Rahasia Sederhana untuk Hidup Bahagia

PIN rahasia hidup bahagia | nchie hanie | blogger bdg

Rahasia Sederhana untuk Hidup Bahagia .  Siapa sih yang ga ingin bahagia? Semua orang pasti ingin merasakan bahagia, karena merupakan suatu perasaan yang sangat didambakan oleh setiap orang dalam hidupnya. Jika kita bisa menjalani hidup dengan bahagia, pasti kehidupan pun akan menyenangkan dan lebih bermakna.  Menyadari ga sih, semakin kita mengejar kebahagiaan, maka ia pun akan semakin jauh. Namun, sebaliknya  jika mengalihkan perhatian kita ke hal-hal lain, ia akan datang dengan sendirinya.

Bahkan ga sedikit orang yang bersedia membayar sebesar berapapun untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri. Apa yang disebut sebagai kebahagiaan  pun berbeda bagi tiap orang. Bahagia bisa muncul secara tiba-tiba dari hal yang sederhana, lalu menghilang seketika juga karena hal sederhana. Semuanya tergantung pada apa yang ada dalam pikiran kita saat itu.

Menjadi bahagia sebenarnya tidak sulit, tidak ribet, dan sangat sederhana, terkadang pikiran kita saja yang membuat bahagia itu sulit dan meski dicari. Namun pada kenyataannya kebahagiaan bisa kita ciptakan sendiri dan pada dasarnya kebahagiaan bersifat unconditional. Merasakan bahagia bisa  kapanpun karena apapun. Pikiran kita akan mempengaruhi dalam memandang sesuatu. Hanya dirimu sendiri lah yang menentukan apakah akan merasa bahagia atau tidak bahagia.

Lalu, bagaimana cara membuat diri lebih bahagia? Percaya bahwa kita bisa menciptakan kebahagiaan. Salah satunya dapat bahagia dengan menjauhi emosi negatif, misalnya kekhawatiran, pesimisme, kebencian, iri hati dan kemarahan. Kemudian dapat menumbuhkan emosi positif, misalnya rasa empati, ketenangan, dan terutama rasa syukur.

Seperti halnya dalam pengalaman hidup, mengaruhi kehidupan  di dunia ini dengan berbagai macam asam garam, telah mendewasakan diri. Bahwa kebahagiaan, kekecewaan , kesedihan, kegembiraan akan datang silih berganti, tinggal bagaimana kita menyingkapinya dan mengambil hikmahnya dari setiap kejadian. pertanyaan yang sering didapat dari sekitar adalah:

“Seneng melihat Teh Nchie tuh bawaannya bahagia dan ceria terus, apalagi kalau pas ngobrol auranya berasa positif terus, apa sih rahasianya? “

“Keknya, melihat Teteh tuh bahagia terus, ga pernah sedih ya?”

Aku menjawab dalam hatiku, “Makasih loh! Menerima pujiannya yang membuatku tersanjung” Setiap orang punya sudut pandang yang menarik tentang diriku. Tampak bahagia terus, ya memang kita ciptakan sendiri. Terlihatnya seperti itu, tapi buat apa  kalau kita berbagi kesedihan? Cukup kebahagiaan saja yang kubagikan, perasaan-perasaan yang kurang nyaman cukup menjadi ranah privacy diri sendiri saja yang ga perlu diangkat ke permukaan.

rahasia hidup bahagia | nchie hanie | blogger bdg

Terkadang duduk santuy, sambil ngopi saja sudah membuatku bahagia

Rahasia Untuk Hidup Bahagia

Ini ada rahasia sederhana untuk hidup bahagia berdasarkan pengalaman pribadi yang bisa diterapkan  kalau ingin kebahagiaan menghinggapi diri.  Kalau pun engga, ya sudah tak mengapa lah! Ini loh,  ada 3 rahasia sederhana untuk hidup bahagia:

  •  Bahagia itu adalah pilihan

Sangat sederhana,  bahagia itu pilihan. Apakah memilih untuk bahagia atau sebaliknya? Jawabannya  ada pada diri dan tindakan sendiri! Kalau memang ingin bahagia, ayo ciptakan dan pilihlah kebahagiaan itu sendiri. Karena pada dasarnya yang akan membuat bahagia adalah dirimu sendiri.

  • Berpikir positif

Berpikir selalu positif, semampunya dirimu sendiri. Karena dengan berfikir positif, maka  akan menarik semua hal positif kedalam hidup. Inilah salah satu kunci rahasia hidup bahagia! Percaya dengan hukum tarik menarikk atau istilahnya LoA (Low of Attraction).  Dimana ketika kita berfikir kebaikan, maka kebaikan itu akan sampai pada diri kita, begitupun sebaliknya.

  • Bersyukur

Kunci kebahgaiaan dengan bersyukur adalah cara yang paling powerful, merupakan rahasia hidup bahagia yang paling ampuh. Dan memang benar adanya, siapapun yang bersyukur, pasti akan ditambahkan nikmatnya termasuk kebahagiaannya.

“Seungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Syukur adalah tali mengikat nikmat yang ada, dan menarik nikmat yang belum ada. Kita tidak bisa mensyukuri nikmat yang besar, kalau nikmat kecil tidak sanggup disyukuri. Menyadari kalau bersyukur bukanlah perkara mudah. Mudah diucapkan tetapi sulit untuk diterapkan.

Mulai sekarang, pelan-pelan mencoba untuk bersyukur atas apapun yang diberikan Tuhan kepada kita. Mari kita berlatih menjadi ahli syukur dengan mengingat dan mensyukuri nikmat demi nikmat yang kecil. Seperti nikmat melihat dan mendengar, nikmat masih bernafas dan menikmati kehidupan ini bersama orang-orang tersayang.

Semoga saja kita termasuk orang yang pandai bersyukur dengan apa yang ada, baik yang membahagiakan atau yang tidak menyenangkan. Begitupun  dalam hal kebahagiaan, jika kita selalu berpikir bahwa kita bahagia, maka kebahagiaan itu akan datang pada diri kita.

So, berhati-hatilah dengan apa yang kamu pikirkan!

Bestie, semoga saja sedang bahagia dan akan selalu bahagia, ya!

Comments (24)

  1. nurulrahma

    April 11, 2022 at 8:35 AM

    Positive vibes banget Tetehkuuu satu iniii!
    Aakk, memang kita kudu banyak banyak bersyukur ya Teh
    Ngga keitung berkat dan nikmat Allah yg dberikan pd kita.
    Bismillah, semoga kita makin bahagiaaaaa

  2. Mpo Ratne

    April 11, 2022 at 12:11 PM

    Pokoknya yang di kasih sama tuhan itu yang bagus buat kita. Jangan flexing di sosmed, jadi diri sendiri aja

  3. Mugniar

    April 11, 2022 at 12:41 PM

    Iya betul, saya saja yang jauh merasakan Teh Nchie itu orangnya selalu terlihat happy .. pake kata selalu ya padahal lihatnya cuma di foto2 medsos dan blog hihi. Masya Allah, memang kesan dirimu positif, Mak .. kata2 yang keluar di blog dan medsos positif, aura dari foto juga positif. Memang tiap orang harus menyadari untuk bahagia dan memperbanyak bersyukur yaa …. sehat dan bahagia selalu ya, Maak.

  4. Dennise Sihombing

    April 11, 2022 at 8:24 PM

    Setuju banget teh, Bahagia itu pilihan. Hidup mau dibuat ribet jadinya ribet. Masalah setiap orang pasti ada, tergantung bagaimana menyikapi dan senantiasa berpikir positif ya.
    Bahagia itu sumbernya dari kita

  5. Bibi Titi Teliti

    April 12, 2022 at 10:27 AM

    Iiih setuju pisaaaan!
    Aku juga lagi berusaha menciptakan kebahagiaan2 kecil yang terkadang suka kita sepelekan sih
    Nonton Kdrama sambil makan mie instant juga udah bahagiaaa, da bahagia aku mah receh pisaaan hahaha

    Semoga kita semua bisa menciptakan kebahagiaan kita yaaaah

  6. Inna Riana

    April 12, 2022 at 2:43 PM

    positip vibes pisan makkk… kusukaa kusukka. emang kalo liat dirimu jadi berasa ketularan hepi.
    keep sebar aura bahagia ke penjuru dunia ya makk

  7. Suciarti Wahyuningtyas

    April 12, 2022 at 8:26 PM

    Bahagia versi aku tuh sederhana banget, melihat mas Nicholas Saputra posting foto di IG tapi ada dianya. Wakakakaa…. Enggak deng… Karena bahagianya setiap orang tuh beda-beda, jadi memang kalau kita ingin bahagia selalu positive vibes ini kunci banget sih teh. Jangan kebanyak overthinking pokoknya, ini yang aku hindari banget.

  8. Dian Restu Agustina

    April 13, 2022 at 10:09 AM

    Ini yang susah: bersyukur
    Bukan perkara mudah. Mudah diucapkan tetapi sulit untuk diterapkan….beneran hidup bahagia versi kita kita sendiri yang menciptakan, membagikan kebahagiaan, dan yang susah kita keep di ranah privacy saja.

  9. Eni Rahayu

    April 13, 2022 at 10:12 AM

    Saya setuju banget tuh bahagia itu pilihan. Dan hanya kita yang bisa menentukan dan memilih kebahagiaan kita sendiri. Karna sumber kebahagiaan itu ya ada didiri kita sendiri.

  10. Rach Alida

    April 13, 2022 at 2:10 PM

    Selalu bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita ini memang merupakan satu cara kita untuk bahagia mba. Alhamdulillah. Allah semakin menambah juga kenikmatan kepada kita ya

  11. Dedew

    April 13, 2022 at 2:56 PM

    Iya Teeh kadang kita pikir kalau sudah sukses, kaya, anak-anak brprestasi dll baru bahagia padahal bahagia mah mensyukuri dan menikmati apa yang kita punya yaa di setiap detiknya…ternyata tidak sulit…terima kasih artikelnya Teh

  12. diane

    April 13, 2022 at 3:31 PM

    Yess aku bahagia teh..aku bahagia…Sama ama teteh..Karena bahagia kan kita yang ciptakan ya..masa nunggu dikasi orang hehehe… Semangat berbahagia teh

  13. Tian lustiana

    April 13, 2022 at 3:56 PM

    Emberan, auranya itu loh. Aur aur an heheh. Jadi kebawa happy juga kalau ngobrol sama teh Nchie mah, menularkan kebahagiaan.

  14. Dian

    April 13, 2022 at 6:46 PM

    Terima kasih sudah menulis ini ya teh
    Mengingatkan bahwa kalau ingin hidup bahagia itu mudah kok
    Bahagia itu sederhana

  15. gusti yeni

    April 13, 2022 at 8:56 PM

    Betull bahagia adalah pilihan, dengan banyak bersyukur atas apa yg Allah berikan membuat kita bahagia.

    Jauhi hal yg bersifat toxic, semoga bahagia selalu kakak👌🏻

  16. lendyagassi

    April 13, 2022 at 9:06 PM

    Iya banget ya, teh..
    Rasa syukurku juga aku ucapkan karena bisa mengenal teteh yang selalu bisa aku andalkan sebagai sahabat blogger, tempat aku curhat macem-macem. Teteh gak pernah judgement dan baik banget udah mau kasih solusi yang bikin hati adeemm..

    Barakallahu fiik, teteh.
    Sehat selalu dan penuh kebahagiaan teruntuk tetehku cantik paras juga hatinya.

  17. Happy Dyah

    April 13, 2022 at 9:36 PM

    Mantap banget teh. Happy itu pilihan dan bersyukur selalu atas karuniaNya. Semuanya sederhana saja yah. Terima kasih untuk postingannya

  18. Lidya

    April 13, 2022 at 10:08 PM

    Bener teh kita sendiri yang bisa menciptakan kebahagiaan itu sendiri, tinggal mau atau ga.
    Ga selamanya masalah pribadi dipublikasikan ya teh, masing2 orang beda cara mengatasinya. Dengan bersyukur kita bisa merasa bahagia

  19. Siti Hairul

    April 13, 2022 at 10:28 PM

    Positive vibesnya teh nchi itu nular lo. Seneng aja liat postingan teteh dari zaman dulu. Sekarang aku juga sedang belajar nih teh melakukan self achievement pada diri sendiri memperbanyak syukur

  20. echaimutenan

    April 13, 2022 at 10:42 PM

    bahagia memang pilihan karena kita yang nyiptain ya mba
    tapi kadang walau sudah dicoba seserderhana mungkin ttp saja tidak sederhana :”)
    hayo sini hidup sederhana di desa ama aku eaaaaa

    • nchiehanie

      April 13, 2022 at 10:49 PM

      hahahhaahaa ga harus di desaa ko hidup sederhana..
      Di kota juga bisaaa Chaaa, siniii

  21. Sri Widiyastuti

    April 13, 2022 at 10:45 PM

    Iya teh, bahagia itu pilihan ya, kalau kita ingin bahagia ya, tentu kita harus terus berpikir positif dan selalu bersyukur dengan apa yang Allah berikan kepada kita ya. Alhamdulillah seneng banget baca artikelnya teh dan memang benar teh nchie mah bahagia terus dan ceria selalu. moga sehat selalu ya teh

  22. Andy Hardiyanti

    April 14, 2022 at 12:13 AM

    Makasih sudah diingatkan, Teh. Tapi ini bener banget lho, tiap ketemu Teh Nchie itu kok ya bahagia terus. Senyumnya gak nanggung-nanggung. Mungkin nih, kitanya yang lagi gak semangat, lihat teteh gitu auto ikutan kebawa cerianya. Hihihi. Jadi kapan kita ngopi n ngebakso lagi?

  23. Damar Aisyah

    April 14, 2022 at 1:10 AM

    Bener banget Teh, Nchie, bahagia itu pilihan dan kita yang ciptakan. Banyak bersyukur dan berusaha melihat naik turun dalam hidup sebagai bagian perjalanan akan membawa kita pada rasa bahagia karena memiliki kesempatan untuk merasakan asam manis kehidupan. Nice sharing, Teteh.

Leave a Reply to Inna Riana

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.