Pentingnya Vaksin untuk Kekebalan Tubuh

PIN vaksin jakarta, halodoc, aplikasi halodoc, vaksinasi, manfaat vaksinasi, nchiehanie

Pentingnya Vaksin untuk Kekebalan Tubuh bagi  orang dewasa. Pernah mendengar ga, ada pepatah mengatakan bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Begitupun dengan wejangan orang tua yang ditanamkan sedari kecil untuk melakukan vaksinasi. Karena dengan vaksinasi, setidaknya  kita sudah mengurangi resiko terserang bakteri.

Namun dalam realitanya vaksinasi  menjadi buah bibir di masyarakat. Banyak tersebar berbagai mitos mengenai vaksinasi bahkan sampai berita negatif. Dengan demikian mengakibatkan banyak orang tua sungkan untuk  memberikan vaksinasi untuk anak-anaknya atau dirinya sendiri. Padahal vaksinasi sangatlah berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Masih harus terus diedukasi tentang  apa itu vaksinasi, benarkah vaksinasi  untuk mencegah penyakit? Apa manfaatnya, dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, ini  berdasarkan pengalamanku tentang vaksinasi.

Apa itu  Vaksinasi?

Dalam kenyataannya, terkadang orang sering mengartikan  vaksinasi dan imunisasi adalah hal yang sama. Tindakan di dunia medis yang bertujuan untuk mencegah orang sakit. Padahal sebenarnya vaksinasi dan imunisasi mempunyai arti yang berbeda, meskipun mempunyai tujuan yang sama yaitu mencegah agar tubuh tidak sakit.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi. Sedangkan imunisasi merupakan proses dalam tubuh agar seseorang memiliki kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Jika selama ini, kebanyakan  orang berpikir bahwa vaksinasi dibutuhkan  untuk anak-anak saja. Ternyata orang dewasa pun masih membutuhkan suntikan pelindung  tubuh. Dalam keadaan tertentu, orang dewasa membutuhkan suntik vaksin ulangan tiap beberapa waktu atau periode tertentu. Dengan menerima vaksin, tidak  saja melindungi diri sendiri dari serangan penyakit, akan tetapi juga ikut mencegah penyebarannya.

Apalagi di masa pandemi ini banyak cara untuk meningkangkan imunitas dalam tubuh, selain dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrsi, rutin berolahraga, mengelola stress, vaksin juga merupakan hal yang sangat penting. Mengapa vaksin itu penting? Karena  yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.
Begitupun tahun ini, baru 2 bulan yang lalu divaksin influenza, rutinitas yang dijalani setiap setahun sekali bareng keluarga. Salah satu vaksin yang dibutuhkan keluarga untuk tetep meningkatkan kesehatan daya tahan tubuh. Pemberian vaksin ini bisa untuk  anak dan dewasa, tergantung pada kondisi kesehatan yang dibutuhkan.
vaksin jakarta, halodoc, aplikasi halodoc, vaksinasi, manfaat vaksinasi, nchiehanie

Apa itu Manfaat Vaksinasi?

Tidak diragukan lagi kalau vaksin merupakan langkah awal pencegahan suatu penyakit sehingga vaksin sangat penting dilakukan. Berikut manfaat yang diperoleh oleh tubuh dengan melakukan vaksin secara berkala :
  1. Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat
  2. Mencegah penyebaran penyakit
  3. Melindungi dari risiko cacat dan kematian
  4. Menghemat waktu dan biaya

Ada beberapa vaksinasi yang wajib diberikan kepada manusia, yaitu hepatitis B, polio, BCG, DTP, dan campak. Pemberian vaksinasi  pun berbeda-beda, ada yang cukup satu kali, ada yang harus beberapa kali untuk membentuk kekebalan tubuh yang sempurna.

Cara Kerja Vaksinasi

Vaksinasi merupakan  proses pemberian vaksin melalui disuntikkan maupun diteteskan ke dalam mulut untuk meningkatkan produksi antibodi yang berguna untuk menangkal penyakit tertentu. Dengan pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit. Cara kerja vaksinasi adalah dengan memasukkan bakteri dan virus tertentu ke dalam tubuh.

Pada dasarnya vaksinasi tidak hanya diberikan kepada balita. Orang dewasa dan usia lanjut juga membutuhkan vaksinasi apabila memang secara medis diperlukan. Seperti halnya dengan salah satu kerabat yang akan menikah  menjelang akhir tahun di Jakarta, hal yang awam ditanyakan adalah ternyata  mau menikah juga harus melakukan vaksinasi ya, Mba?

Ojelas donk, dan aku merekomendasikan vaksin  yang wajib dilakukan sebelum menikah, setidaknya calon pengantin harus mengetahui itu, atau bisa dikonsultasikan dengan dokter sesuai dengan kebutuhannya. Meskipun suasana pandemi dan keadaan tidak memungkinkan untuk keluar rumah.  Jaman sekarang dipermudah sekali, cukup mencari informasi tentang vaksin jakarta melalui  sebuah aplikasi seperti halodoc.

Dimana Halodoc adalah sebuah teknologi aplikasi kesehatan terpadu yang memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pasien, menawarkan kemudahan untuk mengakses info seputar kesehatan pada saat pengguna membutuhkan pertolongan dokter. Begitupun dengan info tentang vaksin yang ada di jakarta dapat diakses lewat app.

vaksin jakarta, halodoc, aplikasi halodoc, vaksinasi, manfaat vaksinasi, nchiehanie

Kehadiran aplikasi ini menjadikan layanan kesehatan menjadi makin mudah dan terintegrasi, dimana dengan bantuan aplikasi ini memungkinkan pengguna aplikasi (pasien) untuk mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan secara mudah dan cepat hanya lewat gawai mereka. Sangat praktis dan bisa menjadi teman sehat dimana pun dan kapan pun.

Ya, begitulah cerita tentang pengalaman  seputar vaksinasi . Masih juga ragu untuk memberikan vaksin bagi anak atau dirimu sendiri? Semoga saja artikel ini dapat meyakinkan mnetemen betapa pentingnya vaksinasi bagi tubuh ya!

Salam sehat, stay safe and healty!

Comments (49)

  1. Indah Riadiani

    September 29, 2020 at 3:57 PM

    Membantu banget emang Halodoc..lg kondisi pandemi emang apa2 serba online ya Teh amannya. Ga cuman nanya dokter aja, tp juga info vaksinasi…canggih

    • nchiehanie

      September 30, 2020 at 1:30 PM

      Iyaa, bisa sambil leyeh2 nanyanya pake daster pulaa

  2. Diah Woro Susanti

    September 29, 2020 at 7:18 PM

    Kirain Halodoc cuma bs konsul soal penyakit aja. Wah beneran baru tau aku teh hahaa

    • nchiehanie

      September 30, 2020 at 1:30 PM

      Asiikk, cuss kepoin, semua info2 kesehatan , beli obat dll ada

  3. Lidya

    September 29, 2020 at 8:36 PM

    Nah sekarang kalau mau vaksin was-was ya tapi lewat aplikasi halodoc bisa cari temoat vaksin yang direkomendasikan selama pandemi supaya aman & nyaman

    • nchiehanie

      September 30, 2020 at 1:31 PM

      Iya,jadi tinggal dateng langsung ya Mba, sesuai perjanjian dan tempat yang dipilihnya

  4. Twitter: @iffiarahman

    September 29, 2020 at 9:03 PM

    Sekarang jadi tau pentingnya vaksin seperti apa 🙂 terimakasih mom, bermanfaat banget infonya. Karena selama ini banyak berita yang memberitakan tentang vaksin, tetapi tidak menjelaskan secara rinci tentang vaksin tersebut

    • nchiehanie

      September 30, 2020 at 1:32 PM

      Masamaaa..

  5. gina

    September 30, 2020 at 10:26 AM

    Penting banget utk melakukan vaksin apalagi di masa saat ini. Sebagai proteksi tubuh qt dr segala macam virus dan penyakit ya.Btw utk vaksin influenza menurut mbak worth it gak tangkal corona? (GINA)

    • nchiehanie

      September 30, 2020 at 1:37 PM

      Kalo aku di vaksin influenza tiap tahun buat daya tahan tubuhku, bukan untuk korona.
      Setauku, kalo daya tahan tubuh kuat, insyaallah penyakit menjauh, Aamiin.

      Menangkal korona banyak berbagai cara, melakukan 3M, makan bernutrisi, olah raga, minum vit D3, vaksin mungkin salah satu penunjang buat daya tahan tubuh biar kuat

  6. winda - dajourneys.com

    September 30, 2020 at 11:26 AM

    aku phobia jarum suntik teh, jadi ga bisa ikutan vaksin, test darah atau diinfus hahaa ampun ya 🙁

    • nchiehanie

      September 30, 2020 at 1:38 PM

      Hiiii, iyaa kek temenku gitu juga wiin, ketakutan kalo liat jarum suntik bisa jejeritan paraah, hahaaa.

  7. Okti Li

    September 30, 2020 at 6:53 PM

    Saya percaya vaksin bisa jadi salah satu usaha kita selain ikhtiar lainnya dalam menjaga kesehatan. Dulu, saat bekerja di luar negeri saya dan TKI lainnya wajib vaksin Teh. Jadi ya terbiasa. Dan memahami benar di luar negeri ketentuannya seperti itu. Ga ada istilah sieun jarum suntik jadinya hehehe

  8. Dewi Natalia

    September 30, 2020 at 9:12 PM

    Ternyata orang dewasa seperti kita tetap butuh vaksin ya mbak. Aku mau coba vaksin vit C nih supaya imun tambah kuat.

  9. demia

    September 30, 2020 at 10:49 PM

    aku juga dooonk udah vaksin jugaaa hihihi, bermanfaat banget sih ini ya teh, soalnya kalo udah flu tu nggak enk banget rasanyaaa, alhamdulillah setelah vaksin sampe sekarang belum ngerasain lagi kena flu hehehe

  10. Nia Haryanto

    October 1, 2020 at 7:35 AM

    Iya banget, perlu banget deh badan itu divaksin. Biar tubuh jadi kebal sama penyakit. Gak kebayang ya kalo tubuh kita gak divaksin,mungkin udah sejak lama kita gak ada. Semoga nih, vaksin buat Covid19 bisa segera ditemukan. Biar wabah segera berakhir.

  11. Yanti Ani

    October 1, 2020 at 8:15 AM

    Dulu saat anak-anak saya masih balita saya usahakan mereka semua vaksin lengkap, tapi sayangnya masih ada lho sebagian orang masih anti sama vaksinasi ini. Oh ya zaman pandemi ini dg adanya Halodoc kita bisa lebih mudah dapat akses ke layanan ya terutama kalau mau vaksin

  12. duniamasak

    October 1, 2020 at 9:21 AM

    stay safe and stay healthy ya mom 😀

  13. Siti Hairul

    October 1, 2020 at 9:36 AM

    Wah halodoc lengkap ya fiturnya. Apalagi kalo layanan vaksinasinya lengkap dan terjangkau

  14. Andy Hardiyanti

    October 1, 2020 at 11:16 AM

    Urusan informasi kesehatan, berobat, hingga tebus resep tuh bisa dilakukan dengan satu aplikasi bernama Halodoc ini ya Teh. Benar-benar terbantu deh pastinya, gak repot lagi.

  15. indah nuria

    October 1, 2020 at 12:02 PM

    alhamdulillah vaksin influenza emang membantu yaa teh. Sejak di NYC, setaip menjelang winter kita sekeluarga vaksin memang untuk menjaga agar tidak rentan

  16. Emanuella Christianti

    October 1, 2020 at 12:34 PM

    Setuju bangeeet! Aku pun masih ada wishlist vaksin HPV ni masih Teh, semoga setelah lahiran, bisa nabung untuk ambil vaksin ini 🙂 sehat-sehat selalu Tehhh Nchieee!

  17. lendyagasshi

    October 1, 2020 at 12:51 PM

    Vaksin di masa pandemi tetap aman yaa, teh..
    Karena menggunakan apps Halodoc terlebih dahulu untuk booking dan menentukan janji vaksin.

  18. andiyani achmad

    October 1, 2020 at 3:40 PM

    aplikasi Halodoc yang sudah aku instal sejak 2018 sejauh ini digunakan untuk beli obat dan swab test, buat vaksin malah belum pernah coba

  19. cicifera

    October 1, 2020 at 4:00 PM

    wah ternyata di halodoc bisa vaksin juga ya xD aku pernah cobain konsul dokter, tapi obatnya ga ku tebus soalnya ternyata bisa pakai stok obat di rumah ^^ teh nchie rutin tiap tahun vaksin influenza? jadi pengen juga deh cobain, hihi

  20. Mugniar

    October 1, 2020 at 4:39 PM

    Bagi banyak orang, vaksin identik dengan anak2 padahal kan tidak ya Mak, orang dewasa pun perlu vaksin.

  21. Tanti Amelia

    October 1, 2020 at 5:23 PM

    Di dunia yang serba serabutan ini, vaksin jadi kayak it list ya teh Nchie,
    tapi aku bukan termasuk yang pro vaksin dulu hihi, jadi untuk urusan vaksin masih suka ngeyel

  22. Suciarti Wahyuningtyas

    October 1, 2020 at 9:20 PM

    Aku tuh belum lama ini baru vaksin influenza loh, dokternya datang ke rumah karena memang kita request untuk vaksin di rumah. Terus anakku pun dari bayi selalu aku rutinin vaksin sesuai dengan anjuran dari dokter anaknya.

    • andyhardiyanti

      October 3, 2020 at 11:24 PM

      wuah…enak nih kalau bisa vaksin di rumah. Jadinya lebih tenang, karena gak perlu bertemu banyak orang di luar sana. Huhuhu di Lombok ada gak ya layanan vaksin influenza yang bisa datang ke rumah gini?

  23. Ima satrianto

    October 1, 2020 at 9:56 PM

    Kemarin terakhir di vaksin miningitis, tapi akan hilang dan diperbarui lagi 2 th berikutnya. Semoga kita sehat2 selalu ya teh..

  24. Rahmah

    October 1, 2020 at 10:08 PM

    Saya jadi pengen vaksin juga
    Sekarang makin ngeri karena virus ini
    Di Surabaya ada juga kan ya…
    Cari ah

  25. Caroline Adenan

    October 1, 2020 at 11:05 PM

    Sayangnya masih ada org yang anti vaksin, padahal sebenarnya ya vaksin kan ada manfaatnya. Cuma krn pemahaman dan keyakinan bahwa vaksin gak halal 🙁

  26. Faridilla Ainun

    October 2, 2020 at 11:17 AM

    Yang kerasa banget pas vaksin influenza untuk anak dan saya sendiri, gak terlalu gampang kena flu sih. Terus kalaupun kena, ya ga lama-lama atau parah-parah banget. Sejak saat itu saya masukin vaksin influenza jadi yang perlu di-budgetin tiap tahunnya karena ya lumayan juga kalau dikonversi ke uang jajan hahaha

  27. Keke Naima

    October 2, 2020 at 2:49 PM

    Saya gak pernah ragu kasih vaksin. Termasuk, yang nurut banget malahan. Pokoknya dokter menganjurkan, saya ikutin. Termasuk untuk corona ini, saya pengen banget bisa divaksin

  28. Rach Alida

    October 2, 2020 at 8:08 PM

    Hai mba Nchie. Aku juga udah vaksin mba. Dan aku merasa lebih terlindungi dengan adany vaksin. Mulai vaksin influenza, vaksin serviks, vaksin meningitis juga. Smoga kita sehat sehat ya

  29. Rizka Edmanda

    October 3, 2020 at 6:18 AM

    Aku juga merasa memang vaksin penting banget untuk tubuh, apalagi untuk anak anak supaya lebih kebal dari penyakit. Karena vaksin membentuk kekebalan tubuh thd penyakit

    • Dedew

      October 3, 2020 at 9:35 AM

      Vaksin penting banget ya Teh jadi sedih kalau ada yang anti vaksin dan nggak mau vaksinasi anaknya

  30. Lina W. Sasmita

    October 3, 2020 at 11:49 AM

    Di abad sekarang ini dimana virus jumlahnya lebih besar dibanding populasi manusia di dunia sungguh sangat diperlukan sekali adanya vaksin.

  31. April Hamsa

    October 3, 2020 at 3:09 PM

    Vaksin yang paling kuinginkan saat ini adalah vaksin covid19 huhuhu
    Yeaahh namanya juga ikhtiar ya, gak cuma buat anak, org dewasa jg butuh vaksin supaya punya imunitas dan gak gampang kena penyakit infeksi

  32. Nurul Fitri Fatkhani

    October 3, 2020 at 3:15 PM

    Vaksin itu penting ya, Teh terutama di masa pandemi seperti sekarang. Asyiknya ada aplikasi Halodoc yang bisa memudahkan kita untuk booking dan menentukan jenis vaksin yang ingin kita gunakan

  33. Alfa Kurnia

    October 3, 2020 at 8:50 PM

    Wah, Halodoc ini emang lengkap yaaa. Sampai tempat vaksin pun bisa dicari di sana. Penting banget buat ortu yang anaknya masih wajib vaksin nih jadi nggak bingung cari tempatvaksinasi buat anaknya.

  34. Dian

    October 3, 2020 at 9:42 PM

    Emang kece Halodoc..
    Pelayanannya makin lengkap, nggsk hanya bisa pesan obat saja

  35. Milda Ini

    October 3, 2020 at 10:31 PM

    It is very important that we improve our personal health, including by giving the vaccines needed.

  36. Sapti nurul hidayati

    October 3, 2020 at 10:37 PM

    Layanan di halodoc ini tambah lengkap ya. Sangat mengakomodir kebutuhan kita akan layanan kesehatan. Di saat ke rumah sakit menjadi sesuatu yang menakutkan, halodoc kasih solusi yang memudahkan.

  37. Nathalia DP

    October 3, 2020 at 10:40 PM

    Suka sebel sama orang-orang yang suka kampanye antivaksin…
    Sekarang juga nih, soal vaksin covid… Vaksinnya aja masih diuji, tapi udah mulai dapet pesan di WA supaya jangan mau divaksin, duh…

  38. Hidayah Sulistyowati

    October 3, 2020 at 10:43 PM

    Wah rajin juga ya teh Nchie vaksin setahun sekali. Aku sekali aja dulu menjelang berangkat haji, karena pas ada virus MERS atau SARS giru, aku lupa. JAdi waktu itu vaksin menigitis dan influenza. SEkarang bisa nanya dulu di Halodoc ya bakal vaksin di mana, jadi tinggal datang aja

  39. Ira Sufa

    October 3, 2020 at 11:54 PM

    Vaksin ini merupakan ikhtiar kita sebagai upaya agar virus tidak menyerang ya Mba…

    aplikasinya sangat membantu nieh…

  40. Damar Aisyah

    October 4, 2020 at 5:50 AM

    Kalau saya memang provak meskipun cuma vaksin dasar, hehe. Sekarang sedang ikhtiar vaksin flu buat menjaga imunitas. Mestinya memang vaksin ini termasuk anggaran kesehatan rutin,tapi entah mengapa selalu kelewat aja, lupa dibujetin.

  41. Artha

    October 7, 2020 at 8:28 PM

    Terakhir kali vaksin pas sebelum nikah. Duh lama banget yaa. Lihat2 di situ tarifnya terjangkau juga. Kirain jutaan rupiah gitu. Yaudah nabung dulu, pengen vaksin flu deh

Leave a Reply to Diah Woro Susanti

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.