang merupakan proses membentuk dan mengoptimalisasi cara tampil di depan orang lain, salah satunya lewat media social seperti facebook. Bagaimana dikenal publik? Waktu itu cukup dengan melakukan kegiatan  di office  saja, baik lagi sama anak-anak  atau pun menshare berita tentang diri dan office  dengan  check in di lokasi tempat kerja.

Aku  percaya akan orang yang memiliki citra positif adalah orang yang beruntung. Karena citra diri yang positif membuat  mereka  menikmati banyak hal yang menguntungkan, misalnya dengan membangun percaya diri yang merupakan salah satu kunci sukses.

Bisa juga meningkatkan  daya juang diri sendiri, bahwa dirinya lebih berharga dari pada apapun. Membawa perubahan positif bagi lingkungan  tempat bekerja. Bagiku ga akan  menunggu agar kehidupan menjadi lebih baik, sebaliknya, akan melakukan perubahan untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik.

Setiap pencitraan yang dilakukan oleh seseorang akan mengingatkannya pada suatu wawasan penting, atau memberi suatu ide. Begitupun dengan pencitraan diri di dunia maya dapat dipahami sebagai strategi di era digital untuk membentuk citra diri kita sendiri.

Di jaman sekarang banyak banget yang mempraktekannya, lingkungan sekitar yang melakukannya, sejauh ini masih aku berusaha untuk memahami dengan  netral . Karena  siapapun yang melakukan pencitraan tergantung tujuannya masing-masing individu,  ada yang sengaja dan ga sengaja. Sengaja dengan disetting untuk membohongi publik. Kalo untukku, biarkan saja, selama ga merugikan aku.

Apakah pencitraan itu salah?

Menurut sudut pandangku , sah-sah saja sejauh  ga berlebihan, bahkan di dunia  marketing onlen justru sangat dibutuhkan. Tapi, kalo memang pencitraan dilakukan secara berlebihan,  ga sesuai dengan kenyataan,  maka jangan heran  pencitraan itu sendiri akan merugikan diri sendiri,  yang nantinya akan  menimbulkan luka batin, sering mendapat cibiran dari orang lain, bahkan apapun yang dikerjakan selalu gagal.

Pencitraan di jaman sekarang  kebanyakan sorotannya memang negatif apalagi, dunia blogger, influencer, sementara dunia internet marketing justru lebih low profile yang ku lihat sejauh ini. Aku ga akan peduli dengan apapun opini dengan pencitraan  di luar sana, yang jelas tetep meningkatkan  kualitas diri aja. Orang  bisanya menilai dan menghujat tentang mereka yang melakukan pencitraan, tapi lupa dengan dirinya, ga sadar  memberikan citra buruk dalam dirinya sendiri.

Banyak manfaat sisi positif dari pencitraan itu sendiri yang selama ini ku jalanin dan  peroleh dari pembangunan citra diri,  seperti :

  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Membedakan diri kita dari orang lain
  • Meningkatkan kredibilitas dan personal value
  • Memperluas networking yang paling utamanya dan berasa sampai sekarang.

Tetep mengasah kemampuan untuk menyebarluaskan citra diri kepada jejaring seluas-luasnya melalui keaktifan membuat konten di berbagai platform yang kita miliki seperti social social media dan blog, menjadi kunci dalam mempertahankan citra diri yang telah kita bangun di dunia digital tersebut.

Berterima kasih buat Bapak Dewa SEO yang mengajarkan aku tentang personal branding, pencitraan yang eleikhan, sampai saat ini tetep bertahan di dunia digital. Jangan hanya melihat dari sisi negatif saja sebuah pencitraan, tapi mari kita ciptakan citra diri yang baik dari pencitraan itu sendiri. Ga ada yang salah untuk melakukan pencitraan, yang salah hanya pemikiranmu yang negatif.

Karena  Nchie Hanie identik dengan Dewa SEO yang sudah ngebranding dan menjadi satu.

Saatnya Lineation, One Stop Clinic di Bandung.

Karena siapa pun butuh pencitraan!

Menulis di blog dengan mempercantik tulisan dan gambar, di IG menampilkan hasil foto yang enak dipandang, dalam dunia kerja berpenampilan menarik dan rapi, kalau datang ke event tepat waktu, mengerjakan blogpost sesuai schedule dan banyak lagi hal lainnya. Tak lain, hanya ingin menampilkan citra diri yang baik dipandang khalayak.

Ga usah terlalu sibuk mengurusi orang lain, fokuslah dengan diri sendiri. Mari berkarya dibidangnya masing-masing, buat citra dirimu lebih berarti dan bermanfaat di lingkungan sekitar.

Jadi, sudah siapkan dengan pencitraan di dunia digital?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

112 comments

  1. Suka banget sama bagian ini, Mak

    Kamu, identik dengan Blogger, seorang Ibu Rumah Tangga yang unik,menarik, makanya aku mengajak untuk bergabung ke office ini, untuk memperkuat branding perusahaan.

    Wih ternyata ya, gambaran unik seperti itu justru membuat orang macam Mak Nchie …. saya juga menjadi kuat personal branding-nya.

    • Bhuahahaaa.. Maaak Niaar..
      Aku padamuuh..

      Ini kuat juga nih brandingnya, perempuan dari Makassar yang kreatif dengan semangatnya yang luar biasa.

      • Masya Allah … senang membacanya, Mak … hehe pengennya dikenal sebagai ibu rumah tangga yang yang ….

        Yang jelas diketahui gitu sebagai ibu rumah tangga hehehe

  2. Nah teh Nchie kadang aku masih suka bingung utk menentukan citra diriku yg mana. Krn aku punya profesi yg aku sih ga pingin itu jd privasi aku aja tp di sisi lain aku punya passion yg kemudian ku geluti dan harus dibangun branding…

  3. Teh Bening…aku padamu deh…hahaha pencitraan sah-sah aja kok menurutku ..Ya itu..selama gak nerlebihan dan masih realistis..

  4. Aku pun setuju bahwa pencitraan itu sah-sah saja, tidak ada yang salah. Selagi pencitraan itu baik dan memang memberikan hal yang positif. Apalagi kalau tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

  5. ikutan ngebranding makkk… aku ya begini begini ajah tapinya ahahah. beda dunia, beda brandingnya 😀

  6. Setuju, Mba. Pencitraan disini fungsinya untuk mengangkat nilai-nilai positif dalam diri orang tersebut. Bukannya yang tipu-tipu. Misal, orang itu sebenernya pelit banget, tapi di medsos fotonya atau infonya selalu bersedekah. dilua mah nggak.

  7. Citra diri Teh Nchie kelihatan banget, percaya diri dan orang yang suka nebar aura positif. Selalu ceria, pokoknya yang baik-baik deh. Dan aura positif itu nyebar ke siapapun yang kenal meski dari dunia maya.

    Kapan ya bisa ketemu beneran, kemarin udah ke kotaku aja malah aku yang pergi, hikss

  8. Orang tua sejak dulu serig banget mengingatkan tentang pencitraan. Sampai saya suka kesel sendiri. Tetapi, sekarang saya juga merasa apa yang orang tua saya katakan itu benar. Gak ada salahnya kok melakukan pencitraan

  9. Nah ini nih jangan sampai salah kaprah ya teh setelah kita tahu apa pencitraan dan kaitannya dengan personal branding. Jadi ya jangan baper juga apa lagi nyinyir kalau anggap aja si a bahasnya a melulu atau b bahas itu terus karena memang dia sedang membranding dirinya. Nice info teh8

  10. Jika pencitraan positif sesuai kenyataan itu mah keren apalagi sebagai barnding diri.

    Yang kacau..pencitraan tak sesuai fakta..kelakuan jelek..eh pura2 baik di khalayak medsos…hehheej

    • Hehehe, abaikan saja selama ga merugikan kita.
      Mungkin itu yang mereka ciptakan, ga salah, palingan nanti menanggung sendiri akibatnya.
      Kalo aku fokus ke diri sendiri..

  11. Soal pencitraan kalau ada yang menganggap negatif mungkin persepsinya aja yang beda. Padahal tiap orang berhak buat mencitrakan diri biar punya identitas ya. Yang katanya banci kamera,malah beruntung di masa pandemi gini. Stok foto jadi mendukung hihi

  12. setuju teh, aku pun berpendapat nggak ada yang salah dengan pencitraan apapun itu selama memang tujuannya positif ..

  13. Branding penting banget menurutku sih teh apalagi profesi kyk kita sebagai blogger. Memang mungkin krn blom biasa aja netizen suka menilai berlebihan, tapi kl jualan tapi ngak ada brandingnya siapa yg mau beli. Iya kan heheeh

  14. Iya, pencitraan perlu biar klien mengingat kita diantara sekian banyak blogger, penulis dan influencer ya Teh. Pengen deh ngantor di Dewa SEO ini kayaknya seru…banyak ilmunya..

  15. Branding Teh Nchie pasti tidak jauh dari SEO hehehe. Selagi positif pencitraan kenapa nggak ya Teh? Tetap berkarya Teh ^^

  16. Keren banget tulisan Mbak. Sepakat deh, kita harus punya personal branding yang oke dan sesuai dengan hati kita dan setuju banget klo kita harus pede dengan diri kita dan kemampuan kita.

  17. Pencitraan ini berhubungan dengan branding diri ya, Teh. Saya mah ngerasa gak punya hal yang harus dibranding. Jadi bingung mau pencitraan itu kudu kumaha? Hihihi

  18. Betul teh, tapi tetap disesuiak denngan kondisi asli, makanya ketika pencitraan itu dilakukan harus difikirkan akan seperti apa bentuknya ya

  19. overall setuju dengan tulisan teteh, pencitraan positif gak papa sah-sah aja selama gak merugikan siapapun tapi harus dikonsep dengan baik

  20. aku kenal istilah pencitraan itu di zaman pak jokowi sih sebelumnya ngaak hits ya. Tapi bolehlah dipake sesekali buat unjuk gigi biar pada tahu. Btw itu baju seragam, gemes liatnya

    • Udah dari dulu pencitraan dalam dunia kerja, mungkin belom tau aja, mak..
      Cuma karena yang sedang hebohnya Jokowi orang no 1 pada baru ngeh kalo itu pencitraan hiii

  21. aku sih termasuk yang gak terlalu suka pencitraan dan membiarkan diriku mengalir apa adanya. tapi memang di satu waktu kita butuh sebuah pencitraan bukan untuk menunjukkan siapa diri kita tapi untuk sebuah pekerjaan yang memang diharuskan

  22. Waah betul sekali ya Mbak Ncie. Emang pencitraan itu terkadang perlu. Dalam hal ini yang positif tentunya. Pencitraan atau branding emang perlu karena kita jadi dikenal ya mbak. Dan manfaatnya besar sekali. Seperti Mbak Ncie tentunya. Bisa memperluas networking ya

  23. betul sekali teh, kenapa yaa banyak orang yang sibuk ngurusin urusan kita padahal kadangkala kita buka siapa2 dia juga hehehe

  24. Iyess setuju dengan Mba Nichie.. Menurut saya juga begitu mba, ga ada yang salah dengan pencitraan, alias personal branding. Hanya saja tergantung bagaimana kita membangun pencitraan itu, ga perlu membuat-buat, berlebihan, apalagi sampai berbohong. Bahwa kemudian pencitraaan membuat kita menyetting suatu perkara sesuai hal mana yang ingin ditonjolkan itulah seninya pencitraan… Hihi…

  25. Melakukan pencitraan jika sesuai dengan apa yang kita kerjakan, apa yang kita kuasai dan apa yang diperlukan untuk kepentingan branding benar gak salah Teh.
    Yang kurang baik itu adalah pencitraan yang ada unsur pembohongan publiknya 🙂
    Semangat Teh Nchie yang baik hati, suka menolong siapa saja! Jadi sono euy

  26. Lina W. Sasmita

    Pencitraan tentu dibutuhkan untuk tujuan-tujuan tertentu. Walau kadang terkesan disengaja dibuat demi suatu maksud dan tujuan tetap saja hal ini dibutuhkan ya Teh.

  27. Teteeh…aku mau tanya doonk…
    Sejujurnya, aku pede sama apa yang aku citrakan dari segi penampilan. Tapi kadang asa gak match sama tulisan aku.
    Teteh tau kan…apa yang aku maksud?
    Heuheuu~
    Teteehhh…peluuukkk…

    • Gpp, yang penting membuatmu happy..
      Mungkin nanti seiring waktu Lendy berubah jalur tulisannya dan match sama penampilan , who know?
      Yang penting nikmatilah saat ini, kini sambil berproses..

      Semangaat..
      peluuukk…

  28. Setuju banget sama paragraf terakhir ini
    Ga usah terlalu sibuk mengurusi orang lain, fokuslah dengan diri sendiri. Mari berkarya dibidangnya masing-masing, buat citra dirimu lebih berarti dan bermanfaat di lingkungan sekitar.

    Be positive. Be kind. Be useful

  29. Sepakat ama paragraf akhir tuh. Aku juga nggak mau ngeribetin diri dengan ngurusin orang lain deh. Tapi aku juga masih bingung nih mbak. Enaknya aku fokus ke pencitraan yang gimana? Soalnya aku kan banyak maunya banyak sukanya. Jadi berasa nggak fokus gitu.

  30. Yup, personal branding yang kuat sangat dibutuhkan apalagi bagi kita yang bergerak di dunia marketing. Bagi yang udah punya, bagus banget selama hal tsb positif dan baik. Dan setuju banget dengan kalimat fokus aja dengan diri sendiri.thanks Mbak, artikelnya bermanfaat banget.

  31. Setuju sama artikel ini. Kaya lagi kuliah matkul corcom satu SKS hehehe… memang sepenting itu personal branding di jaman ini ya teh. Selain memang butuh saat first impression, sebenarnya jauh lebih penting adalah mempertahankan branding itu sampai akhir… sejauh ini aku menerapkan sesuai kapasitasku saja, apa adanya ya begini hehe masih harus banyak belajar lagi niih

  32. Personal branding emang penting bgt yah teh skrg tuh, walau kadang suka pusing sendiri gmn biar pencitraan diri kitanya positif terus.

  33. Pencitraan itu terkadang juga penting utk menunjang pekerjaan. Terutama bagi penulis dan blogger. Sayangnya di sini kelemahan aku yg selalu tak nyaman klo terlalu mengekspose diri. Makanya karier nulis dan ngeblognya segitu-gitu aja hehe….

    • Pencitran ga harus mengeskpos diri aja Mak, karya/produknya/blog/buku juga bisa. Bnyak temen2ku yang begitu.
      Apalagi mentemen imers yang no narsis , mereka ekspose karyanya.

  34. Klo scra pekerjaan atau profesional, pencitraan itu ptg utk menonjolkan figure atau selling. But, klo di dunia keseharian..pencitraan dianggap menjaga image atau jaim

  35. Walau artinya sama, tapi istilah pencitraan sama personal branding feelnya beda. Pencitraan lebih ke hal yang berlebihan dan ngga jarang malah diartiin sebagai cari muka. Sedangkan, personal branding lebih ke profesionalitas. Makanya, aku lebih sreg pake istilah personal branding. Berasa lebih keren gitu ci 😍😍

  36. Kadang saya berusaha mebranding diri sebagai guru sebagaimana profesi saya, kadang pula ingin disebut sebagai penulis (padahal bukunya masih segitu-segitunya), mau juga dikenal sebagai bloger padahal prestasinya belum ada. Huaaa… jadi saya ini apa?
    Terserah netizen lah ha-ha-ha

  37. Pencitraan dan Personal branding itu hampir mirip sebeenrnya ya teh, gimana kita menyikapinya hihihi, yang penting tetep jadi diri sendir hehe

  38. Ah..jeli banget si bapak Dewa SEO itu memilih Sang Manajer Bening. Emang bener2 bening berkualitas deh! Sukses selalu ya.. BTW, pencitraan dalam arti positif memang dibutuhkan..asal jangan berlebihan hingga menjadi orang lain..hehe..

  39. Saya setuju Teh. Jangan sibuk mikirin orang lain, apalagi ngatur ngatur
    Yg penting urus saja sendiri
    Toh yg diatur belum tentu tidak baik. Malahan bisa jadi yg diatur lebih baik daripada yg ngatur.
    Tetap semangat Teh

  40. pencitraan ibarat branding diri ya teh jadi nggak ada yang salah dengan pencitraan, mungkin mindset orang yang memandang negatif pencitraan yang perlu diubah

  41. Duh paragraf terakhir setuju banget yes, aku juga gitu terus fokus memperbaiki diri daripada menilai dan sibuk mikirin orang lain hehe. Btw aku juga setuju sama artikel ini, yups ada yang pernah bilang kerjaan kita sebagai blogger dan micro influencer itu ya memang harus menampilkan yang baik seperti foto sosmed maupun status sosmednya.

  42. Pencitraan bisa aja Mbk, senang kalau sisi positif disampaikan, jangan sampai merugikan orang lain dan membuat orang tidak nyaman, tapi kita tidak bisa membuat orang semua bisa memahami kita. Jadi menurutku, pencitraan adalah apa yang kita tanam selama ini.

  43. Pencintraan yang memang tujuan dasarnya baik dan positif pasti hasilnya juga positif ya mbak. Apalagi bekerja di dunia marketing dalam membuat branding dan sebagainya maka hal ini sangat diperlukan.

  44. Pencitraan memang penting teh, asal memang bener dan tidak berlebihan atau terlalu boong bangeet 🙂

  45. Pencitraan untuk self branding apalagi di dunia blogger sangat lah penting. Asal jangan pencitraan buat narsis or eksis di medsos hahaha tar malah dapet piala citra wkwkwk

  46. Pencitraannya yang penting yang baek baek ya tehh, dan ga berlebihan hihi..mau pencitraan ah sama teteh ah wkwkwkwkk

  47. Saya juga setuju mba kalo pencitraan itu perlu selama gak berlebihan dan diimbangi dengan perlakuan / self branding inage yang baik pula tentunya 😉

  48. Yess Teh setuju, selama gak berlebihan dan gak memaksakan diri terutama orang lain, semua masih wajar dan sah-sah aja ya. Apalagi Personal Branding (the good one), sangat penting dibentuk di dunia digital seperti ini ya 🙂

  49. Bener, bener Mba. Fokus memperbaiki diri sendiri aja. Ngurusi orang lain atau minimal dengerin pendapat orang lain terus2an itu menghabiskan energi

  50. menarik banget tulisannya teh, setuju sih apapun selama ga berlebihan ga masalah dan apalagi buat personal branding yaa

  51. Pencitraan memang penting untung membangun image ya ka

  52. personal branding saya apa ya?? masih berantakan hihi, kalo pencitraan itu emang kesan di masyarakat negatif ya, beda sama ama personal branding ^_^

  53. Sometime menurutku kita memang butuh pencitraan hehe. Lebih ke branding diri kita sendiri dan show up apa yang kita miliki (lebih ke skills) biar orang tau dan tidak meremehkan kemampuan kita hehe

  54. Pencitraan itu penting. Karena citra mewakili kita sebagai suatu brand. Inget dulu Tantowi Yahya selalu memakai jas rapi ke setiap acara, karena citranya sebagai MC kelas atas. Dan sudah dilakukan sejak Lama. Selain segan, orang juga merasa dihargai karena datang ke acaranya dengan sopan . Klien juga menghargai beliau sesuai citra yang ditampikan

  55. Zaman sekarang mau berprofesi sebagai apapun perlu yang namanya pencitraan biar beda sama orang lain. Pencitraan juga bisa jadi nilai jual kita di mata pihak lain kayak perusahaan dll.

  56. Sebagai blogger dan influencer pecitraan itu penting lho, apa yg mau ditampilkan , gitu ya teh

  57. Menarik banget teh tulisannya. Jadi nambah insight baru. Setuju sih pencitraan tuh sah sah aja asal jangan bohong atau berlebihan. Personal branding yang benar itu dibangun berdasar kompetensi kita bukan berdasar pencitraan yang bohong..

  58. Pencitraan mnurut saya penting sebagai nilai plus. Hihi apalgi buat menunjang pekerjaan. Yg penting pwncitraan positif aja deh.

  59. Pencitraan ternyata ada banyak sisi positifnya yang bisa diambil ya teh.

  60. Kalau menurutku pencitraan kan mirip personal branding, ya. Aku sih oke aja, selama itu positif yaa. Kalau kejauhan dari realita malah capek sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.