Sunday Morning Ride (Sunmori), Check!!

PIN Sunmori | Sunday Morning Ride | Emak2 Biker | Emak2 Blogger | Tips Sunmori | nchie hanie

Sunday Morning Ride (Sunmori), Check!! Menjelang weekend tiba ajakan untuk Sunmori rasanya menyenangkan. Hal yang paling ditunggu kalo lagi liburan selain camping dan hiking. Waktu pernah muda menjadi anak motor yang tergabung dalam suatu komunitas lalu selingkuh komunitas karena ganti brand motor. Namun apapun jenis motornya yang terpenting kebersamaannya berasa banget, apalagi kalau pas melakukan turing atau sunmori. Ga usah diragukan lagi keberadaan mereka yang saling bahu membahu.

Sunmori menjadi salah satu kegiatan yang populer sekarang ini, Pernah mendengar istilah sunmori? Atau pernah mengikuti kegiatan ini bersama orang terdekat atau komunitas. Bagi kebanyakan orang, sunmori adalah waktu bersantai dan menikmati pagi di jalan. Bukan hanya di kalangan anak muda saja, orangtua yang berjiwa muda pun ikut dalam kegiatan ini. Nah, kek yang mpunya blog ini.

Bareng temen2 blogger Bandung ke Lembang

Apa itu Sunmori?

Lalu apa sih sebenarnya arti sunmori itu sendiri? Sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Ride. Dengan kata lain, sunmori adalah kegiatan mengendarai sepeda motor di hari Minggu pagi, baik itu sendirian ataupun berbarengan sama teman yang lain. Meski identik dengan pengendara motor, sunmori sebenarnya engga membatasi pesertanya dan dilakukan ke tempat yang kita sukai. Kalu aku biasanya mencari tempat yang adem, sarapan yang nikmat, biasa ke daerah Bandung utara atau Bandung Selatan seputaran Ciwidey atau Pangalengan.

Ada komunitas motor, sepeda, bahkan komunitas mobil, semua bisa melakukan aktivitas ini di pagi hari. Selama melakukan kegiatan di Minggu pagi, disebut dengan sunmori. Kalo pasca pandemi sunmori banyak didominasi sama sepeda dan aku tetep memilih menggudakan sepeda motor, baik jalan sama anak atau teman terekat yang mempunyai hobi yang sama.

Nah, selain mengetahui arti sunmori, perlu tahu nih apa saja manfaat dari sunmori hingga kegiatan apa saja yang bisa dilakukan, hal-hal apa yang perlu dipersiapkan . Selain itu ada pula tips-tips yang bisa  dilakukan untuk melakukan kegiatan sunmori yang aman.

Sunmori bareng Kemayu (kemana-mana hayu)  mentemen putih abu2 ke Manglayang. Pernah ke Ciwidey, Lembang, yaa cuma sekedar ngakak berjamaah sambil cari makan  udah bukin happy

Manfaat Sunmori

Kegiatan sunmori ini  bukan sembarang momotoran saja, buatku banyak banget hal-hal yang positif. Apalagi dilakukan dipagi hari mulai start biasanya dari jam 5 -10 pagi kalau jarak dekat. sedangkan kalau jarak agak jauhan bisa sampai jam 12 siang. Ya, ada banyak sekali manfaat sunmori yang baik untuk tubuh serta menambah pengalaman dan wawasan, diantaranya:

  • Baik untuk kesehatan pernafasan, karena dilakukan di pagi hari.
  • Membuat tubuh lebih segar dan sehat
  • Bermotor di pagi hari bisa membuat fresh meningkatkan  fungsi otak dan kognitif manusia
  • Melatih konsentrasi dalam berkendara
  • Menurunkan hormon stress dalam tubuh
  • Memberikan rasa semangat dalam hidup dan sebuah motivasi di pagi hari
  • Memberikan kebahagiaan tersendiri
  • Memiliki jiwa sosial, solidaritas dan  rasa akrab yang tinggi bersama dengan mentemen komunitas

Paling seneng kalo ke alam Sunmorinya, sekalian ngadem

Bareng Si Bening Merah, my partner

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum Sunmori

Sudah terbiasa ketika ada kegiatan sunmori, meski terkadang dadakan atau minimal planing 2-3 hari sebelumnya. Menurut pengalamanku ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, apalagi buat pemula yang akan melakukan sunmori, hal ini bisa dipersiapkan sebelumnya :

  •  Memilih destinasi dan menentukan jarak, sehingga pemotor  bisa memperkirakan kebutuhan mulai dari bahan bakar dan bekal apa saja yang akan dibawa.
  • Mempersiapkan fisik, hal ini penting banget, memastikan pada malam harinya tidur yang cukup dan sarapan sebelum melakukan perjalanan. Kalau badan lagi fit, dalam perjalan pun happy.
  • Mempersiapkan sepeda motor yang akan dipakai, pastikan dalam keadaan baik dan layak dipakai. Jangan sampai ketika dijalanan mogok.
  • Mempersiapkan safety kit, seperti menggunakan helm yang sudah SNI, menggunakan jaket kulit (aku), celana riding/jeans, sarung tangan dan sepatu. Selain itu juga bisa memakai kaca mata hitam biar tambah gaya ehh biar ga sialu dengan cahaya matahari.

Sunmori ngetrail  ke hutan

Sunmori | Sunday Morning Ride | Emak2 Biker | Emak2 Blogger | Tips Sunmori | nchie hanie

Kepagian di tikum, menanti yang lainnya di Jalan Dago Atas

Kegiatan Sunmori

Karena arti sunmori adalah kegiatan santai mengendarai sepeda motor di hari Minggu pagi, jadi banyak hal yang bisa dilakukan. Sehingga ini menjadi sebuah kegiatan positif yang saat ini masih sering dilakukan.

Biasanya dalam kegiatan sunmori kalau bareng komunitas atau pecinta motor yaberdiskusi soal motor, saling bertukar pikiran, ajang jual beli aksesoris motor, dan konvoi santai. Atau sekedar menjaga tali silaturahmi hingga menjalin hubungan baik dengan mentemen komunitas.

Bahkan kegiatan sunmori, cuma sekedar jalan-jalan santai cari sarapan  dengan suasana yang berbeda akan menambah semangat makan dan cuci mata  serta refreshing dari rutinitas harian.

Sunmori sambil hiking ke Gunung Manglayang

Sunmori acara Blogger bareng Google Vs Gojek, seruu banget!

Sunmori | Sunday Morning Ride | Emak2 Biker | Emak2 Blogger | Tips Sunmori | nchie hanie

Muka bantal, sunmori konvoi pagi buta sudah di tikum,  mau Reuni Akbar SMAN 24 bandung di IPDN Jatinangor. Ini paling seru, jalanan penuh sama ratusan motor yang mau reuni dan berkumpul sesuai dengan angkatan dijalanan.

Tips Sunmori

Saat kita melakukan  sunmori  ada hal-hal yang sebaiknya kita patuhi, karena bukan menjadi ajang untuk melakukan balapan liar apalagi ugal-ugalan dijalanan. Tips ini tentu saja untuk membuat kita semua tetap aman dan tidak merugikan orang lain saat dijalan. Dalam sunmori tentu ada berbagai tips yang harus dan wajib dipatuhi, diantaranya:

  • Mentaati peraturan rambu lalu lintas yang berlaku dan tidak mengganggu pengendara yang lain
  • Saling menghormati sesama pengguna jalan raya
  • Mengenakan helm SNI untuk melindungi  dari bahaya juga menjadi salah satu peraturan dalam berkendara.
  • Menggunakan jaket atau baju lengan panjang
  • Memakai celana yang panjang untuk melindungi dan membuat  tetap merasa hangat di udara pagi hari
  • Sebaiknya menggunakan sepatu
  • Memakai perlengkapan  saat bermotor seperti masker, buff  dan sarung tangan (biar ga belang)
  • Jangan lupa membawa surat-surat kendaraan, seperti SIM dan STNK

Nah, lebih aman pake sepatu boots dan anget

Ya begitulah, pengalamanku sebagai emak-emak yang suka naik motor, kegiatan sunmori ini menjadi hal yang menyenangkan dan merupakan salah  satu stress release juga. Kalu sudah penat,  sunmori sendirian tanpa arah dan tujuan lalu makan, ngopi semaunya dijalan adalah me time banget.

Selain sunmori istilah gaul anak jaman now, ada juga istilah lainnya yang  seing digunakan sama anak-anak motor, seperti Sutmori (Saturday Morning) sama seperti arti sunmori namun dilakukan pada Saturday atau hari Sabtu pagi. Kopdar (Kopi Darat) sebagai kegiatan kumpul sesama anggota, klub, atau forum otomotif. Ada juga, Rolling yaitu kegiatan jelajah ke sebuah daerah yang jaraknya jauh. Sowan adalah ungkapan anak motor yang berkunjung ke tempat tinggal teman sesama komunitas. Tourgab (Touring Gabungan) yang dilakukan oleh beberapa komunitas motor secara bersamaan. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, mau sunmori kemana lagi kita, Sibening Item?

Gimana ada yang sudah merasakan sunmori atau berminat, kuy ceritain donk kmana aja, barangkali buat destinasi sunmori selanjutnya nih!

Comments (46)

  1. Rahasia Cantik Emak-Emak Bikers | NCHIEHANIE.COM

    March 14, 2022 at 2:33 AM

    […] masih punya anggapan yang naik motor ga bisa fashionable. Sini bareng aku ngobrol cantik sambil sunmori atau turing, tak tunggu di prapatan atau pengkolan […]

  2. Bibi Titi Teliti

    March 14, 2022 at 10:53 AM

    Nchiiiie, kalo sunmori-nya dibonceng aja boleh gaaak
    Atau gak aci nih hahaha
    Atuhlaaah aku mah naik motor belon berani yang nanjak2,
    Waktu itu ke Cimahi dibonceng elo aja, berasa lagi ke luar kota dong, paraaaah hahaha

  3. Dennise Sihombing

    March 14, 2022 at 1:54 PM

    Sunmori kaya gini mah aku mau banget teh.Kalau di Depok yang aku tahu ya naik sepeda sama komunitas tapi hanya menyusuri jalan sepanjang Margonda Depok. Ini ke alam juga ya dengan motor, jantung tuh makin sehat ya hormon setresspun turun,asek

  4. Andiyani Achmad

    March 14, 2022 at 4:28 PM

    sejujurnya aku belum pernah melakuakn sunmori nih teh, kalo motoran ke Bandung atau kota yang dekat dengan Jakarta udah pernah. tapi pasti rasanya menyenangkan ya sunmori bareng teman-teman apalagi pasangan

  5. Era Sapamama

    March 14, 2022 at 8:12 PM

    Wuih, seru banget sunmorinya teh… Seneng lihat ijo-ijo di kebun teh. Udah sekitar 4 tahun ga main ke kebun teh.

    • Dian

      March 15, 2022 at 9:32 AM

      Wahh Sunmori itu Sunday Morning Ride
      Seru banget teh
      Ini namanya refreshing ya ..
      Lihat pemandangan yang segar segar gini

      • nchiehanie

        March 20, 2022 at 7:15 PM

        Bangeet segarnyaa

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:16 PM

      Hayuuuuu ke kebun teeh..

  6. Nanik Nara

    March 15, 2022 at 3:02 PM

    Aku kadang sunmori goncengan berdua aja sama suami, pagi-pagi habis subuh mengarah ke timur ke arah gunung Bromo. Nggak sampai Bromo sih, sampai di kaki gunungnya aja.

    Anak-anak sementara di tinggal dulu di rumah, ortunya mau pacaran hehehe….

    Eh mbak Nchie bisa mengendarai motor laki? Aku pengen bisa, tapi suami nggak mau ngajari.

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:06 PM

      Bisaa Mak!
      Waahh, asiknyaa kaaan..
      Seruu meski ke kaki bromonya MaaK.

  7. Dian Restu Agustina

    March 16, 2022 at 7:40 AM

    Dulu jaman masih kuliah ikutan begini tapi belum ada istilah sunmori deh hihihi..paling motoran kemana gitu Minggu pagi rame-rame dari Denpasar(aku kuliah di Bali). Suka gantian karena aku juga lumayan ahli naik motornya #sombong
    Terus setelahnya karena suami bukan ank motor jadi ga lagi motoran jauh-jauh apalagi sunmori-an…duh kangen nain motor rame-rame jadinya

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:08 PM

      Iyaa jaman dulu namanya momotoran daah..

  8. Okti Li

    March 16, 2022 at 9:14 AM

    Jiaaah… Ngakak jadinya ada saingan buat keluarga Bringka nih (bring kaditu bring kadieu)
    Kapan kapan mau jalan sama team kemayu (kemana-mana hayu) juga dong…
    Nanti udah pandemi beneran dihapus dari dunia ini ya …

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:10 PM

      Hahahaa, teteeh Bringka…
      Cuss ahhh!1

  9. Jiah Al Jafara

    March 16, 2022 at 12:02 PM

    Udah lama banget gak ikut Sunmori. Dulu itu ada kegiatan jalan bareng-bareng buat ke alam, hutan, air terjun. Masih di Jepara juga sih

    Btw, bener banget yang Teh Nchi bilang. Jalan pakai motor kudu banyak persiapan. Tips-tipsnya emang wajib dilakukan biar tetap aman

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:13 PM

      Iyeesm biar safety Jiaah, Ayoo explore jepara, next yaaa..

  10. Kartika Nugmalia

    March 16, 2022 at 7:48 PM

    Sunmorinya bikin envy nih. Pasti seger banget bisa motoran pagi pagi, kebayang gimana bersihnya udara ya. Apalagi kalau destinasinya lewat persawahan atau kebun kebun teh yang hijau membentang gitu. Auto ketagihaan

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:05 PM

      Bangeeet nagihnya, maak!!Fressh..

  11. Siti Hairul

    March 16, 2022 at 8:29 PM

    Aku bonceng aja bisa ga nih teh hahaha. Menikmati suasana Bandung dibonceng teh Nci kayaknya seru. Duuh kapan main ke Bandung lagi ya huhuhu

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:04 PM

      Boleh banget atulaah..
      Hayuu, kabarin mak kalo ke Bandung..
      Moga pas waktunya, ga kek kemaren dadakan yaa…

  12. Nia Haryanto

    March 16, 2022 at 8:37 PM

    Ah seru banget bisa sunmori. Aku dulu ampir tiap minggu begitu. Tapi sejak punya bocil lagi, susaaaah buat sunmori. 😆

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:04 PM

      Ajak bocilnyaaa..

  13. Ria Rochma

    March 16, 2022 at 9:27 PM

    Jadi keinget jaman kuliah tuh sering banget jalan pagi pakai motor gini keliling2 kota sampai ke desa2. Baru ngeh kalau namanya sunmori

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:04 PM

      istilah anak2 sekarng gitu Maak,

  14. Wiwied Widya

    March 16, 2022 at 9:40 PM

    Serunyaaaa.. Dulu aku sunmori pas masih awal2 kerja, teh. Banyak temennya pas itu. Sekarang sih udah pada mencar2. Udah sibuk sendiri2. Aku mau jalans endiri, males, nggak ada yang bis digoncengin. hehehehe

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:03 PM

      Hahaaa, enaknya sendiri kalo jalan naik motor..
      Boncengan tuh beban, bawa nyawa orang..

  15. Milda Ini

    March 16, 2022 at 9:55 PM

    Seru sekali mak, nah aku mungkin karna faktor usia ya. Udah gak kuat motoran lama. Kalo sama anak aja suka gantian Bonceng.

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:03 PM

      Hihiiii, usia boleh nambah maak, jiwa nya tetep semangat kuy..

  16. Gusti yeni

    March 16, 2022 at 10:13 PM

    Waah seru banget maak kalau aku motoran seringg apalagi dulu sebelum nikah.
    Semenjak menikah hobby lama motoran memudar eeeh anak2 dah mulai besar koo.jadi kangen ya apalagi baca postingan ini.

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:02 PM

      Hayuu mulai lagiii…

  17. Sri Widiyastuti

    March 16, 2022 at 10:13 PM

    seneng ya kalau bisa naik motor, jadi bisa kemana-mana tanpa hambatan hehe karena kalau nunggu orang anterin susah juga yaa, kayak saya nih, takut naik motor hihihi juga ga pede nyetir mobil. makanya seneng banget liat kegiatan teh Nchie, keren deh.

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:02 PM

      BAngeet maak, kmana mana nyamaan ga tergantung siapa pun..

  18. Uniek Kaswarganti

    March 16, 2022 at 11:35 PM

    Teh, hayuuk sini gabung ke komunitas gocapan… gowes cari sarapan hehehee… Ada juga nih, OTW Nyasar alias OTW nyari sarapan. Intinya sarapan lah yang dikejar kalau pas sunmori gitu wkwkkk…

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:01 PM

      Aku ada di Bandung jugaa, cuma ga nyaman sekarang pake sepeda, bokong kegedeaan hahaaa

  19. Mirna Rahayu

    March 16, 2022 at 11:38 PM

    Sunmori duh enak banget ya, pengen gitu lagi deh, almarhum bosku dulu suka ngajakin, mulai dari sekedar motoran cari sarapan bubur ayam sampe ke bogor segala, ilang penat kerja seminggu itu seneng deh…

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:00 PM

      Nah bener bangeet ituu, berassa penat seminggu kerjaa ilaang

  20. echaimutenan

    March 16, 2022 at 11:41 PM

    teteh rider beraksi
    emang sunmori tetep safety ya mba
    kalau anak2 muda itu dianggepnya sunmori itu gaya2an naik motor nongkrong2 ngebut2 kalau ssafety begini dan tertib kan jadi enak juga penggunan jalan lainnya

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 7:00 PM

      MAkloom anak2 berjiwa muda masih menggebu-gebu, Chaa..

  21. Rahmah

    March 16, 2022 at 11:43 PM

    Saya mau perlancar naik motor lagi karena sudah lama enggak bisa bawa motor. Bukan karena enggak mau, suami selalu bilang andalkan ojek saja.
    Lihat sunmori jadi pengen ngegas lagi rasanya…

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 6:59 PM

      Haseek… sesuai dengan nyamannya aja Maak..

  22. lendyagassi

    March 16, 2022 at 11:46 PM

    Menantang sekali kegiatan Sunmori ini.
    Rasanya menyenangkan bersama sahabat menikmati keindahan alam yang sebelumnya penuh perjuangan untuk mencapainya.
    Bersama selalu lebih menyenangkan yaa, teh..

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 6:59 PM

      Iya begitulaaah, senyamannyaa yang penting menyenangkaan.

  23. Ria Kurniasih

    March 18, 2022 at 10:48 PM

    Pas buka blog ini langsung liat teteh yang kece dan stylish abis. Apalagi celana soek-soeknya bikin makin keren. BTW seru banget pasti ya teh Sunmori bareng temen-temen. itung-itung healing

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 6:52 PM

      HAhaaaa, hiling..hiling kalo kata anak jaman now mah yaa..

  24. Helena Helena

    March 20, 2022 at 5:08 AM

    teteh gahar pisan kalau udah di atas motor. nge-trail juga ternyata, hihi… seru yaa sunmori bareng teman komunitas gini. Jadi me-time tersendiri buat melepas penat. And yes, safety first 🙂
    jadi hari ini sunmori kemana?

    • nchiehanie

      March 20, 2022 at 6:46 PM

      Ke hatimuuuuuu, maak!!

Leave a Reply to Andiyani Achmad

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.