Home / Traveling / Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu-Garut
KAI | Nchie Hanie|BLogger Bandung |Edi Sukmoro|CEO KAI Sosial Media Mover| Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu Garut | Ayo Naik Kereta |Goes To Garut|Kereta Api Kita

Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu-Garut

Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu-Garut. Calling warga Garut ada kabar gembira nih, setelah hampir 37 tahun menanti. Pada hari Rabu, 19 Februari 2020  Kereta Api Indonesia memberikan kado spesial kepada masyarakat Garut di hari jadinya yang ke 207 Kab. Garut dengan mengoperasikan kembali jalur kereta Cibatu-Garut.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bapak Edi Sukmoro bersama Bupati Garut Rudi Gunawan melakukan pengecekan bersama menggunakan Kereta Inspeksi 4 dari Stasiun Cibatu, Stasiun Pasirjengkol, Stasiun Wanaraja, dan Stasiun Garut.

Perjalanan dari Stasiun Bandung  ke Garut bersama dengan mentemen penggiat online  seru banget, dengan menggunakan KAIS 4 sungguh wow banget. Gimana engga cobak, ku baru melihat dan menggunakan jenis kereta api satu ini, yang hanya digunakan oleh orang tertentu. Merasa so spesial loh.

Di dalam kereta pun berkesempatan ngobrol santai bareng dengan Bapak Edi, dan mengatakan bahwa jalur kereta api Cibatu-Garut awalnya diresmikan tahun 1889 dan merupakan bagian penting dari sejarah Kabupaten Garut itu sendiri. Selain untuk angkutan barang, dulunya jalur ini digunakan oleh angkutan penumpang seperti wisatawan asal Eropa yang ingin berlibur di wilayah Garut.

KAI | Nchie Hanie|BLogger Bandung |Edi Sukmoro|CEO KAI Sosial Media Mover| Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu Garut | Ayo Naik Kereta |Goes To Garut|Kereta Api Kita

Bapak Edi Sukmoro DIRUT KAI

Tuh kan ini menunjukkan dengan dioperasikannya kembali jalur ini akan bermanfaat bagi perekonomian di wilayah Garut dan sekitarnya yang memang dari dulu sudah dikenal akan potensi wisatanya. Pak Edi menjelaskan bahwa pengecekan jalur reaktivasi Cibatu – Garut ini untuk memastikan perkembangan terakhir proyek reaktivasi dimana sudah hampir seluruhnya selesai.

Kami berhenti di 4 stasiun, whuaaa speechless pada masyarakat Garut yang menyambut kedatangan Dirut KAI  dan rombongan. Sepanjang jalan disuguhi dengan mereka yang melambaikan tangan, tawa, canda meyebarkan kebahagiaan, terharu banget dan mlipir kepojokan menggambil nafas panjang sambil menghapus butiran  air mata yang menggenang.

KAI | Nchie Hanie|BLogger Bandung |Edi Sukmoro|CEO KAI Sosial Media Mover| Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu Garut | Ayo Naik Kereta |Goes To Garut|Kereta Api Kita

Ini moment yang paling asyik, ketika si Bapak langsung ndlosoran di karpet kereta inspeksi dan kami pun ngikut, sehat selalu ya Bapak Edi.

KAI juga telah beberapa kali menguji kekuatan jalur agar aman saat dilalui oleh kereta api.
Nantinya Stasiun Garut akan dikembangkan menjadi stasiun yang megah dan lengkap.

Stasiun Garut akan terdiri dari dua bangunan utama yaitu sisi utara dan selatan dengan bangunan tiga lantai. Selain itu, akan terdapat juga masjid berukuran besar, hotel, bangunan multi fungsi, cafe, menara pandang, dan fasilitas penunjang lainnya.

KAI | Nchie Hanie|BLogger Bandung |Edi Sukmoro|CEO KAI Sosial Media Mover| Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu Garut | Ayo Naik Kereta |Goes To Garut|Kereta Api Kita

Yeaah, setelah menanti lamaa akhirnya bisa keluar dari kereta menembus kerumunan masyarakat dan mejenk di sini. Garut, euy!

Oya dalam perjalanan ke Garut KAI juga memberikan 300 paket alat tulis kepada anak-anak sekolah di beberapa titik jalur reaktivasi Cibatu-Garut. Menurur Pak Edi “Alat tulis ini sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat khususnya anak-anak di wilayah garut dan apresiasi terhadap masyarakat yang telah mendukung program reaktivasi dari sejak awal hingga akhir,”

Pada 18 Januari 2019, Presiden RI Joko Widodo sempat mengunjungi Stasiun Cibatu untuk mengetahui progres reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut sepanjang 19,5 km yang terakhir kali dioperasikan pada tahun 1983. Tepat satu tahun kemudian, pada Januari 2020, rel dari Cibatu menuju Garut sudah tersambung. Wow setelah 37 tahun ya,pantesan  warga bergitu antusias sekali menyambutnya.

KAI | Nchie Hanie|BLogger Bandung |Edi Sukmoro|CEO KAI Sosial Media Mover| Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu Garut | Ayo Naik Kereta |Goes To Garut|Kereta Api Kita

Mentemen penggiat online dan Garut yang hot banget siang itu.

Kereta Api Inspeksi

KAIS (Kereta Inspeksi) adalah Kereta yang biasanya digunakan oleh para pejabat negara atau pun para direksi kereta Api  untuk melakukan kunjungan atau inspeksi ke beberapa tempat guna meninjau keadaan lintasan kereta maupun stasiun kereta yang tersebar di seluruh Kota/Kabupaten. Tetapi KAIS ini jadwalnya selalu mengutamakan kereta umum, sehingga KAIS akan selalu berhenti untuk persilangan Kereta lain.

 

KAI | Nchie Hanie|BLogger Bandung |Edi Sukmoro|CEO KAI Sosial Media Mover| Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu Garut | Ayo Naik Kereta |Goes To Garut|Kereta Api Kita

Ini penampakan Kereta Inspeksi

Lalu apakah jam melintas Kais menggangu perjalanan kereta reguler ? Jelas engga donk. Perjalanan KAIS diatur disela jadwal-jadwal perjalanan kereta reguler. Kecuali pada saat-saat waktu khusus sebagaimana disebutkan diatas. Perjalanan KAIS akan semakin sering disaat event-event khusus seperti angkutan lebaran. Jadi keberadaan  KAIS bisa dipastikan tidak akan mengganggu jadwal kereta umum. Seperti poto di atas , KAIS berhenti ketika mempersilahkan kereta lain melintas.

Jangan tanya fasilitas di KAIS ini, nyaman pokonya, dari ruang meeting, karaoke, tempat santuy, mushola, toilet, bahkan pantry yang asik bisa parasmanan. GA berasa dah ke Garut pake KAIS ini, kurang lama perjalanannya.


Santuy duluu yuuk!

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

93 comments

  1. Ya ampyuunnn TIGA PULUH TUJUH TAHUUUUNN dan sekarang mau aktif lagiii?
    Whoaa, super duper excited pastinyaaa
    Aku aja yg arek Suroboyo ikutan sueneeeeng Teh.
    Moga2 ada kesempatan daku nyoba rute baru iniiii

  2. asyik ya sekarang beroperasi lagi jalur keretanya jadi bisa lebih nyaman kalau mau ke Garut. Mau atuh diajak naik KAIS teh

  3. Yey, kepengen juga nih aku icip-icip Kereta Cibatu-Garut. Perjalanan naik kereta api sungguh menyenangkan… rasanya beda…yuhuu! Tapi, eh…hanya digunakan oleh orang tertentu saja kereta ini…hmmmmm

  4. Itu foto terakhir didalam KA? Cakep bener. Semoga semakin banyak jalur padat yang direaktivasi ya

  5. Wuihhh berasa istimewa ya mba bisa naik kereta spesial ini. Asik euuyy jalur Cibatu-Garut sudah bisa dieksekusi lagi. Masyarakat jadi bisa menggunakan servis KAI di jalur ini kembali ya.

  6. liat foto2nya seruu… papanasan tapi teuteup hepi.
    itu yg foto terakhir di keretanya ya? bagus banget makk 🙂

  7. Seneng deh sekarang ada beberapa rute yang direaktivasi lagi. Itu di dalam keretanya nanti akan seperti itu fasilitasnya. Asik dong ya. Apalagi kalau jalan-jalannya sama keluarga atau teman

  8. Keretanya bagus banget ya, senang deh sekarang makin banyak pilihan transportasi dan menjangkau hingga ke mana-mana.

    Mempermudah akses di semua daerah pula, dan insha Allah ekonomipun semakin merata dan maju

  9. Teteeeh ga ajak2 ah. Suka pisan naek kereta api, rencananya pengen ke garut pake kereta nih

  10. Wahh keren! ke Garut jadi makin mudah ya, apalagi buat orang yg sering PP mudik ke Garut.
    Apalagi aku blm pernah ke Garut nih:)
    Lebaran bisa naik ini gak yah?

  11. Terkesima lihat dalamnya kereta teh, eksklusif banget…pasti nyaman kalau naik kereta semacam itu ya. Jadi kangen nih naik kereta api…dulu aku pernah ke Bandung naik kereta malam dari Surabaya lewat Garut. Berhenti sebentar di stasiun Garut, disana bermunculan penjual dodol Garut…iiih kangen banget naik kereta….pasti seru ya bisa naik kereta bareng teman-teman….semoga transportasi di Indonesia khususnya perkeretaapian makin maju.

  12. Penantiannya panjang juga ya teh, tapi akhirnya sekarang ada jalur kereta Cibatu-Garut jadi semakin mudah lagi nih kalau mau liburan. Minimal saat mau lebaran nanti bisa membantu yang mereka mudik, beralih dari kendaraan bermotor dengan menggunakan kereta.

  13. Waah pantesan desain interiornya keren gitu. Ternyata memang kereta untuk para pejabat yang mau inspeksi. Jadi mau coba ke garut naik kereta. Seru banget kali ya.

  14. Asik dan seru teh akhirnya yah dibuka kembali jalurnyabke Garut secara Garut ayeuna mantul pisan destinasi wisatanya yah
    Boleh nih nanti cobain ke sana nek kereta

  15. Waah, asyik banget Teh Nchie bisa ikut naik kereta ke Cibatu Garut. Pengen atuhlah…kapan-kapan ajakin atuh Teh hihihi
    Udah lama gak naik kereta api. Keliatannya tambah nyaman aja di dalamnya ya..

  16. Ini sepanjang perjalanan disuguhkan dengan view pegunungan gitu, teh?
    Seneng banget sekarang KAI makin mudah, bersih dan cantik.

  17. Ya ampun itu nyaman sekali keretanya mba. Skarang jadi smakin nyaman ya mba. Aku penasaran untuk mencobanya 🙂 KAI emang smakin oke inovasinya

  18. Pastinya warga Garut hepi banget ya Mbak dengan dibukanya kembali jalur KA Cibatu Garut ini. Akses perjalanan pun jadi makin cepat. Kalau di daerah saya baru proses pembangunan KA.

  19. Wah, makin banyak aja nih jalur kereta yang diaktivasi. Aku jadi gak sabar kepengen juga segera jalur ke Ciwidey di aktivasi. Biar dari Soreang bisa naik kereta juga. 😀

  20. waduh kretanya luxury sekaliiii kak,,,,

    asik ya makin byk jalur kreta makin mendukung mobilitas warganya

  21. Duh keretanya nyaman pisaaaaaan.. Jadi pengen cobain juga. Ini bukan cuma di dalem keretanya aja yang nyaman ya, sepanjang perjalanan juga mata bakal dimanja ama view yang cakep

  22. Itu kereta bagus amattt. Kan eyke jadi pingin ikuttt.
    Di Bondowoso sini pun ada kabar reaktivasi jalur mulai dari Panarukan-Bondowoso-Jember-Banywangi. Aku berharap bangettt kejadian bener

  23. Wow…keretanya nyaman banget mba.. itu jadinya, khusus untuk wisata atau umum ya mba yang keretanya? Aku kok pengen ngajak anakku ke sana…

  24. Ya Allah Alhamdulillah ternyata sudah bisa dilalui jalurnya. Semoga kalau pulang kampung nanti bisa menggunakan langsung kereta api jurusan Bandung – Cibatu – Garut.

  25. Ya ampun mbaa.. Ini terlihat nyaman banget keretanya ya. Saya udah lama pake bingits gak pernah naik kereta. Udah bener2 lupa sensasinya. Baca ini jd pengen jalan2

  26. Mbak ini jalurnya yang rada-rada spot jantung itu kan ya? Apa beda ya. Sejara bandung jkt saja jalurnya indah tapi deg-degan hahaha

    Tapi jadi banyak alternatif yaaaa

  27. Owalaaah kirain ini jalur baru ternyata raektivasi dari jalur lawas yaaa. Enak ya mbak skrng lbh gampang ke Gartut kalau mau naik kereta api gtu 😀
    Moga kapan2 bisa jg berkunjung ke Garut biar bisa nyicip dodol yang asli hehhe

  28. Horeee, akhirnya keinginan jalan-jalan ke Garut akan segera terealisasi. Selama ini maju mundur karena harus naik bis, kalau kereta mah ayuk aja..Lebih nyaman dan cepat.
    Btw antusiasme warga luar biasa ya, Teh. Kebayang sih, pasti seneng banget.

  29. Wah, naik kereta sudah bisa sampai Garut ya? Makin mudah nih ya jalan-jalan hemat naik kereta karena jalur kereta makin banyak. Aku baru sekali ke Garut dan suka banget waktu nginap di Puncak apa itu yang dingin hawanya. Next mau ajak Pewe lagi ke sana ah, tapi kali ini naik kereta aja

  30. teh nchie asyik banget bisa naik kais, alhamdulillah ya jalur kereta makin banyak termasuk ke garut, jalan jalan ke garut makin enak & gak perlu bermacet ria

  31. Baru tau ada Kereta Inspeksi. Belum pernah lihat sebelumnya. Kirain kalau pejabat pakai kereta, cukup pakai yang eksekutif aja. Hihi.. Dan itu dalamnya, Masya Allah, kayak hotel euy interiornya..

  32. 37 tahun!
    Seumuran itu aku udah punya anak 3. *Eh apaan sih ini.

    Ya maksudnya, bisa jadi yang umur 37 tahun itu belum pernah ngerasain naik kereta api, dan kini dia bisa ngajak anak-anaknya merasakan pengalaman pertama naik kereta.

  33. Keren ya, setelah 37 tahun akhirnya dijalankan lagi keretanya. Generasi senior jadi bisa mengulang pengalaman masa muda. Daku juga berharap semoga jalur KA lama di beberapa daerah dioperasikan lagi. Pasti akan menyenangkan.

  34. Teh, ini nyambung ke / sampai Stasiun mana aja teh? Kira2 nanti bakal ada kereta yang sampe daerah Garut Selatan ga ya? Aku udah antusias bingit nih. Wkwk. Soalnya bapak dr Garut juga. Kalau lebaran pake mobil mayan juga macetnya.

  35. skrng kalo mau ke garut jadi enak ya bisa pake kereta,pulkam plus jalan2 anaku seneng banget nih kalo di ajak naik kereta..harus cobain ntar nih kalo kegarut naik kereta rame2 seru kayanya

  36. Jadi pengen ke Garut pake KAIS. Itu tampilan keretanya kece yaa… laen ma kereta yg biasa kunaikin kalo ke Ciamis hahaha. KAIS tampilannya keren kaya MRT. Mantap👍

  37. Wah wah wah… asik bgt ada ruangan santuynya segala hahaha cobain ah ke Garut naik KAIS.

  38. aku juga baru ngeuh mungkin ini ya alasan perubahan jadwal kereta karena ada kereta Cibatu hehe

  39. Manteppp bangets teh, kalo ada beginian boleh dong ikutaaaaan, kali aja bisa bolos kerja hehehe..

  40. Untuk aku yg anaknya suka pusing lewat jl garut, kereta jadi alternatif. Tadi habis mampir blog Grandys isinya naik kapal, skrg blog teteh isinya naik kereta. Wow! 😀

  41. Sebagai anker (anak kereta) reaktivasi jalur Cibatu-Garut ini yg aku semogakan semasa masih d Cimareme, akhirnya terlaksana juga. Turut berbahagia banget! Gaya mejenk nya teh Nciee cakepppo geulisss

  42. Waah asyik banget sekarang kalo mau ke Garut bisa pake kereta api yaa, aku langsung salfok nih fasilitas kereta di dalemnya yang keliatannya nyaman banget

  43. sekarang naik kereta api adalah sesuatu hal yang sangat nyaman yah teh nchie

  44. Waaah alhamdulillah akhirnya ke garut bisa pakai transportasi kereta api, selain itu ada kereta baru KAIS. Jadi pengen cobain naik kais

  45. Wah ke Garut pake KAIS mah kayanya sakocepat ya Teh, ngga akan kerasa hahaha jadi pen piknik deh aq:((

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.