Sejenak Hening

PIN Sejenak Hening | Sadar penuh Hadir Utuh | Adjie Silarus | Mindfulness Practitioner | nchie hanie

Sejenak Hening..

Dalam ruang aku terdiam, di  kesunyian hanya terdengar hembusan nafas. Bersyukur dengan apa yang didapatkan, menikmati hidup saat ini dengan senyuman. Hidup tak hanya menjalani kehidupan sehari hari yang selalu berpacu dengan waktu, mengejar impian, berlomba meraih kesuksesan adalah hal yang terlalu mainstream dialami. Yang Anti Mainstream adalah menyadari jika hidup itu tak hanya di penuhi dengan perjalanan  ke luar diri saja, namun ke dalam diri kita sendiri.

Mengapa kita seringkali merasa sulit untuk melepaskan dan merelakan pergi ?
Mengapa kita sekarang mudah marah dan lemah untuk menunggu dengan sabar ?

Berbicara kehidupan,  terkadang  selintas terbebani rasa  ketakutan, penuh kekhawatiran diri  tentang masa depan, rezeki, jodoh, tentang pekerjaan dan  sebuah jabatan.  Ya, hidup bukan saja hanya mempertahankan  dan menggenggam erat. Tapi, setidaknya  sangat perlu juga  mempersiapkan diri untuk melepaskan dan merelakan datang-pergi.

Hidup tak hanya terus bergerak dalam riuh keramaian , tapi juga sesaat butuh terdiam dalam keheningan. Hidup pun  tak hanya tentang tergesa-gesa untuk bertindak melakukan sesuatu, ada kalanya yang bisa dilakukan hanya dengan sabar menunggu.

Rasanya akan melelahkan hati dan pikiran , jika  hanya diisi dengan rasa berharap dan berusaha meraihnya apa yang tak sanggup diraih. Bermimpi  akan masa depan yang lebih baik. Yuk , saatnya menerima apa yang ada , dengan penuh rasa syukur, dalam bahasa jawanya nerimo, legowo atine.  Saatnya menikmati apa yang ada saat ini, disini, dan kini.

Apa yang harus di lakukan?

Sisi kehidupan harus penuh dengan keseimbangan. Begitulah menurut filosofi Timur Sisi  Yin-Yan dan filosofi barat Being-Doing. Sementara yang kita jalani terbiasa dengan Yan-Doing.  Lebih ke luar perjalanan apa yang kita lakukan dalam kehidupan ini, menggapai mimpi, menggenggam erat apa yang sudah dimiliki, meraih kesuksesan yang serba tergesa-gesa yang  penuh dengan keriuhan.

Kini, saatnya lebih ke diri sendiri  melatih sisi Yin-Being. Memang sangatlah membutuh waktu dan proses untuk menuju kesana. Melatih diri dengan penuh niat dan komitmen itulah kuncinya.  Kemampuan diri untuk lebih menerima dengan ikhlas, merelakan dan melepaskan yang datang dan pergi. Lebih banyak berdiam dalam keheningan, mendengarkan , menyadari dan mensyukuri apa yang ada hari ini, melepaskan kekhawatiran akan masa lalu dan masa depan.

Begitu istilah “mindfullness” seperti apa yang dikatakan  seorang lelaki yang bawaannya kalem, dengan tutur kata dan nada suara rendah, wajah memancarkan cahaya, auranya yang mempesona.

“Sadar Penuh Hadir Utuh”,  itulah buku keduanya yang ditulis beliau  Adjie Silarus.

Untuk memberikan diri kita secara utuh pada seseorang, terlebih pada orang yang kita sayangi, seharusnya hadir utuh terlebih dahulu. Bukan saja saat ini disini, tapi sebagian di masa lalu dan di masa depan.

Mindfulness, Sadar Penuh, Hadir Utuh kini, saat ini! Nah, sekarang sudah saatnya mulai menyadari penuh kehadiran diri secara utuh untuk kehidupan yang dipenuhi rasa bahagia dan diselimuti sukacita.

Sejenak Hening | Sadar penuh Hadir Utuh | Adjie Silarus | Mindfulness Practitioner | nchie hanie

Yuk, Mari Kita Diam! Sejenak Hening..

Comments (34)

  1. Ani Berta

    February 25, 2015 at 12:50 PM

    Yukkk…. 😀
    Teteh Nchie kalem banget deh kalo begini hihihi….

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:21 PM

      hahhahaa…teh anii, malu donk sama Mas Adjie kalo petakilan…

  2. Goiq

    February 25, 2015 at 10:33 PM

    pengen ikut kelasnya mas Adjie Silarus . Mudah-mudahan bisa kesampean deh

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:22 PM

      hayuuu atuh..

  3. bolapoker

    February 26, 2015 at 1:07 AM

    iya harus tepat juga waktunya nih
    ok salam sukses buat semua

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:22 PM

      sukses juga buatmu yaa…

  4. Reni Judhanto

    February 27, 2015 at 12:46 PM

    Sejenak aja ya Mak…. Kalau kelamaan aku ga betah hehehe.

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:22 PM

      hahahhaaa..iyaa boleeh yuuk…

  5. Lidya

    February 27, 2015 at 7:40 PM

    (diam)

  6. Keke Naima

    March 21, 2015 at 9:00 PM

    sesekali kita memang butuh keheningan 🙂

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:23 PM

      bener bingits chi..

  7. Shinta

    March 24, 2015 at 4:01 PM

    Saya mengheningkan cipta mulu perasaaan alias bengong -.-!

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:23 PM

      wkwkwkwkkw….

  8. Hidayah Sulistyowati

    March 25, 2015 at 7:08 PM

    Buku yang pertama udah baca, ini lanjutannya ya.
    Yuk, hening ^^

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:23 PM

      iyaa bener maak..hayu bacaa…

  9. rahmiaziza

    March 26, 2015 at 5:35 AM

    Sejenak hening memang diperlukan dalam hidup ini ya teuh. Merenung., introspeksi diri 🙂

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:23 PM

      berul sekali maaak…

  10. Dewi Rieka

    March 26, 2015 at 6:55 PM

    ditengah hiruk-pikuk kehidupan ini mari sejenak hening…damai..

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:24 PM

      mariii maaak…

  11. Uniek Kaswarganti

    March 29, 2015 at 11:29 PM

    aku koq bisa hening babar blas yaaa… rusuuuhh melulu hobinya 🙁

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:24 PM

      hahahhaa…tenaang bisa latihan ko maak..

  12. Indah Nuria savitri

    April 15, 2015 at 11:39 PM

    hening memang pentiiiing….biar balance yooo..

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:24 PM

      iyaa ayoooo…

  13. syukur

    April 28, 2015 at 4:27 PM

    Hening nek lagi setor tunai.haha

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:25 PM

      huahahaaaa…..

  14. Nefertite Fatriyanti

    May 2, 2015 at 1:04 PM

    Hening bisa lahirkan banyak karya

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:25 PM

      iya beneer banget sepwrti mas adjie ini tuuh..

  15. pistasimamora

    May 14, 2015 at 10:23 PM

    haha gak kebayang ngeliat teh Nchie yang rame bisa jadi pendiem 😛

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:26 PM

      ichaaa..Aku kan aslinya kaleeem…

  16. Akbar Mappanganro

    February 4, 2016 at 2:12 PM

    cantik, kerenn.. kalem juga wahh mau donk diajarin…

    salam emak-emak blogger

    • nchiehanie

      February 4, 2016 at 3:27 PM

      huahahaa.makasiih..

      iya tuh diajarin mas adjie aja..

      salam

  17. Yulianto Kenon

    April 26, 2016 at 8:06 PM

    Mbak Nchiehanie,,saya mau nanya mungkin mbak tahu,,saya tadi dapat kiriman buku “sadar penuh hadir utuh” ,,alamat dan nomor telepon saya lengkap banget tapi tidak ada pengirimnya,,trimakasih ya mbak sebelumnya,, 🙂

  18. Inner Peace Sessions Adjie Silarus | Berdamai Dengan Diri Sendiri | Selaras Guest House

    November 29, 2016 at 11:11 PM

    […] Sejenak Hening.. […]

  19. Apa itu Mindfulness, Apa Manfaatnya Bagi Tubuh? | NCHIEHANIE.COM

    August 28, 2020 at 4:38 PM

    […] mencuri perhatian. Benar adanya, jatuh cinta pada pandangan pertama itu dengan teknik  “Sejenak Hening” berlanjut sampai saat ini. Mengikuti beberapa kelas offline dan online membuat diri makin asik dan […]

Leave a Reply to Ani Berta

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.