Senyum Ramadhan : Ketika Emak-Emak Tadarus

PIN
Hei sobat , masih tersenyum kan menikmati indahnya bulan Ramadhan ini ?
Gimana nih puasanya,semoga  di lancarkan ya, pada tamat kan ampe magrib ?
#Eeaaa ..Masa kalah sama Olive aahh, malu donk..!!
Kita ngomongin Tadarusan yuk..!!
Kalo  bulan ramadhan identik dengan tadarus,  bukan berarti kalo bulan-bulan yang lainnya kita ga tadarusan kan . Cuma  di bulan  Ramadhan  ini lebih banyak pahalanya  berlipat ganda  kalo kita melakukannya.
Waktu masih gadis sebelum menikah, tadarusan masih di lakukan  sendiri di rumah, mau khatam aja lama.
Jadi inget dulu, pertama kali pindah rumah setelah menikah, mau ga mau harus berbaur dengan  tetangga dan emak-emak yang lain *biar ga di katain sombong*.
Pas bulan Ramadahn tiba, di samperin Emak2 muda, Mama Olive ayo kita tadarusan. Waktu itu olive masih balita, dalam hati kecil, aku belom pernah tadarusan  ngumpul bareng Emak2 gitu, malu ahh  *aku kan pemalyu*..!!
Beberapa kali aku tolak, dengan alasan Olive masih kecil, takut nakal di mesjid, bla..bla..*padahal mah masih malu, takut ga bisa, takut salah, takut di ketawain*
Dan karena  Mesjid segede gituh berada di pinggir rumahku, malu rasanya Emak2 seliweran di depan , nyamper, sementara aku yang biasanya ngintip dowang di balik jendela, mulai terenyuh pengen gabung juga.
Meskipun aku ga pandai mengaji,   sebatas bisa, mulai memberanikan diri, kenapa ga, bisa sekalian belajar juga kan, sharing dengan yang lain, toh selama ini aku mengaji merasa benar untuk diri sendiri, belom tentu kata  ahlinya, ternyata banyak salah tajwid nya, banyak ilmu juga yang di dapat.
Ampun deg-degan pas kena giliran aku, suaraku yang imut dan kecil, jadi bahan ledekkan, rasanya satu ‘ain kok ga abis-abis, mana ge er di lihatin kan * suer ini baru pertama kalinya ngumpul tadarusan bareng emak2*.
Tapi ternyata bikin kecanduan ya, merasa enjoy dan mulai terbiasa  di tahun-tahun berikutnya. Dan enaknya tadarusan ini bisa khatam dalam 2 minggu
Tadarusan sama Emak2 lucu, biasanya di tempatku dilakukan  pagi jam 9.00 sampai dzuhur dan bacanya bergilir, kalo ada yang salah dikoreksi sama kita semua, sama-sama belajar, biasanya  satu emak satu ‘ain, giliran awal masih semangat, setelah berjam-jam  banyak salah bacanya, perasaan huruf nyatu semua, mata dah belel, belum lagi anak2 yang rewel, belum lagi bawaan perut yang lagi konser dan makin siang tenaga abis sama canda tawa.
Biasanya Emak2 yang tadarusan adalah  Emak2 pengajian Majelis Taklim di Mesjidku, dan Emak2  Pengajian  yang rutin setiap hari Jumat sore, terdiri dari 10-15  orang Emak2 muda *dulunya* , diantaranya ada  2  tiga orang yang dianggap  sesepuh. Dan orang- orangnya itu-itu aja dari tahun ke tahun.
Ternyata memang agak susah mengajak Emak2 untuk tadarusan, banyak alasan, malu, repot sama anak, repot sama kerjaan rumah tangga dan kebanyakan ada yang bilang ga bisa ngaji. 
Loh..loh, aku suka ngajakkin  yang lainnya, tak kasih penjelasan, kita sama-sama belajar kok, dan alhamdulillah kompaknya, saling mengerti, merangkul yang mau belajar dari iqro dan berbagi ilmu, meski hanya sedikit, alangkah indahnya ya..
Dan ada Emak2  yang mulai belajar dari iqro, alhamdulillah  sekarang udah bisa ke Al Qur’an, tuuh kan bisa..!!
Yang penting dimana ada Niat dan Kemauan untuk belajar, insyaallah  pasti bisa.
Yuk Mak, bagi yang belum bisa ngaji, mari kita belajar sama-sama..!!
Bagi yang sudah lancar mari kita tingkatkan dan berbagi ilmu  pada sesama..!!
Rasanya aku kangen sama Emak2 yang biasa tadarusan, kangen aktif di majelis Ta’lim lagi, datang memenuhi Undangan pengajian dari tempat lain. Sekarang paling ketemunya pas shalat Taraweh, soalnya dah  2 kali Ramadhan ga pernah gabung, karena bentrok dengan jadwal antar jemput sekolah anak. 
Pas giliran ramadhan  tahun ini, asik Olive sekolah pagi pulang siang, tahunya jadwal pulang sekolah di percepat jadi 10 an, ga bisa lagi ikutan  tadarusan, sampai di rumah dah cape Ngojek.Ya  sudah masih bisa di rumah kan.
Maap ya meskipun sekarang produktif  jadi  preman jalanan Tukang Ojek , gini-gini juga  dulunya mantan pengelola Majlis Ta’lim bo. Ga percaya kan ?
Gimana sama Kalian Sob, pernah Tadarusan juga Kan??

Comments (51)

  1. mimi RaDiAl

    July 26, 2012 at 8:10 AM

    ga nyangka mama olive rajin tadarusan jg. makiiiin cintaaa hehe
    biar ga bs asal rutin ngebaca. Insya Allah bisa koq mah…cb dkt aja bisa privat dah sm mimi 😉

  2. evi

    July 26, 2012 at 8:19 AM

    Tadarusan bareng emak-emak pasti seru nih Cik..Jadi pengen juga ah…

  3. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 8:21 AM

    @mimi RaDiAl Begghh..Mimi meragukan aku gituh..!!
    Setuju..dan Sepakaat Mi..!!
    Asal rutin dan ada kemauan ya Mi pasti bisa kok..

    Waah kalo Mimi ngasih Privat, ga sanggup bayarnya Mi..
    Secara Angelina Jolie yang ngajar, wuiih..

  4. ke2nai

    July 26, 2012 at 8:25 AM

    kl tadarusan bareng2 semangatnya emang biasanya jd dobel2 teh.. cuma ya itu kadang suka malu juga ya awal2nya.. 😀

  5. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 8:28 AM

    @evi Emang seru Mbaa..
    Cuma kadang suka malas dan malu memulainya aja..
    Udah kesono nya mah enjoy..
    dan ketagihan..

  6. hana sugiharti

    July 26, 2012 at 8:29 AM

    masya alloh kerennn deh 😀

  7. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 8:30 AM

    @ke2nai Bener banget Chi, lebih semangat, makanya cepet khatam nya

    Hehe iya maluu bangget, tapi sekarang mah dah pada cuek aja, seneng ngetawain orang yang salah, giliran sendiri yang ngaji, di ketawain juga..

  8. Ririe Khayan

    July 26, 2012 at 8:36 AM

    Lapor Mbak, semenjak jadi ‘alumni” ngaji di musholla yang di kampung tercinta, saya belum pernah tadarus di musholla. Di Banyuwnagi ini juga gak ada neh tadarus versi perempuan…jd tadarusnya all by myself…

  9. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 8:51 AM

    @hana sugiharti ahh biasa aja Mbaa..*jadi malu*

  10. Arman

    July 26, 2012 at 9:10 AM

    wah hebat deh.. rajin beribadah…. mantapppp…

  11. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 9:11 AM

    @Ririe Khayan ohh Begitu ya Rie..
    Sendiri juga gpp tuuh..!!

  12. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 9:13 AM

    @Arman Sudah kewajiban Man..!! 😀

  13. Pakde Cholik

    July 26, 2012 at 9:14 AM

    kesempatan untuk ngaji lagi agar tak lupa jeng.
    Memang ngaji rame2 lebih sip.
    Salam hangat dari Surabaya

  14. dhenok habibie

    July 26, 2012 at 9:17 AM

    dhe tadarus sendiri ncie.. alhamdulillah, belum khatam baru dapet beberapa juz.. hehe 😀

    olive juga diajakin tadarus ya ncie di rumah..

  15. Sofyan

    July 26, 2012 at 9:17 AM

    Hehe kapan² tadarusan sama saya Teh 🙂

  16. Insan Robbani

    July 26, 2012 at 9:18 AM

    gini juga mantan ketum Remaja masjid… ckckckckck
    tentang tadarus…, nanti diceritain deh di postingan..

  17. niken

    July 26, 2012 at 9:36 AM

    Naahhh… ini bisa dijadiin tulisan di open housenya Media Robani Nchie… (tak bantu ngerayu mas Insan….)
    Lanjutkaaaaaaannn…!!

  18. Tukang Belajar Ngaji

    July 26, 2012 at 9:38 AM

    hehe.. bener. apapun kalo rame2 itu bikin semangat, apalagi saling mendukung.. ya gak teh? 😉
    smoga ttp istiqomah yah… kalo pas olive libur kan bisa ikutan lagi 😀

  19. DewiFatma

    July 26, 2012 at 9:51 AM

    Di tempatku nggak ada tadarusan emak-emak, jadi aku tadarusan sendiri di rumah 🙂

  20. Yunda Hamasah

    July 26, 2012 at 11:09 AM

    Sama Teh kita, Ramadhan lalu-lalu, seneng gabung tadarusan bareng ibu2 dimasjid dekat rumah. Ramadhan ini belum bisa gabung *masih libur, semoga besok bisa gabung, rinduuuu…

  21. Niar Ci Luk Baa

    July 26, 2012 at 11:27 AM

    Iihh jadi malu deh tante darusan bareng2, niar sendirian, malu masih belum bener bacanya 😀

  22. Meti Mediya

    July 26, 2012 at 11:30 AM

    setujuu cie…tong emak blogger wae nyak>>emak tadarusan ayeuna mah>>*edisiramadhan

  23. bangaswi

    July 26, 2012 at 11:53 AM

    Dulu pernah banget waktu masih jaman sekolah, tapi gak bareng emak2 ya. Idih banget! Sekarang di rumah, masjid, mushola, atau di kantor, tergantung ada waktunya ^_^

  24. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:05 PM

    @Pakde Cholik Iya PAkde..
    Biasa lagi sibuk menyesuaikan jadwal yang belom pas..

    Ga kan lupa kok, insyaallah..
    Oya tiap tadarus pasti inget pakde, makasih dompet alquran nya ya..

  25. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:07 PM

    @dhenok habibie pinter..yang rajin ya..
    semoga khatam pas bulan ramadhan ya De..

    Eh kemana aja sih, masih sibuk kuliah ya..

  26. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:07 PM

    @Sofyan ga mau bukan muhrim kang huehee..

  27. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:08 PM

    @Insan Robbani ga lagi hihihii…
    aku bukan ketum MAs..

  28. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:08 PM

    @niken JAngan ini..ntar ada yang lain kok Bundaaa..
    ciyee gaya pisan..

  29. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:09 PM

    @Tukang Belajar Ngaji setuju banget tuh..
    benr2..
    Amiin..
    KAlo pas Olive libur ..
    itu giliran keluar rumah, jalan2, berkunjung ke rumah orang tua..

  30. Rahmi Aziza

    July 26, 2012 at 12:10 PM

    sekarang ngajinya di rumah aja, si thifa masih 1,5thn soalnya, tp besok mau kuajak ke masjid sore2 ah, ada pngajian sama buka puasa gratis eh bareng hihihi

  31. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:10 PM

    @DewiFatma Emak2 nya pada sibuk kerja ya Wi..

  32. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:11 PM

    @Yunda Hamasah Ya gitu deh Mba Keke..
    Sama kangen juga nih, karena sesuatu yang tidak bisa di tinggalkan hhe..
    semoga ya..

  33. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:13 PM

    @Niar Ci Luk Baa Sama Niar..
    dulu juga waktu seumuran Niar ga pernah tadarusan bareng2..
    Berhubung sudah Emak2 jadi cuek aja, salah juga paling di ketawain..
    *urat malunya dah abis hahaa..

  34. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:13 PM

    @Meti Mediya Bener Met, insyaf heula jadi BAnci kontes nya.. hiih..

  35. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:15 PM

    @bangaswi Waah rajin ya si Abang..
    Idih..maunya sama Emak2 tuh….
    Gaya banget, sok sibuuk si Abang..

  36. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 12:16 PM

    @Rahmi Aziza hehehe,,dulu aku bawa Olive waktu umur segituan juga MAk..

    Waah dateng ke pengajian karena ada buka bersama Gratis ya MAk..huehhe..

  37. cii yuniaty

    July 26, 2012 at 12:22 PM

    waah keren teh,……tadarus dapet,ngeblog’na juga jln teruuuus…hihihi 😀

  38. nicamperenique

    July 26, 2012 at 12:50 PM

    blom pernah ikutan pengajian sampai hari ini
    rasanya masih gimana gitu
    selain malu juga karena merasa blom pinter ngajinya 😀

    ibu2 sekitar sih ngajakin, cuma yaaa masih blom ringan nih langkahku ikutan kegiatan emak2 yg satu ini 🙁

  39. julie

    July 26, 2012 at 1:36 PM

    ooh pande juga si nchie tadarusan *dipentung*
    aku juga sebenarnya pengen dek ikutan sama emak2 di mesjid tapi ntah napa pulak orang itu sukanya hari kamis pagi awak pan kerja

    jadi inget jaman dulu ngajarin emak2 tadarusan sekarang giliran ngajarin anak ngaji ternyata aku dah setua ini oiii

  40. LJ

    July 26, 2012 at 1:53 PM

    eMak belum pernah ikut tadarusan.. biasanya di liqo puskesmas memang bergiliran baca satu orang jatah satu ‘ain.. tapi akhir2 ini liqonya mandeg, xixi.. biasalah.. smoga nanti jalan lagi.

  41. Allisa Yustica Krones

    July 26, 2012 at 2:41 PM

    Mantap, teh, lanjutkan! 😀

  42. idahceris

    July 26, 2012 at 5:05 PM

    hihihi, suara teh Nchie imut2 ya?
    Kaayk suara suneo pastinya. 😀

    Tiap hari idah tadarusan koq, Teh. 🙂
    Kalau belum terbiasa memang satu ‘ain berasa 1 juz tapi kalau sudah dibiasakan bisa2 1 juz mau dibaca semua. 🙂

    Semoga tadarusannya tetap istiqomah ya, Teh. 🙂

  43. prih

    July 26, 2012 at 8:14 PM

    Semangat Nchie menyemangati sesama

  44. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:16 PM

    @cii yuniaty Eh sudah panggilan jiwa cii,,

  45. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:18 PM

    @nicamperenique memang butuh waktu untuk bisa melangkahkan kaki ke sana ya..
    Sama lah..
    Semoga suatu saat nanti bisa ikutan gabung ya..

  46. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:19 PM

    @julieHahaa..hahaa..*ngakak abis* sambil bawa pentungan..
    Maksut loh Kak??

    Hhiih..ho oh ya kita dah tua, dah mulai pra lansia bo..

  47. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:21 PM

    @LJ Hehhe..
    Semoga Berjalan lagi ya Mak..!!
    Emang suka begitu Mak di tempatku juga, ada kalanya pada males..

  48. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:22 PM

    @Allisa Yustica Krones Duh kaya iklan Partai aja Lis..
    Lanjutkan..!!

  49. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:23 PM

    @idahceris Yah kok di bandingin sama Suneo siih..
    Lebih imut suaruku Idaah..!!

    Alhamdulillah donk, bener banget semuanya karena kebiasaan saja..!!

    Amin,

  50. Nchie Hanie

    July 26, 2012 at 10:23 PM

    @prih Kan harus saling menularkan virus semangat Mbaa..!!

  51. imelda

    August 1, 2012 at 5:41 AM

    like tihs!

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.