Sisa Rasa di Bulan Ramadhan

PIN

Sisa Rasa di Bulan Ramadhan. Bulan suci Ramadan merupakan bulan istimewa dan berlimpah berkah bagi seluruh umat muslim yang menjalaninya. Maka dari itu sebaiknya momen Ramadhan diisi dengan kegiatan positif, seperti beribadah, menanam pahala biarkan menjadi rahasia diri denganNya dan melakukan kebaikan yang dapat memberikan manfaat untuk orang banyak.

Memasuki sepuluh hari terakhir ini, mengejar malam-malam yang penuh berkah, semoga saja tidak melewatkannya begitu saja. Selain penuh akan pesan dan makna, Ramadhan memang memiliki kesan yang membuatnya berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Seperti halnya tradisi unik yang hanya dapat ditemukan hanya di bulan Ramadan, seehingga wajar saja kalau kedatangan bulan puasa sangat ditunggu.

Beberapa kegiatan unik yang dilakukan di bulan Ramadhan seperti :

  1. Ngabuburit
    Aktivitas ini selalu seru,  ngabuburit yang  identik dengan bulan puasa, dilakukan pada sore hari, tepatnya menjelang waktu berbuka.  Ngabuburit bisa diisi dengan beragam hal bermanfaat yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan, seperti, berburu takjil, menyiapkan menu hidangan berbuka puasa, membaca Al-Quran dll
  2. Membangunkan Saat Sahur
    Tradisi membangunkan sahur biasanya ramai-ramai, kegiatan ini dilakukan pada dini hari, sekitar jam 2-4 pagi untuk membangunkan orang untuk sahur dengan cara berteriak “sahur…sahur”  sambil memukul beduk dan berjalan atau naik motor keliling kampung atau komplek. Meski kadang membuat berisik, tapi hal ini bakalan dirindukan kehadirannya.
  3. Berbagi takjil 
    Pilihan takjil yang dibagikan sangat beragam, berbagi menu buka puasa seperti takjil atau makanan ringan. Biasanya  botol air mineral, beberapa buah kurma,  jajanan pasar, roti  atau dessert yang manis. Atau pun, berbagi di mesjid/mushola bagi mereka yang datang bisa berupa makanan ringan atau berat. .
  4. Shalat Tarawih
    Salat Tarawih adalah salat sunah  di bulan ramadhan, umumnya dilakukan berjamaah di mesjid. Namun, boleh dikerjakan sendirian juga di rumah megingat jaman sekarang di rumah akan lebih aman.
  5. Buka Puasa Bersama
    Menanti berbuka puasa, waktunya pas maghrib hal yang sangat dinantikan. Tradisi buka puasa bersama hanya ada di bulan suci ini. Berbuka puasa bersama keluarga dan sesekali pun berssama teman, sahabat atau kerabat lainnya agar lebih terasa sensasinya dan  dijadikan ajang mempererat silaturahmi dengan mereka.

Berbicara tentang berbuka puasa, sudah berapa kali berbuka puasa di luar rumah, tentunya dengan memperhatikan  tips berbuka puasa di luar saat ramadhan akan mempermudah kita menjalaninya. Bersama keluarga , teman, teman sekolah, sahabat, teman kerja rasanya komplit. Semuanya memberikan kenangan tersendiri. Paling berkesan adalah saat berbuka puasa bareng teman masanya sekolah. So happy!

Buka Puasa Bersama Bestie Putih Biru

Mengapa menyisakan rasa? Ga terbayang aja pertemanan yang telah dibina bahkan hampir saja 30 tahun lebih ini jamannya sekolah menengah pertama tahun 1989 – 1992 dalam Forum Silaturahmi 17 ’92 (Fosil) mengadakan bukber satu angkatan. Meski yang datang hanya beberapa perwakilan  dari setiap kelas, rasanya sudah alhamdulillah banget bisa berkumpul melepas kangen di suasana Ramadhan sambil berbuka puasa di tempatnya teman yang mempunyai kedai makan.

Teman jamannya putih biru yang tersisa di Bandung

 

Diapit sama sahabat putih biru yang paling kalem dan jahil, teman satu kelas selama 3 tahun dan teman SMA juga, ahh beneran udah rasa sodara sama mereka tuh

Jamannya sekolah putih biru mainnya sama mereka saja, temen satu kelas. Ga punya kenangan banyak. Sosok yang pendiem, senyum2 aja seringnya dijahilin atau diisengin sama yang pojok kanan tuh si anak baik (baca nackal).
Menjadi anak kesayangan guru matematika, yang dijodoh2in sama anaknya, sekelas pulak. Tedaaaak!

Bulan Ramadhan menjadi ajang silaturahmi, berkumpul. Meski pas ketemu teman satu angkatan lintas kelas lupa wajah atau nama. Maklum, beneran 30 tahun lalu jelas berbeda bentuk dan raut wajahnya. Alhamdulillah masih punya tahi lalat yang masih bisa dikenali. Jangan tanya aku? Banyaknya lupa.

Makasih Fosil 92, iftarnya! Kali ini berkesan, soalnya udah banyak yang pada linglung, ga tahu nama, ga kenal padahal sekelas, duhh. Jangan2 pas reuni lagi, nanya “Saha Maneh?” Bersyukur lagi, 1989-2022 bareng mereka, diberikan kesehatan dan bisa ketemuan di Iftar kali ini. Makasih bestie putih biru

Eh, tambah seru dengan hadirnya  dua sahabat yang ikutan mejenk di bukber SMP, hahaa sekalian lewat dan kangen-kangen ala kami yang selalu heboh setiap bertemu

Berhubung teman  SMPN 17 Bandung  menjadi teman SMAN 24 Bandung ( dulunya SMAN 1 Ujungberung) juga, ya namanya daerah Bandung Timur SMP dan SMA favoritnya ya itu aja. Jadi, temannya pun hampir sebagian besar sama. Dan terjadilah keesokan harinya iftar dadakan karena mumpung sekalian ada teman yang dari luar kota hadir, dan meminta untuk berkumpul dan berbuka puasa barengan keesokan harinya.

Buka Puasa Bersama Bestie Putih Abu-Abu

Berpuasa di tengah masa endemi bukan berarti  ga bisa melakukan berbagai kegiatan bukber seru. Duh, memang  yang serba dadakan tuh seru, memanggil sahabat-sahabat terdekat akhirnya berkumpul meski hujan deras menjelang berbuka puasa tak menghalangi untuk bersilaturahmi, meski sekedar haha hihi menertawakan sesuatu yang kadang ga masuk akal. Menikmati santapan lezat di salah satu Mall di daerah Bandung Timur, sambil mengharapkan sahabat lainnya yang datang.

Mengapa ku memanggil sahabat? Karena mengenal mereka hampir lebih 30 tahun lebih, sudah tahu karakter kepribadiannya, baik buruknya yang sudah saling menerima satu sama lain. Rasanya terharu buka bersama kali ini, menyisakan rasa yang tak biasa. Mungkin cuaca saat itu yang diguyur hujan, meluangkan waktu hanya demi quality time bareng mereka yang jarang bertemu karena dari luar kota.

Mengingat kapan lagi bertemu, kalau ga momen spesial di bulan Ramadhan ini, mereka dengan kesibukannya masing-masing, masih bisa menyempatkan untuk menikmati sejenak kebersamaan.

Sahabat dan alumni hati kesayangan

Kali ini begitu sendu, rasa nano-nano antara bahagia, sedih dan terharu dengan persahabatan kami. Terlebih ketika menghadiri Iftar dadakan bertemu dengan “Alumni hati ” yang entahlah ko baru kali ini merasaan deg-degan lagi, halagh mulai kumat bapernya!! Kaget aja,  ga menyangka bakalan hadir di tengah-tengah kami. Begitu pun ketika dateng, seperti biasa menteman  pada menggoda, mempersilahkan hingga beliau pun duduk tepat dihadapanku.

Jangan tanya perasaan saat itu. Dalam diam  sibuk menata hati, mengatur  nafas dan detak jantung yang mendadak lebih kencang beberapa kali lipat. Cuma bisa senyum-senyum malu di balik masker, mendadak jadi kalem. Pliss, ini bukan rasa punyaku! Melihatnya yang kaku, kagok kenapa jadi ikutan salah tingkah. Menyadari, biasanya juga ga pernah gini atulah, hei..hei..kamu yaa!!

Dengannya, persahabatan yang tak berujung  dari jamannya belia sampe usia vintage sekarang ini, biarkanlah  rasa yang pernah ada terpendam dan hilang seiring dengan  waktu yang telah mendewasakan diri. Menjaga hati dan perasaan lebih tepatnya. Hanya melangitkan doa semoga persahabatan kami selalu dalam kebaikan .

 

Mendingan nyeruput kopi item yang dipesan buat mendamaikan diri ini. Rasanya memang ga butuh gula, coz ada yang manis dihadapanku!  Mulai dah pikiran ini ngajak reunian  yaa!!

Meski jarak ada di antara kita, gak pernah merasa jauh. Karena persahabatan engga diukur dengan jarak, melainkan hati. Karena persahabatan yang didasari oleh keikhlasan hati dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan.

Kek kita 30 tahun lebih bukan waktu yang sedikit kan? Thank you Iftar dadakannya, bestie abu2 !
1992-2022 bersyukur masih diberi kesempatan buat silaturahmi dalam keadaan sehat. Ter🖤

Selang 3 hari pun, Iftar KEMAYU (KEMANA MANA HAYU) masih sama dengan mentemen putih buabu.
Bukber yuk! (hayu), Ngopi yuk! (hayu), Makan-makan, yuk! (hayu), Gerecep banget, yang penting ngumpul! Makanya dinamakan grup Kemayu, kemana-mana hayu.


Sahabat Putih Abu-Abu yang 4L

Meluangkan waktu untuk bersama mentemen lintas kelas jamannya putih abu-abu, selagi masih sehat meski 4L dengan obrolan unfaedah, saling menertawakan diri, ngebully apapun itu yang penting ketawa, kadang negatawain yang ketawa pula. Bahagia banget ketemu mentemen dan menggila bareng di Iftar yang seru dengan makanan yang enak dan tempat yang nyaman.

“Orang asing mengira aku pendiam, temanku mengira aku asyik, sahabatku mengetahui bahwa aku gila.”

Bersama mereka kadang kegilaan terjadi, petjah,entahlah! Makanya ku menyebutnya sahabat, karena penuh dengan kegilaan yang bikin ngakak berjamaah di setiap waktu, yang  terkadang ga mengerti apa yang menjadi bahan tertawa.

Ramadhan tahun ini menyisakan rasa yang terdalam, di tengah longgarnya suasana dan boleh berkumpul meski dengan mematuhi prokes, tak mengurangi kebersamaan. Alhamdulillah, niat berbuka puasa bareng keluarga, sahabat-sahabat terdekat dan rekan-rekan kerja pun terlaksana. Tinggal  sisa rasa kali ini yang teringgal di Ramadhan tahun ini.   Bakalan merindukan kegiatan-kegiatan dan tradisi unik saat Ramadhan. Semoga diberi umur panjang, bisa berjumpa lagi di Ramadhan tahun depan.

Terima kasih mentemen yang selalu di hati, makasih Ya Rabb atas kesehatan yang diberikan sampai detik ini, hingga aku masih bisa bersilaturahmi bareng sahabat yang jauh di mata namun dekat di whatsapp ehh hati!  Spesial buat Alumni hati yang telah  dateng untuk bukber mewarnai Ramadhan tahun ini. Thank you semesta yang selalu mendukung!

Hai kesayangan, cuma mau bilang, sampai jumpa lagi bestie buabu!

 

Comments (23)

  1. Andiyani Achmad

    April 25, 2022 at 10:30 AM

    Ramadan tahun ini, meski sudah diperbolehkan buka bersama tapi aku baru melakukan buka bersama di luar rumah hanya sekali itupun sama keluarga teh 🙂

  2. Dian Restu Agustina

    April 25, 2022 at 2:30 PM

    Wah senangnya bisa iftar dadakan sama bestie alumni putih biru dan putih abu-abu..silaturahmi bikin panjang umur dan murah rezeki. Semoga sehat semua sehingga Ramadan depan bisa ngumpul lagi. Aamiin
    Kita berarti beda setahun., Teh Nchie. Akutuuh putih birunya lulus 1991

  3. nurulrahma

    April 25, 2022 at 3:48 PM

    Teh Nchie ya ampuuunn, aku tu suka takjuub dgn sosok yg masih menjaga silaturahim (keep in touch) dgn temen2 jaman SMA, bahkan sohib SMP juga ya Teh.
    Keren bangett ini mah.
    Secaraa, aku nyaris ga pernah ikutan meet up ama para alumnus gt.
    bingung ntar mau ngobrol tema apaan yak, wkwkw

  4. Nurul Sufitri

    April 25, 2022 at 8:46 PM

    Aku ikutan happy deh baca cerita teh Nchie bukber bareng teman putih biru dan putih abu-abu. Ada dadakan pula tapi justru kalau direncanakan terlalu lama suka bubar jalan hihihi. Ke mana2 hayu, makanya jadi kemayu ya lucu juga namanya. Fleksibel kayaknya teman2 teteh ni ngapain aja mau wkwkwkwkwk 🙂

  5. Suciarti Wahyuningtyas

    April 26, 2022 at 5:00 AM

    Kegiatan ngabuburit dan buka puasa bersama ini yang selalu dikangenin setiap bulan ramadgan. Apalagi kalau ketemu sama teman-teman zaman sekolah, jadi berasa nostalgia banget ya teh. Aku nih semenjak pandemi belum ikutan bukber lagi. Padahal minggu lalu sempat ada rencana bukber teman-teman masa sekolah, tapi ku berhalangan hadir.

  6. Nanik Nara

    April 26, 2022 at 12:37 PM

    Senengnya bisa buka puasa bareng teman-teman SMP, lebih dari 10 bisa kumpul, udah termasuk banyak itu mbak. Saya aja kalau pas mudik, mau ketemuan sama teman-teman SMP juga susah banget, setiap kali bisa kumpul nggak pernah nyampe 10 orang

  7. Dennise Sihombing

    April 27, 2022 at 1:47 PM

    Bukber dan ngabuburit adalah kegiatan yang menyenangkan saat puasa. Aku sudah 4x bukber dengan teman- teman. Wow…gak tahan teh enak-enak banget. Diet bisa gagal terutama kalo ada kolak pisang 🍌

  8. Eri Udiyawati

    April 27, 2022 at 3:02 PM

    Ramadan tahun ini lebih meriah dan penuh kebahagiaan dibandingkan dua tahun lalu. Alhamdulillah juga, saya bisa bukber lagi, meskipun hanya sekali bareng temen-temen suami.

    Sama temen-temen SMK yang biasanya dulu tidak pernah absen, tahun ini mungkin kami sedang sibuk masing-masing. Ada yang baru merintis usaha, ada yang baru punya anak, dan ada yang masih di perantauan, jadi skip bukber dulu.

  9. Rach Alida

    April 27, 2022 at 4:28 PM

    Bakalan kangen dengan kegiatan ramadhan penuh berkah dan berbagi kepada yang membutuhkan ya mba 🙂

  10. Efi Fitriyyah

    April 27, 2022 at 4:53 PM

    Bisa dibilang aku nyaris loss contact sama temen-temen smp. Ada yang contact terakhir kali ya pas beli produk jualanku hahaha. Cieee yang speechless ketemu dear mantan :D.
    Aku melihatnya Nchie bukan seorang pendiem. Tapi kadang jutek kadang gila hihihi

  11. Eni Martini

    April 27, 2022 at 6:06 PM

    Sesuatu banget ya mak bisa buka bersama sahabat teman jaman bahela, berasa kayak diputar ke moment yang indah dulu. Aku pun senang menikmati moment sepetri ini, bakal jadi kerinduan di Ramadan mendatang

  12. Lidya

    April 27, 2022 at 6:43 PM

    Sisa rasa di bulan Ramadan, tapi akan terus teringat momen indah ini ya teh. Banyak yang unik di bulan Ramadan, tiap tahunnya akan selalu dikenang. Banyak bukber ya sekaliam jalin silaturahmi

  13. Rina Susanti

    April 27, 2022 at 7:18 PM

    Alhamdulillah ramadan tahun ini udah bisa tenang tarawih di mesjid dan bisa bukber sama teman-teman ya semoga kondisi ini makin baik

  14. lendyagassi

    April 27, 2022 at 7:26 PM

    Teteeh…seru sekali buka puasa bersama sahabat putih abu-abu.
    Tapi gak pake janjian terus gak datang yaa.. Kereeenn~
    Kalo di grup SMAku masih ada tuh janjian, polling tanggal, tus ujung-ujungnya gak jadi. Hahaha…sangat gaje sekali.

    Selamat menikmati persahabatan yang hangat, teteh..
    Meski di Bandung yang dingin.

  15. echa imut

    April 27, 2022 at 8:03 PM

    undangan ngabuburit bukbernya banyak ya buuuu
    seru banget dibanding aku yang jarang ketemu temen
    kalau mau bukber berasa banget susahnya anak-anak kecil soale pasti ribet. kemarin nyobain seh bukber di luar berujung gendong2 karena ngantuuuk anak-anak

  16. Hidayah Sulistyowati

    April 27, 2022 at 8:18 PM

    Seruuu ya kalo iftar tuh, jadi ngobrolnya suka lupa waktu. Yang penting mah udah sempetin shalat Maghrib juga meski ntar tarwihnya di rumah dulu. aku selama ramadan tahun ini malah belum sempat buka bersama teman-teman. Rencana baru Kamis besok bareng teman putih biru, Teh

    Aihhh itu yang ada di balik secangkir kopi bikin kepo deh, yang bikin ngopi item terasa manisnya, hahahaa

  17. Ria Rochma

    April 27, 2022 at 8:20 PM

    Membangunkan saat sahur tuh, salah satu kegiatan remaja di lingkunganku yang aku kangenin, lho Teh. Karena udah ngga ada lagi, sahur ya sepi-sepi ajah, ngga kaya dulu

  18. Nyi Penengah Dewanti

    April 27, 2022 at 10:31 PM

    Teh Nchie bikin kangen ngumpul, aku belum pernah ngumpul bareng selama ramadan buat bukber gitu
    hepinya masyaAllah ya kalau bisa ngumpul begitu.

  19. Andy Hardiyanti

    April 27, 2022 at 10:35 PM

    Bulan Ramadan tuh emang bener-bener spesial ya. Mulai dari keberkahannya, vibes ibadahnya, pun silaturahminya. Semoga kita senantiasa dipertemukan pada bulan Ramadan di tahun-tahun berikutnya dalam keadaan sehat walafiat. Aamiiin

  20. gusti yeni

    April 27, 2022 at 10:56 PM

    Alhamdulillah seneng lihat Ramadhan tahun ini seperti sebelum pandemi cuma bedanya skrg pada pakai masker.

    Senang mulai rame ketika mo buka puasa, nansa mudik jg dah kerass rame padet pas rest area

  21. Latifika

    April 29, 2022 at 6:37 PM

    Aduh meni rame pisan Teh. Pengeeeen…. Tapi karena aku merantau jadinya meet up nya gak pas bukber, tapi pas mudik nanti. Semoga ketemu jadi nanti.

    (Teteh paling awet muda banget sih :))

  22. Tian lustiana

    May 1, 2022 at 9:06 AM

    Alhamdulillah Ramadan sekarang lebih bisa berkumpul bareng temen – temen ya teh, jadi rame ih seneng

  23. ima satrianto

    June 6, 2022 at 7:37 AM

    Seruu bangeeet teh, jadi seneng yaaa masih kompak persahabatannya. Semoga berkah silaturahminya, yg memperpanjang usia ya teh.. Jadi kangen momen2 Ramadan ya.

Leave a Reply to Eri Udiyawati

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.