Tips Buka Puasa Bersama di Luar Saat Ramadhan

PIN Ramadan Heritage Harris Citylink Bandung | Nchie Hanie

Tips Buka Puasa Bersama di Luar Saat Ramadhan. Ramadan tiba, Ramadan tiba. Marhaban ya Ramadan. Eits, bacanya jangan jangan sambil nyanyi yaa. Bulan ramadan tiba, identik dengan buka puasa, menjadi sesuatu yang sangat  istimewa dan ditunggu-tunggu. Sesekali kita perlu untuk mengagendakan menikmati buka bersama dengan keluarga, teman atau rekan kerja. Selain untuk mencari nuansa baru, ada hal yang lebih penting yaitu untuk meningkatkan quality time.

Agar quality time dengan teman-teman atau keluarga, sebaiknya mempunyai rencana buka puasa bersama yang benar-benar disiapkan. Meskipun orangnya sedikit, pastikan menikmati waktu tersebut walaupun hanya sebentar dan setahun sekali. Maka dari itu selalu menyempatkan diri dan mulai  memenuhi ajakan buka bersama yang memang bener-bener prioritas.

Beberapa tips buka bersama di luar yang perlu perhatikan dan beberapa manfaat yang akan diperoleh dari kegiatan buka bersama akan ku bagikan  berdasarkan pengalaman. Manfaat buka bersama di luar rumah bareng keluarga atau teman-teman kerja, di komunitas, organisasi intinya adalah mempererat tali silaturahmi yang jarang-jarang bertemu karena kesibukan pekerjaan atau rutinitas lainnya.  Menjadi sarana diskusi, ngobrol santai, bertukar pikiran, atau musyawarah keluarga saat waktu ngabuburit, atau saat setelah makan bersama dan ibadah shalat magrib.

Tips buka bersama di luar di atas menjadikan kualitas ibada puasa Anda akan semakin diberkahi. Manfaat-manfaat dengan berbuka bersama lainnya bisa Anda rasakan atau bahkan tanpa Anda sadari, terutama dalam berbuat kebaikan.

Tips Buka Bersama di Luar dalam Memilih Tempat Makan

1. Mencari tempat yang luas dan nyaman.

Banyak banget pilihan, mulai dari  rumah makan, restoran, kedai, atau hotel yang memiliki banyak pilihan tempat duduk, baik dengan duduk dikursi ataupun lesehan. Akan lebih menyenangkan kalau  memilih tempat  dengan view bagus. Ga harus yang mewah, tapi nyaman saat menikmati detik-detik berbuka puasa.

2. Melakukan reservasi beberapa hari sebelumnya.

Hal yang sangat penting agar  engga kehabisan tempat, karena setiap bulan Ramadan biasanya banyak tempat makan yang sudah di-booking terlebih dahulu oleh banyak orang. Apalagi tempat favorit atau hits menjadi  incaran yang ingin  berbuka bersama.

3. Memilih tempat makan yang menyediakan mushola

Adanya  mushola akan memudahkan untuk menjalani ibadah shalat magrib, disaat kebersamaan hadir baiknya ibadah tetep dijalankan.

4. Memilih tempat yang mendukung kebutuhan bayi dan anak.

Apabila membawa keluarga dengan balita atau anak kecil, perlu diperhatikan pemilihan tempat makan yang ramah anak. Misalnya tempat yang kondusif untuk bayi dan anak adalah  dengan adanya fasilitas seperti kursi bayi atau pla ground,  area bebas rokok, ruang menyusui.

5. Memilih tempat yang strategis dan terjangkau

Tempat yang tepat untuk berbuka bersama bukan berarti mahal atau jauh, tapi tempat yang strategis dimana semua teman atau keluarga bisa mengaksesnya dari mana pun. Dan memilih tempat yang harga makanannya terjangkau.

Buka bersama pun baiknya direncanakan terlebih dahulu, minimal seminggu sebelumnya. Agar ada persiapan dan bisa berkumpul semuanya. Karena  kalau  terlalu dekat akan merasa terlalu mendadak, atau terlalu jauh, khawatir membatalkan karena ada rencana lain yang tak terduga.

Memilih tempat untuk buka bersama memang ga mudah, tapi baiknya yang strategis menjadi pilihan yang tepat. Biasanya merka yang pada dateng pun ga hanya dalam kota, tapi beberapa orang berada dan tinggal di luar kota. Ada tempat yang rekomen banget nih, memilih tempat buka bersama di sebuah hotel, salah satunya Hotel Harris Citylink yang menyajikan sajian Ramadan.

Sajian Ramadan Leluhur di HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung

Menyambut bulan suci Ramadan kali ini, HARRIS Hotel Festival Citylink Bandung, yang berada Jl. Peta No. 241 Bandung, telah menyiapkan beragam sajian spesial dengan resep warisan leluhur untuk momen buka puasa bersama keluarga dan kerabat.

Deretan menu utama khas Bandung, aneka tajil, sampai makanan ringan tradisional yang disajikan oleh Executive Chef Ansori, siap menjadi teman berbuka puasa. Ga ketinggalan juga banyak banget aneka panggangan dan olahan ikan, ayam juga daging iga spesial yang diolah dengan bumbu khas dari beragam daerah di Indonesia.

Aneka makanan panggangan, mulai dari ikan, daging iga, ayam yang diolah dengan bumbu khas dari berbagai daerah di indonesia.

Ikan bakarnya yang menggoda banget kaan?

Yummy banget iniii

Aneka pilihan  buat yang manis-manis, cemilan tradisional itu ternikmat banget, mulai dari klepon, kolak, ciwel, gurandil dll

Aneka cemilan kriyuk-kriyuk

Ini yang terpenting saat berbuka puasa, dijadikan sebagai takjil, aneka gorengan dan menjadi favorit, khususnya di keluargaku.

Aneka Gorengan dan cilok

Dapatkan promo 50% Discount* dari harga normal IDR 158.000 net/orang untuk tanggal –tanggal tertentu, Early Bird IDR 128.000 net/orang* untuk pemesanan 5 hari sebelumnya, atau promo Buy 5 Get 1 Free selama bulan Ramadan. Info lebih lanjut dapat menghubungi nomor Whatsapp 0811229199.

Ga hanya itu, beragam menu sahur dan berbuka puasa tersebut dapat dinikmati juga pada saat menginap di hotel dengan Convention Hall terbesar di Jawa Barat yang terintegrasi langsung dengan Festival Citylink Mall ini, dengan harga paket kamar termasuk sahur dan berbuka puasa mulai dari IDR 500.000 net/kamar. Dapatkan info seputar HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung di Instagram @harriscitylinkbandung

HARRIS Hotels & Conventions Festival Citylink Bandung merupakan hotel dengan Convention Halls terbesar di Jawa Barat. Hanya berjarak 5 menit dari pintu tol Pasirkoja dan terhubung dengan Festival Citylink Mall. Dapatkan pengalaman yang ga  terlupakan untuk keperluan bisnis maupun waktu berlibur.

AA

Munggahan menyambut Ramadan bareng mentemen Media dan menikmati sajian Ramadan Heritage

Nah, sudah ga sabar kan untuk menyambut Ramadan dan merencanakan buka puasa bersama, pasti udah kebayang dan mulai ngelist jadwal buka bersama dengan siapa aja. Karena Ramadan datangnya setahun sekali, bulan penuh berkah ini diisi dengan hal-hal yang baik, terutama buka puasa menjadi ajang silaturahmi.

Nah yang terpenting jangan  sampai telat nanti kalo pas berbuka puasa, karena setiap waktu berharga  mari memanfaatkan waktu berharga kita menjadi sesuatu yang bermanfaat. Buka bersama itu bukan hanya sekedar bertemu saja, namun mengenal dan menghargai waktu yang mereka keluarkan hanya untuk bertemu dengan kita setiap setahun sekali.

Selamat menyambut bulan Ramadan, insyaallah siap jiwa dan raga menjalani  ibadah puasa ini.

Comments (54)

  1. winda - dajourneys.com

    March 25, 2022 at 10:00 PM

    nggak berasa udah mau puasa lagi ya teh, 2 tahun puasa nggak buka bersama teman2 hahahaa semoga tahun ini bisa buka bersama teman2 kantor 🙂

  2. Santi Dewi

    March 26, 2022 at 5:47 PM

    Itu makanannya bikin ngileeer hehe… belum juga bulan ramadhannya, tapi aroma ramadhan sudah di depan hidung. Membayangkan kehebohan dan keceriaan saat buka puasa bersama. Seruuu banget hehe

  3. dw

    March 26, 2022 at 8:14 PM

    seneng banget ngeliat temen temen muslim tahun ini udah puasa dan bukber dalam kondisi yang sudah membaik dari tahun sebelumnya

  4. Gioveny

    March 27, 2022 at 2:19 AM

    Tempat makan yg menyediakan mushola tuh paling oke deh. Apalagi didukung dengan tempat wudhu yg layak dan bersih di toiletnya juga

  5. indah savitri

    March 27, 2022 at 2:30 AM

    ya ampuuun udah mau puasaaa ya teeeh… di sini kita mulai Sabtu tanggal 2 April deh.. semoga lancar semua yaaa ibadah kita

  6. Sri Widiyastuti

    March 27, 2022 at 3:16 AM

    Duh itu gambar menu masakannya bikin kabita haha beneran deh kalau pas buka bersama memang menunya yang menyelerakan rasa semua yaa. Hatur nuhun tipsnya. moga masih kebagian bisa berbuka puasa bersama di luar. maklum lagi pandemi. Belum bisa ke mana-mana kecuali ada keajaiban.

    Btw, Alhamdulillah, tak terasa yaa, sudah hampir seminggu lagi masuk bulan puasa ramadhan. moga kita bisa menjalankan puasa dengan khusu. mohon maaf lahir dan batin ya teh Nchie.

    • Desi

      March 27, 2022 at 11:26 AM

      Waahhh menggiurkann sekali semua masakannnya.. Apalagi kerupuknya lengkap bgt. Ramadhanya udah brasa bgt ya mba, seru2an makan ramean itu yg nikmat tiada tara

      • nchiehanie

        March 29, 2022 at 1:51 AM

        Kabitaa kan, siniii..
        Vibesnya luar biasa, ga sabaar..

  7. Yuni Handono

    March 27, 2022 at 3:35 AM

    Kangen bukber bareng teman…sejak pandemi bercokol takut banget untuk mendekati kerumunan. Semoga bulan Ramadhan kali ini virus covid-19 makin melandai dan pemerintah memberikan kesempatan bagi kita untuk menggelar acara bukber diluar rumah. Sumpah mba makanannya bikin lapaar…bener2 sajian khas bulan Ramadhan yang menggugah selera untuk makan…apalagi jika harga/pak nya masih ramah di kantong, siapa yang tidak mupeng ikut acara beginian….. semoga Ramadhan kali ini kita mendapatkan berkah ya mba…..

  8. Okti Li

    March 27, 2022 at 7:05 AM

    Siap menyambut Ramadan ya Teh. Semoga kita disampaikan usia, diberkahinya dalam menjalankan semua amalannya. Saya baca kalau untuk buka puasa bersama belom diizinkan pemerintah ya? Tapi ga tahu deh gimana pinter -pinternya kita aja ya. Hehehe
    Yang pasti kangen juga dengan acara bukber ini

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:52 AM

      Aamiin teteh.
      Kalo di Bandung udah aktivitas 100% boleh bukber cuma tetep waspada prokesnya.
      Udah pusing, macet ajaaa..

  9. Ria Nugros

    March 27, 2022 at 9:06 AM

    Wah makanannya banyak ya disana dan enak-enak. Jadi kangen buka puasa bersama, udah dua kali ramadhan gak buka puasa diluar

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:51 AM

      Cuss agendakan tahun ini

  10. Ida Tahmidah

    March 27, 2022 at 10:50 AM

    Semoga kita bisa memanfaatkan bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya ya… Buka bersama diniatkan silaturahmi juga supaya waktunya bermanfaat dan mendulang pahala.

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:51 AM

      Aamiin, teteh.

  11. lendyagassi

    March 27, 2022 at 12:11 PM

    Aiih~
    MashaAllah yaa, teh.. Pandemi sudah semakin membuat kita terbiasa kembali dengan kehidupan yang serba saling menjaga jarak dan kini Ramadan membuat kita rindu bersama rekan menikmati indahnya kebersamaan dan silaturahm.
    Paling cocok ke HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung yang makanannya bikin berbuka jadi menyenangkan.

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:50 AM

      Banget, semoga masyarakat udah dilonggarin untuk beraktivitas diluar, tetep waspada prokesnya ya.

  12. Ainhy edelweiss

    March 27, 2022 at 7:41 PM

    Insya Allah seminggu lagi memasuki bulan Ramadhan, jadi gak sabar nih semoga umur dipanjangkan dan diberikan kesehatan, amiinnn

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:49 AM

      Aamiin

  13. Yuniari Nukti

    March 27, 2022 at 9:16 PM

    Tempat nyaman dan dekat musholla itu sangat penting, Teh. Jangan sampai niat silaturahmi berubah jadi dosa hara2 keasyikan ngobrol trus lupa melaksanakan sholat maghrib.

    Ngileer liat menu berbuka di Harris Hotel, lokal bangeeet

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:49 AM

      Tulll banget MbaYun.

  14. Nabilla - Bundabiya.com

    March 27, 2022 at 9:28 PM

    kayaknya nanti kalau ramadan kudu sleektif cari2 tempat bukber yaa.. udah pasti bakalan rame banget kalau deket2 maghrib. kudu booking dulu deh kalau bisa, atau datangnya ya malam sekalian

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:49 AM

      Iyesss, akan lebih aman kalo booking duluu

  15. Uniek Kaswarganti

    March 27, 2022 at 10:30 PM

    Nah, yang penting tuh ada mushola dengan daya tampung banyak, bakalan antri panjang tuh kalau cuma kecil aja tempatnya. Kadang jadi keteteran nih sholat maghribnya kalau pas bukber gini. Di Harris pasti oke yaaa… ada hidangan lengkap plus fasilitas yang bagus untuk menjalankan sholat.

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:48 AM

      Iyaa,pengalaman emang kadang lama antri shalat sama antri di antrian makanan jadinya.

      • Uniek Kaswarganti

        March 31, 2022 at 6:53 AM

        Makanya jadi PR banget ya Teh untuk menemukan tempat berbuka puasa yang nyaman bagi kita ketika hendak menjalankan ibadah sholat.

  16. Andy Hardiyanti

    March 28, 2022 at 2:35 PM

    Salah bener buka postingan ini di siang hari, pas perut lagi ngamuk. Wkwkwk. Ngeselin bener sih itu foto pembukanya. Kan..kan..jadi pengen sendok nasi putih, pakai lauk virtual *gubrak. Teteh, saya otw ke sana nih yaa, bukber pakai menu Ramadan Heritage, pinjam pintu ajaibnya Doraemon dulu.

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:47 AM

      Wkakakakaka, dari Lombok mah deket *nyodorin pintu dora emon

  17. nurulrahma

    March 28, 2022 at 5:09 PM

    HARRIS nih di manapun kok menunya selalu bikin ngilerrrr
    baik tampilannya maupun rasa dijamin mantuull
    aku juga demen ikutan BukBer di Harris sby

    kapan2 pengin ahhh nyoba HARRIS BDG enih

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:47 AM

      Hayuu siniii, sekalian kopdaar..

  18. Nanik Nara

    March 28, 2022 at 8:58 PM

    iya Ramadhan tahun ini kayaknya bakalan bisa menikmati buka bersama di luar. Antusias banget dong, walau buka diluarnya sama keluarga aja.

    Wah nginap plus menu buka dan sahur di Harris Festival Citylink Bandung mulai 500 ribuan. Jadi mau cek juga nih di harris Malang, ada penawaran kayak gini juga nggak ya, Mayan kan bisa ajak anak-anak staycation

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:46 AM

      Iyaa, sensasi nginep pas bulan puasa tuh sesuatuu..

  19. Bibi Titi Teliti

    March 28, 2022 at 11:24 PM

    Bikin kabitaaa semua ih makanannyaaa!
    Iya bener, buka puasa bersama harus pake strategi yaaah. Jangan sampai udah direncanakan mau silaturahmi dan seneng2 tapi kurang persiapan ternyata tempatnya gak nyaman atau gak ada ruang shalatnya, jadi pada bete kan pastinyaaa

    Hayuuuk, tahun ini kita buka bersama di mana niiih!

    • nchiehanie

      March 29, 2022 at 1:45 AM

      Kemoon, skeduliin..

  20. Eni Rahayu

    March 29, 2022 at 8:35 AM

    Duh nggak kerasa tinggal hitungan hari udah masuk bulan ramadhan yaa. Suasana bulan ramadhan tuh emang selalu ditunggu dan beda banget deh dari bulan-bulan yang lain. Emang yang paling nomor satu untuk tempat makan sih menurut saya harus ada musholanya yaa. Abis lihat gambar kudapannya jadi ngiler nih

  21. Mia Yunita

    March 29, 2022 at 2:29 PM

    Bikin ngiler menu buka puasanya euy. Apalagi aku pasti ngambil yg es buah dulu nih or puding gitu, biar perut nggak kaget.

  22. Dennise Sihombing

    March 29, 2022 at 8:19 PM

    Waduh ini baru lihat foto saja sudah ngiler apalagi disajikan di depan mata, mana tahan! Pilih yang mana dulu ya.Aha kalau makanan seenak ini biasanya aku icip-icip cantik dan tidak pakai nasi. Supaya muatnya banyak, hiks.
    Aneka cemilan kriuk-kriuk menggoda banget…

  23. Nurul Sufitri

    March 30, 2022 at 12:01 PM

    Aku sih biasanya kalau ada bukber sama teman2, pasti cari musala dan toilet dulu biar aman hahaha 🙂 Enakan minum dulu atau makan kurma di musala dan maghriban dulu, supaya tenang makannya. Iya reservasi resto itu kudu banget dong 🙂 Jadi kepengen buka puasa di Hotel Harris nih. Menu2nya melimpah banget ya jadi mau semua dicoba wkwkwkwkwk 🙂

  24. Dian Restu Agustina

    March 30, 2022 at 12:46 PM

    Yang utama bersilaturahmi, dan menghargai waktu bertemunya apalagi jika ditemani sajian berbuka dari HARRIS Hotel Festival Citylink Bandung, dengan beragam sajian spesial dengan resep warisan leluhur untuk momen buka puasa bersama 🙂

  25. Rach Alida

    March 30, 2022 at 2:06 PM

    Hotelnya luas dan nyaman serta banyak pilihan makanan yang enak enak dan lezat. Senang banget emang mba kalau teryata ada tempat yang luas, anak anak juga nyaman baiknya, tersedia musholla dan tentunya pilihan makanannya enak enak. Makasih rekomendasinya, mba

  26. Aswinda Utari

    March 30, 2022 at 2:23 PM

    Ngiler bangett sama makanannya nih. Gak kerasa ramadhan tinggal menghitung jari. Duh, kangen buka puasa bareng temen2.

    Semoga nanti bisa ikutan jg silaturahmi gitu.

  27. Naqiyyah Syam

    March 30, 2022 at 5:02 PM

    masya Allah sajiannya enak banget ini menunya menggoda dan tips mencari tempat bukber yang ada mushola itu benar banget, agar silaturahmi tak menghalangi untuk tetap sholat tepat waktu ya

  28. Suciarti Wahyuningtyas

    March 30, 2022 at 5:10 PM

    Aduh itu menunya bikin ngiler banget ih, kebayang ini nikmatnya. Tapi ya, aku pun kalau buka puasa sama keluarga dan teman-teman prefer di hotel karena lebih nyaman. Selain itu bisa reservasi juga kalau di hotel.

  29. Lidya

    March 30, 2022 at 5:49 PM

    Kalau buka puasa di luar saat ramadan memang harus cari tempat yang bisa booking dulu ya teh biar ga repot cari tempat makan yang penuh di mana-mana.
    Di Harris bisa booking juga ya, enak banget apalagi menunya banyak pilihan kaya gitu

  30. Siti Hairul

    March 30, 2022 at 7:46 PM

    Sekarang susah kalo mau bukber ga reservasi dulu. Pasti penuh ya teh. Apalagi sekarang pandemi sudah mulai berkurang. Pasti orang-orang pada bukber di luar.

  31. Jiah Al Jafara

    March 30, 2022 at 8:24 PM

    Catet tipsnya apalagi soal reservasi ini. Seringnya udah pada booking lama buat bukber. Kalau aku, memang jarang ke luar dan suka di rumah aja sama keluarga. Eh tapi dulu pernah keluar bukber di pantai. Dah bawa semua bekal sendiri

  32. gusti yeni

    March 30, 2022 at 8:40 PM

    Tak terasa ramadhan tinggal menghitung hari dan Alhamdulillah ramadhan kali ini tidak ada larangan untuk mudik dan buka bersama.

    Pasti aura ramadhan besok ramai seperti sebelum pandemi semoga tidak ada kasus covid lagi dan smua kembali normal

  33. Dian

    March 30, 2022 at 8:43 PM

    Wah iya, sebentar lagi puasa
    Pasti banyak agenda bukber
    Apalagi KLO bukbernya di Harris
    Menggoda selera semua menu menu nya

  34. lendyagassi

    March 30, 2022 at 10:56 PM

    Penting banget memilih tempat yang nyaman.
    Dan yang ramah anak. Soalnya kalo ada anak-anak kan pasti konsekuensinya macem-macem yaa.. Butuh ruang gerak yang lebih luas plus bebas asap rokok.
    Nyamannya memilih di HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung.

  35. Eri Udiyawati

    March 30, 2022 at 10:58 PM

    Kalau saya sekarang ketika makan di luar harus nyari yang cocok untuk anak-anak. Atau ada tempat bermainnya. Biar anak saya bisa main di situ.

    Wah menu di Hotel HARRIS ini menggiurkan sekali. Dari menu utama yang menggugah selera hingga menu yang manis-manjs.

  36. Andiyani Achmad

    March 30, 2022 at 11:12 PM

    nah, ngomongin bulan ramadan memang sebentar lagi akan kita sambut dengan penuh rasa syukur dan bahagia ya teh, rindu sekali berbuka puasa bersama yang tersayang tapi teh katanya boleh sih buka puasa bersama di restoran tapi gak boleh ngobrol 🙂

  37. Damar Aisyah

    March 31, 2022 at 3:00 AM

    Tips-tipsnya bener semua ini, Teh. Emang kalau bukber itu enaknya di tempat yg sekaligus ada Mushola dan bisa mengakomodir kebutuhan anak dan bayi. Jadi anak-anak nggak rewel nungguin ortunya ngobrol. Kemudian reservasi itu penting biar nggak kelamaan nunggu. 4 tahun terakhir saya gak pernah bukber di luar kecuali menghadiri undangan dari kantor suami. Bawaannya malas aja karena pengin berbuka dengan tenang di rumah. eh, lha kok terus ada pandemi ini.

  38. Syarifani

    March 31, 2022 at 6:45 AM

    Jadi kangen buka bersama di Harris Hotel, menunya enak-enak semua. Tempat sholatnya juga luas, jadi mau sholat itu ngga desak-desakan.
    Tempat yang rekomen buat buka puasa sama orang, rekan, keluarga tercintaa.

  39. Sisa Rasa di Bulan Ramadhan | NCHIEHANIE.COM

    April 25, 2022 at 3:15 AM

    […] berbuka puasa, sudah berapa kali berbuka puasa di luar rumah, tentunya dengan memperhatikan  tips berbuka puasa di luar saat ramadhan akan mempermudah kita menjalaninya. Bersama keluarga , teman, teman sekolah, sahabat, teman kerja […]

Leave a Reply to Jiah Al Jafara

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.