Tebing Keraton : Jalan – Jalan Ekstrim

PIN Tebing Keraton | Jalan-Jalan Ekstrim | Jalan-Jalan Murah |Emak2 Blogger | Tempat wisata di Bandung

Tebing Keraton  Tempat  Jalan – Jalan Ekstrim . Kenapa Ekstrim? Coz untuk menuju ke sana butuh perjuangan apalagi jika  menggunakan kendaraan roda 2 dengan mengendarai sendiri. Rasanya puas sekali, bisa menaklukan jalan bebatuan, naik turun dan berkelok berakhir dengan suguhan lukisan alam yang Indah.

Tebing Keraton  menjadi destinasi kekinian warga Bandung dan  lagi digandrungi oleh wisatawan dari luar. Tanpa sengaja dan mendadak  ada sahabat Emak Blogger Keceh mudik ke Bdg dan aku tantang ke tempat ini. Gayung bersambut dan  penasaran ingin menjajaki tempat ini. Sebagai  sing punya Bandung masa iya kalah sama orang luar yang bolak balik ke tempat kece ini. Dengan memajang poto yang kece pula, bikin radar antenaku menyala terus niy.

Baiklah, mari kita menjelajah kota Bandung bagian utara, Tebing yang berlokasi di Kampung Cihargem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Jawa Barat ini masih berada dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda. Tak jauh dari  gerbang Tahura Ir. H. Juanda, hanya perlu mengikuti jalan lurus sepanjang kurang lebih 500 meter . Banyak papan  penunjuk jalan ko, kurang lebih 8km untuk sampai ke tempat keren ini.

Dengan touring ceritanya meski cuma 2 ekor motor matic dengan 3 penumpang membuat penasaran akan view keceh. Konon katanya jalan menuju kesana engga banget, tapi demi sebuah tekad yang kuat, maju terus pantang mundur bo. Pertama nya mungkin masih bisa bersahabat dengan jalan mulus yang di tempuh, meski berkelok, masih bisa di tangani seorang ojek cantik niy.

Setelah sampai di pertigaan yang banyak warung bandrek, hati mulai menciut, alhasil motor sekuat si bening item, ga bisa bersahabat dengan jalanan terjal dengan bebatuan yang bikin ngilu, andai saja salah ambil jalan, bisa juntai. Akhirnya penumpang belakang tak serahin tukang ojek, maap ya kaka olive bukannya tak sayang lagi, tapi demi menuju ke tempat atas, mari kita offroad masing-masing.

Perjalanan yang membutuhkan nyali kuat dan penuh tantangan, akhirnya tiba juga di tempat yang di tuju. Dengan udara sore yang sejuk dan adem, begitupun cuaca yang bersahabat membuat kami berantusias menjelajah view yang cucok buat narsis eeaa

Tempat Jalan-Jalan Murah

Tempat jalan-jalan murah meriah, ya iya lah kalo emang untuk menuju ke sana dengan jalan kaki alias hiking. Kayanya seru juga kalo banyakan. Tapi tetep aja mihil kalo jatuhnya naik ojek, mereka ada tarifnya sekitar 80k dari dago pakar, tapi lebih murah jika naik ojeknya pas warung bandrek 25k. Tapi sangat wajar sih, melihat jalanan yang tidak bersahabat. Belum biaya HTM nya sekitar 11k/orang.

Sangat gampang  untuk menemukan Tebing Keraton karena sudah ada beberapa papan penanda yang dipasang warga di beberapa persimpangan jalan. Meski ga sulit untuk menemukan tebing tersebut, bukan berarti Tebing Keraton dapat dikunjungi dengan mudah. Akses menuju tebing bisa dibilang cukup rusak, diperlukan keahlian lebih untuk mengemudikan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Kenapa Tebing Keraton ?

Entahlah asal usulnya, di pinggiran tebing tertera tulisan  di sana menjelaskan asal usulnya. Seperti umumnya tebing atau gawir dalam bahasa sundanya adalah tempat yang curam. Sedangkan keraton, konon tempat yang paling istimewa, yang dimaksud di sini adalah pemandangan alam sekitar ciptaanNya. Penasaran? Silahkan baca sendiri di papan yang ada di Tebing eeaaa 😀

Yuk, Kamyu berani? Ini cucok bagi Anda yang galau , bisa melarikan diri sejenak dari kenyataan hidup dan menikmati indahnya lukisan alam ciptaanNya. Tapi ingat, jangan lari dari kenyataan hidup dengan terjun diri ya 😀

Tebing Keraton | Jalan-Jalan Ekstrim | Jalan-Jalan Murah |Emak2 Blogger | Tempat wisata di Bandung

Demi mendapatkan view yang kece, meski ada tantangan lagi, dengan menuruni tebing  dengan bebatuan yang terjal bermodalkan sehelai tambang saja, tanpa pengamanan khusus. Bekron pemandangan cantik pohon pinus, ciyuus bikin adrenalin berpacu!! Keciil ..masa gituh aja ga bisa !!

Tebing Keraton | Jalan-Jalan Ekstrim | Jalan-Jalan Murah |Emak2 Blogger | Tempat wisata di Bandung

Yess…Ciyuus Berhasil..berhasil horee!! Keceh kaan?

Finally menginjakan kaki di tempat yang lagi kekinian, tanpa melihat kebawah dan belakang yaa, hanya pokus sama kamera yang posisinya di atas. Andaikan saja disediakan pulpen buat menorehkan tandatangan di bebatuan itu. Akan kutuliskan “i love u kaka Olive” . Makasih dah selalu jadi potograper emaknya yang narsis 😀

Tebing Keraton | Jalan-Jalan Ekstrim | Jalan-Jalan Murah |Emak2 Blogger | Tempat wisata di Bandung

Asiik..akhirnya berhasil merayu buat duel narsis di tebing keraton, lagi kompak niy kaka ade 😀

Tebing Keraton | Jalan-Jalan Ekstrim | Jalan-Jalan Murah |Emak2 Blogger | Tempat wisata di Bandung

Senja di tebing Keraton, ini yang di tunggu, meski ga maksimal senjanya. Tetep keceh, selalu mempesona menyebarkan keindahannya.

Masih penasaran ingin ke Tebing Keraton? Ada beberapa tips niy :

  1. Lebih nyaman buat jalan2 menikmati sunrise dan sunset, katanya subuh2 pun pengunjung berburu ketempat ini demi mengintip matahari terbit. Dan lebih ramai sore hari berburu senja.
  2. Memakai sepatu sport atau sandal gunung yang nyaman yang anti slip.
  3. Memakai baju yang nyaman, celana jangan rok kecuali sampeyan mau prewed disini.
  4. Membawa minum dan jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya
  5. Disarankan membawa kendaraan beroda 2, itu pun bagi yang ahli menyetir. Jika ragu silahkan naik ojek aja yang tersedia di tekape.
  6. Tak lupa membawa seperangkat alat tempur buat narsis, tongsis, powerbank pull, smartphones yang kameranya ok

*jika point no 6 nihil, akan sia2 perjalanannya, nyeseknya tuh di sinii *nunjuk dengkul yg kempor

Setelah mendapatkan kepuasan tersendiri menaklukan tebing dan jalanan yang ekstrim. Saatnya off road turun menuruni jalanan bebatuan kembali. Hiks, lebih menegangkan jalanan turun dibandingkan naik. Ciyus, satu hal hanya pokus yang di butuhkan dan ketenangan hati dan melemaskan otot tangan. Hey gais ..Lets go off road, dengan pipi, bibir dan badan bergetar mengikuti irama jalanan yang berbatuan.

Note : btw ini tempat tidak cocok buat wisata keluarga yang membawa Balita ya, just anak muda dan yang berjiwa muda eeaa :v

Comments (53)

  1. eda

    August 12, 2015 at 8:16 AM

    mauuu ke sonoo…. apalagi kalo dianterin sama mamanya olive #eaa

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 9:01 AM

      hayuu…tak anterin ..
      tak potoin 🙂

  2. Goiq

    August 12, 2015 at 8:36 AM

    waktu kesana pas gerimis. jadi licin dan berkabut. akunya ngeri mo foto keluar pager itu. takut kepleset. hehehehehe

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 9:02 AM

      alesan..hoax iih goix mah begitu
      masa takot sama aer *kaboor

      tenang ga kan berenang ko ariee *kabor lagih 😀

      • Goiq

        August 12, 2015 at 9:06 AM

        jahaaaat :((( *ceritanya ngambek sambil ngemil kue lumpur*

  3. @mirasahid

    August 12, 2015 at 8:39 AM

    Emang seru banget ya ke sana. Warbiyasah banget perjuangannya. Btw, emang mak Nchie ke sana ama siapa sik? :))

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 9:03 AM

      entahlah..mendadak amnesia..

      nemu emak keceh di hutan dago pakar tuh kemaren wkwkkw

  4. Irmasenja

    August 12, 2015 at 8:58 AM

    Hmmmm….berjiwa muda dih teh tapi heuheuu berani gak yak :))))

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 9:05 AM

      aiish…berani laah…

      hmm..tapi jangan deng, ntar pengsan berat ngangkatnya neng nong niy.
      etapi..coba yuuk!!

  5. gustyanita pratiwi

    August 12, 2015 at 9:07 AM

    Menantang adrenalin nih …
    Keren mb bisa panjat2 gitu, klo aku takut kykny

  6. Tanti Amelia

    August 12, 2015 at 9:09 AM

    wuiiih.. atuuuut!

    ” mak Nchie ke sana ama siapa sik? :)) ” ! Ini pertanyaan apa pernyataan!

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 9:29 AM

      loopaa maak Neng hahaaa
      tapi, ntar tak kenalin yaaa :v

  7. HM Zwan

    August 12, 2015 at 9:13 AM

    uwaaa ngeri2 sedap ya makkkk..tapi seru juga ya hehehe

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 9:31 AM

      ngeri udahnya mak..
      asli merinding hihii
      pas disononya mah anteng, semua orang berlomba narsis di spot yang keceh

  8. momtraveler

    August 12, 2015 at 9:40 AM

    Woohh ini to tebing keraton yg tersohor itu..keren ya teh… narsisable sangat..
    Ntar kalo aku kesana pinjem tongsis yah 😉

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 12:48 PM

      wohoho…ga perlu tongsis..
      ntar aku potoin mak 😀

  9. TITIS AYUNINGSIH

    August 12, 2015 at 10:17 AM

    Kapan nih KEB gathering yak, kesini juga boleh hehehe

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 12:47 PM

      menanti ketok palu hihiii

  10. vizon

    August 12, 2015 at 10:49 AM

    Ini salah satu destinasi yang sudah masuk dalam list aku nih.. Semoga suatu saat bisa kesampaian..

    Pada libur lebaran kemarin, kami juga berkunjung ke salah satu tempat wisata yang narsisable dan tak kalah ekstrimnya. Monggo disimak di sini: http://hardivizon.com/2015/07/23/kalibiru-hutan-wisata-yang-narsisable/

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 12:46 PM

      asek..asek..kopdar di bebatuan itu ya Udaa

      waahh itu Kalibiru tempat yang aku list jugaa

  11. inna riana

    August 12, 2015 at 12:18 PM

    melarikan diri sejenak dari kenyataan. makk…. ikuutttt…

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 12:36 PM

      hahhaaa…butuh pengawasan ketat niy kalo ngajak mak riweuh kesini

  12. icha pista

    August 12, 2015 at 12:21 PM

    Udah lama banget pingin kesini teh, tapi belum kesampean..

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 12:36 PM

      hayuu ntar aku sampein

  13. Lidya

    August 12, 2015 at 3:00 PM

    hiks teu diajakan 🙂

    • nchiehanie

      August 12, 2015 at 8:30 PM

      hayuu ntar diajakan..
      titipin dolo pascal ma calvinnya ya mak :v

  14. Keke Naima

    August 12, 2015 at 10:44 PM

    nulisnya jangan di batu dooong.. di hati kakak Olive ajah. *Eaaa :p

    • nchiehanie

      August 13, 2015 at 4:54 PM

      hahahaaa…
      kalo di hati mah kagak usah di tulis chi…
      cukup disimpan dan dirasakan eeaaa

  15. Uwien Budi

    August 13, 2015 at 11:48 AM

    Sepuluh tahun di Bandung, saya belum pernah ke sana.

    Errr, poin 6 itu emang betul. Dulu waktu masih suka manjat belom punya kamera yg bagus euuy. Jadi sayang 🙁

    • nchiehanie

      August 13, 2015 at 4:57 PM

      hahahaaa..sama mak eykeh juga baru tau tempat ituu setelah dr orok tinggal di bandung..

      nah loh..bener kan..
      ayo manjat lagiih..
      nostalgia

  16. cputriarty

    August 13, 2015 at 11:50 AM

    ternyataa tebing keraton kereeen banget 🙂 pengin jalan2 meenyusuri ke sono ..hehehe

    • nchiehanie

      August 13, 2015 at 4:56 PM

      kereen mak..
      buat ngadem di sore harii

      ayo sinii..

  17. wylvera

    August 13, 2015 at 3:52 PM

    Baca ini bikin envy ih. Kenapa aku gak diajaaak??? *ngambek di kolong meja*

    • nchiehanie

      August 13, 2015 at 4:53 PM

      tenang maak..
      ntar kalo ke bandung ga usah puter2 lagi ..
      langsung kemari aja yaa..
      ntar eykeh ajak deh..

  18. Uniek Kaswarganti

    August 13, 2015 at 4:20 PM

    Aq masih berjiwa muda kakaaaa… ajak akyuuuu….

    • nchiehanie

      August 13, 2015 at 4:52 PM

      iye..iye…percayaaa…

      ho oh ..ntar kalo ke bandung aku ajak kemari yaaa kakaa..:)

  19. JengSri

    August 13, 2015 at 4:23 PM

    Waaahhh, cakeeepp ya Mak. Ak jg suka kesini, indah nian memang, apalagi kalau sama pasangan (pasangan sepatu, lol).

    • nchiehanie

      August 13, 2015 at 4:51 PM

      cakeep…pasangan sendal juga yaaa jeng..
      kirain pasangan kamera ya tongsis eeaa

  20. Orin

    August 15, 2015 at 11:45 AM

    Teh, Orin pdhl sering lho hiking di Tahura, tapi knp blom tau tebing keraton ya? hiks

  21. resep umiku

    August 15, 2015 at 1:12 PM

    wow gambarnya kog bagus banget ya, dan ada yang megang tali, itu mau jatuh ya Mak?

  22. @kakdidik13

    August 16, 2015 at 1:36 PM

    Wih, menantang banget…. luar biasa teh

  23. Nefertite Fatriyanti

    August 18, 2015 at 8:26 PM

    Waduuuh, kalau aku kira-kira apa bodi masih mau yaa diajak kesono
    tapi menantang ya

  24. noni

    August 19, 2015 at 10:09 AM

    Emang bagus banget ya tempatnya, penasaran pengen kesana tapi entah kapan bisa ke Bandung lagi

  25. Ranii

    August 25, 2015 at 8:58 PM

    nyeseeeeel pisan waktu ke Bandung kemarin ngga nyempetin ke sini dulu, hiiks hiks 🙁

    kecee badai nih emang tempatnya yaa teh..

  26. Erlina Ayu

    August 26, 2015 at 11:40 AM

    pemandangannya cakep <3 foto modelnya jugak ^_^

  27. Indah Nuria Savitri

    August 26, 2015 at 6:31 PM

    tempatnya cakeeeeep…yang foto apalagi hehehehehe…musti ke sini kalau ke Bandung hehehe..kangeeen 🙂

  28. Akhmad Muhaimin Azzet

    August 27, 2015 at 11:52 AM

    Ini tempat bener-bener lagi kekinian yaa… 🙂 Suatu saat kalo aku ke sono tetap memakai sarung tentu boleh kan, hehe…

  29. yati rachmat

    September 23, 2015 at 11:23 AM

    Kenapa ya, bunda taunya ada tebing-tebing dengan pemandangan ini di kala aku sudah tua renta dan tak mampu lagi menapaki bebatuan,hehehe…cailee… Kalo sekarang bunda lakukan sekalipun anakku Nchie turut membimbing lenganku, tak akan sanggup akuh nyah.

  30. Mbak Avy

    November 17, 2015 at 10:04 PM

    wow kereeennn bingiiitttt
    kalo saya ke bandung…wajib dianterin ya teteh 😀

  31. Nining

    November 17, 2015 at 11:01 PM

    Momen yg pas katanya pas sunrise dmn sinar mentari itu menimpa kabut2 yg mulai turun ke bawah. Brengki pagi nih yg susah, dingiiiin pake bangeeet. Kalah sm si selimut wkwkwk, scara Sby 41°C nih mbak…alamak!

  32. Faudig

    February 2, 2016 at 11:01 AM

    tebing keraton emang paling kece yaaa, pengen lagi kesana jdnya

  33. devi kumala

    April 7, 2016 at 7:35 AM

    wow… wow……. jadi pengen kesana… hehehe, salam

  34. Festival Musim Panas yang Bisa Jadi Tempat Wisata di Jepang

    July 23, 2017 at 12:32 AM

    […] Prefektur Niigata. Namun tetap saja tidak menyurutkan antusias para penikmat musik untuk datang dan jalan-jalan ke salah satu tempat wisata di Jepang […]

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.