Tips Jitu Menulis Review Produk Yang Menarik Pembaca

PIN

Tips Jitu Menulis Review Produk Yang Menarik Pembaca.  Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Pada awalnya blogging hanya diidentikkan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi. Tapi, kini penulis blog pun bisa memiliki penghasilan tetap dari kegiatan tersebut. Berawal dari keisengan dan curhatan ala Emak2 yang berbagi  kegiatan sehari-hari dan informasi  yang terupdate seputar kehidupan, membawaku menjadi Blogger yang masih eksis sampai sekarang. Mulai dari hobi yang sukanya menulis diary online  sewaktu anak TK sampai sekarang anak sudah bekerja.  Sampai hobi yang menghasilkan cuan adalah dambaan semua orang.

Kalau ditanya apa enaknya jadi Blogger dan bagaimana cara menghasilkan  cuan?  Terlalu banyak nikmatnya, menjadikan aku  orang KAYA, kaya networking, wawasan, pertemanan, dan kaya hati, nikmat apalagi yang kau dustakan. Lalu dapat dari mana Blogger mendapatkan cuan?  Masih banyak yang ga tahu bagaimana blog dapat menghasilkan uang. Memilih untuk memonitize blog personal ini selama 10 tahunan salah satunya dengan jasa riview produk.

Apa sih review produk?

Pernah ga sih, ketika ingin membeli suatu barang kemudian mencari informasi dan membaca  dulu review produknya di internet? Keknya sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Apalagi di jaman sekarang,  segala informasi dalam genggaman dilakukan secara online. Review produk akan memudahkan kita mengambil keputusan produk seperti apa yang akan kita beli pada akhirnya. Nah, ini  salah satu manfaat review produk dari sisi pembaca.

Pada intinya review produk adalah mengulas dengan cara  menuliskan dan menceritakan segala sesuatu mengenai produk tertentu, baik itu berupa barang atau jasa dengan tujuan menyebarkan luaskan informasi tentang produk tersebut sehingga brand awarenessnya dikenal di masyarakat.

Bagaimana untuk  blogger? Apakah menulis review produk itu bermanfaat? Tentu saja dengan riview produk adalah berbagi informasi yang  berharap bermanfaat bagi pembaca blog kita.  Menulis review bisa menjadi sarana memonetisasi blog, membantu mempromosikan brand-brand produk tertentu melalui blog atau sosmed atau keduanya, dengan kompensasi baik berupa uang atau barang bisa juga keduanya sesuai dengan kesepakatan. Hal ini disebut sebagai sponsored post. Bisa juga endorsement, ketika  perusahaan atau brand memberikan produk mereka untuk diulas seperti  makanan, produk pangan, fashion, tempat wisata, tiket perjalanan atau kegiatan hiburan dan lainnya.

Selain  review produk  monetisasi blog  melalui  jalur afiliasi. Blogger berperan sebagai affiliate marketer yang membantu mempromosikan produk dengan mereviewnya.  Kalau  ada pembeli yang membeli produk  melalui promosi di blog kita, maka akan mendapatkan komisi. Menarik kan?

Menulis memakai gaya bahasa yang ringan, mudah dipahami  dengan sentuhan personal akan lebih menarik perhatian, karena semcam testimonial yang memang dirasakan sebelumnya.

Cara menulis riview produk yang menarik pembaca

Sekarang bagaimana caranya menulis review produk yang disukai dan dipercaya oleh pembaca, yuk simak beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Memilih produk untuk di review

Pastikan produk yang dipilih itu  sesuai dengan minat pembaca blognya. Misalnya blogmu banyak membahas tentang parenting tentunya pembacanya kebanyakan orang tua atau peminat topik parenting kan. Maka pilihnya produk yang selaras dengan parenting. Blognya beauty, pastinya membahas tentang produk kecantikan, terkecuali kalau memang jenis blognya lifestyle. Terpenting, usahakan dalam mereview produk yang sudah pernah kita miliki atau menggunakan sebelumnya, jadi berasa banget manfaatnya real.

  • Mencantumkan  foto produk atau video

Review produk akan lebih menarik dengan menampilkan foto baik secara profesional maupun hasil jepretan sendiri. Mengapa? Karena untuk meyakinkan pembaca bahwa yang menulis benar-benar memiliki dan  menggunakan produknya. Jadi percaya kalau reviewnya itu asli (otentik) bukan hanya sekedar promosi dengan foto hasil comotan dari google.

Ada juga membuat video review yang beragam mulai dari yang unboxing video pertama kali mengeluarkan barang dari kotaknya sambil menjelaskan fiturnya, video  tutorial cara memakai barang tersebut , atau video perbandingan suatu produk dengan produk lainnya

  • Menuliskan deskripsi produk 

Penting menjelaskan detail tentang produk yang direview dari sisi opini si pengguna, apakah menyukainya atau ga, dan terlebih manfaatnya. Menceritakan juga pengalaman pribadi saat menggunakan produk tersebut, biasanya testimoni personal seperti ini yang akan menarik minat pembaca untuk mempelajari produk tersebut lebih jauh lagi.

  • Bersikap jujur dalam me-review 

Jujur dan objektif me-review produk merupakan poin penting untuk menjual suatu brand. Jadi saat mereview produk, jangan lupa untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangannya, lalu  sampaikan secara jujur bagaimana opini kita tentang kelebihan dan kekurangannya. Nah, ketika menuliskan tentang kelemahan produk, baiknya kita sertakan juga tips untuk mengatasinya. Jadi si pembeli akan merasa punya solusi dan rencana lain ketika menemukan kelemahan barang tersebut.

  • Membandingkan dengan produk serupa

Reviw produk brand yang serupa dengan perbandingannya baik dari segi harga baik murah/mahal dan fiturnya yang ini lebih lengkap, atau ukurannya ada yang besar/lebih kecil . Penjelasan seperti ini tentunya juga sangat berguna bagi para pembaca dalam menimbang-nimbang merk apa yang akhirnya akan mereka butuhkan.

  •  Memberi call to action

Jangan lupa berikan call to action diakhir tulisan yang  jelas akan membantu pembaca untuk melakukan hal yang menguntungkan bagi dirinya. Salah satunya bisa meninggalkan komentar di blog atau mengecek artikel review lainnya di blog atau mengjungi website produk yang direview untuk mengecek atau membelinya.

Berbicara tentang menulis review produk tentu saja sangat menguntungkan bagi brand dalam meningkatkan brand awarenessnya. Blogger sebagai jasa review produk yang bener-bener experience pengalaman personalnya  masing-masing tentu saja lebih menarik  dan menggiring opini bahwa produk/jasa yang diceritakan adalah sesuatu yang menarik,sehingga pembaca menjadi lebih percaya untuk memesan/membeli apa yang diceritakan. Rekomendasi blogger tersebut  sangat berpengaruh terhadap penjualan produk/jasa, daripada yang engga pernah diceritakan oleh blogger. Karena dari segi bahasa pun ringan dan mudah dipahami oleh pembacanya.

Selain jasa review produk, tentunya para pengusaha atau brand, pemilik toko online bisa menggunakan jasa backlink untuk meningkatkan perfoma toko onlinenya/websitenya. Manfaat backlink itu sendiri sangat penting dimana akan menaikkan pengunjung  ke website yang produknya diceritakan, menjadikan website makin tinggi rankingnya di pencarian google.

Mau kan toko online/websitenya ramai pengunjung dan penjualan meningkat, bisa bergabung di Rajabaclink. com yang merupakan sebuah web marketplace digital yang berasal dari PT Media Promosi Online. Perusahaan tersebut bergerak di bidang digital advertising yang menyediakan banyak layanan baik jual baclink ataupun beli backlink. Tujuannya agar mengarahkan traffic antar situs ataupun dari situs satu menuju situs lainnya.

Begitupun sebagai blogger dan bergabung disini akan banyak manfaatnya dan bisa menghasilkan. Mengenal salah satu penyedia jasa backlink yang berkualitas mulai pertama ada, menyenangkan sekali karena bisa berkenalan dengan  blogger yang mempunyai blog-blog yan berkualitas dan informatif. Perlu diketahui kalau  Rajabacklink adalah situs yang mempertemukan influencer dan klien dan merupakan marketplace yang menjual kebutuhan online marketing.

Sebuah blog ga hanya sekedar tempat untuk menuangkan perasaan atau hobi semata. Kuy, bisa mengubahnya menjadi ladang penghasilan tambahan. Untuk itu, perlu mengetahui berbagai cara monetisasi blog salah satunya seperti yang diulas di atas. Baiklah, demikian tips dalam menulis review produk yang diminati pembaca. Gimana, mudah kan?

Dan, jangan tunggu lagi, kunjungi segera jasa review produk dan jasa baclink  untuk mengetahui manfaat layanannya!

Comments (32)

  1. Manfaat Sosial Media Marketing Untuk Bisnis | NCHIEHANIE.COM

    May 7, 2022 at 10:38 PM

    […] dari pengusaha Indonesia yang ingin memperluas target market di dunia online diantaranya jasa backlink,  jasa review produk, dan […]

  2. Andiyani Achmad

    May 12, 2022 at 9:13 AM

    pertama kali review produk aku banyak referensi dan baca-baca artikel dari google dan mencari susunan review produk yang sesuai dengan gaya penulisan di blog sendiri. semuanya jadi mulus karena learning by doing and learning by mistake juga karena terbiasa 🙂

    • Dian Farida Ismyama

      May 13, 2022 at 9:48 PM

      Alhamdulillah ya jadi blogger bisa KAYA. Bener seperti tulisan teteh. Seneng deh ada jasa backlink yang memudahkan brand dan penulis blog untuk bekerja sama

  3. Maria G

    May 12, 2022 at 11:42 PM

    sering banget denger teman blogger tentang Rajabaclink. com

    bisa bantu naikkan DA dengan cara beli link yang berkualitas ya Teh Nchie

    karena gemes banget, mudah beberapa kali naikin DA dengan susah payah

    eh tiba2 dalam semalam bisa turun jleg banyak banget

  4. Milda Ini

    May 13, 2022 at 8:56 AM

    Alhamdulillah tulisan yang mencerahkan, terimakasih ya mba, btw sekalian nih mumpung masih syawalan, mohon maaf lahir dan batin ya atas semua salah dan khilaf selama ini, semoga sehat selalu yah.

  5. Eni Rahayu

    May 13, 2022 at 12:22 PM

    Wah ilmu tambahan yang bagus nih untuk meningkatkan kualitas tulisan kita ya. Thanks for sharing dan minal ‘aidin wal faizin yaa

  6. Ina Tanaya

    May 13, 2022 at 1:16 PM

    Waduh baru tau saya, ada yang jualan backlink untuk tingkatkan traffic . Apakah ini legal atau ngga yach? Penting sich untuk naikkan traffic tapi masih ada pertimbangan lain apakah ini illegal atau tidak dan organik atau tidak.

  7. Dian

    May 13, 2022 at 3:17 PM

    Wah terima kasih sudah berbagi tips menulis review produk teh
    Cuma kadang yang bikin bingun itu, klien nggak mau produknya dibandingkan dgn produk yang sejenis
    Kalau gitu gimana ya teh?

  8. Arenga

    May 13, 2022 at 5:17 PM

    Terima kasih tipsnya untuk menulis review Cik. Bermanfaat banget nih untuk blogger seperti saya. Banyak tawaran job seperti ini untuk blogger sekarang. Membuat acara menulis di blog itu semakin menyenangkan, dapat duit, gak sekadar bersenang-senang 🙂

  9. Myra (Keke Naima)

    May 13, 2022 at 11:11 PM

    Sampai sekarang saya masih terus belajar membuat review yang enak dibaca. Tetapi, dari sisi pembaca, saya suka revoew yang isinya komplit. Termasuk mencantumkan harganya.

  10. Dian Restu Agustina

    May 14, 2022 at 1:17 PM

    Monetisasi blog lewat menulis review produk yang menarik akan mengundang cuan datang. Tentu enggak bisa ngasal reviewnya biar betah bacanya, seperti tips di artikel ini yang membantu sekali

  11. Wahyuindah

    May 14, 2022 at 5:29 PM

    Review produk memang paling enak kalau berdasarkan pengalaman pribadi ya mbak. Harus ada foto juga biar bisa lebih afdol.

  12. Lidya

    May 14, 2022 at 6:08 PM

    Menulis review produk yang softselling juga lebih enak ya teh apalagi kalau kitanya juga punya pengalaman sama proudknya makin enak reviewnya

  13. Dedew

    May 14, 2022 at 6:30 PM

    Menulis review produk bagi blogger itu kesenangan tersendiri ya walaupun tidak diendorse pun kalau kita suka produknya pasti kita semangat review-nya, happy banget kalau pembaca terbantu setelah membaca artikel review produk kita…

  14. Okti Li

    May 14, 2022 at 8:46 PM

    Nuhun pisan ilmunya, Teh. Untuk mereview produk itu memang harus banyak jam terbangnya. Sekali dua kali nanti ketemu bagian mana yang kurang dan harus diperbaiki. Sekali lagi nuhun ya Teh. Sangat bermanfaat

  15. Uniek Kaswarganti

    May 14, 2022 at 10:25 PM

    Paling seneng saat bikin tulisan yang berdasarkan review ya Teh, kita bisa menceritakan pengalaman saat menggunakan produk atau jasa tertentu Jadi kayak cerita pengalaman pribadi gitu loh.

  16. lendyagassi

    May 14, 2022 at 10:57 PM

    Dengan review jujur dari sebuah produk, yakin artikelnya long lasting yaa, teh..
    Dan ini ngebantu banyak orang untuk mencoba produk yang kita review. Aku seneng banget kalau dapet artikel sponsor rasa artikel organik.
    Rasanya dobel-triple happy ketika tulisan bisa menemukan pembacanya.

  17. April Hamsa | Mom Blogger

    May 14, 2022 at 11:01 PM

    Aku tu pengen banget nulis produk review di blogku tapi ngiklannya yang alus gitu dan org2 gak terasa eh ternyata dipamerin iklan, baru ngeh pas udah habis artikelnya hehehe, entah kapan bisa nulis kyk gtuuu.
    Zaman sekarang mau usaha trus memanfaatkan digital arketing udah banyak banget ya mbak platformnya. Ada yang bantuin support nulisin, ada yang bantuin support link juga.

  18. Tuty Queen

    May 14, 2022 at 11:15 PM

    Menulis revirw produk memang harus benar-benar detail ya teh sesuai dengan pengalaman kita menggunakannya. Kalau produk kecantikan cocok atau tidak cocoknya sebaiknya dituliskan juga kan ya sebagai pertimbangan untuk pembaca

  19. Andy Hardiyanti

    May 14, 2022 at 11:27 PM

    Ulasan produk yang ditulis dengan baik dan lengkap pastinya akan membuat betah siapa saja yang membacanya ya. Tentunya pula dapat memberi manfaat serta informasi yang jelas bagi mereka yang membutuhkan. Yuk bisa yuk, jadi blogger yang dapat memberikan manfaat bagi para pengunjung lewat artikel yang ditulis.

  20. Nia Haryanto

    May 14, 2022 at 11:52 PM

    Di masa branding digital sangat penting kayak sekarang, review produk di blog dan media sosial memang sangat penting ya dilakukan brand. Tapi pastinya gak bisa sembarangan juga. Kudu bisa milih web atau agen yang terpercaya supaya bisa optimal brandingnya. Menghubungi ahlinya kayak ke Jasa Review dan Raja Backlink bisa jadi solusi.

  21. Gita Sarrah

    May 15, 2022 at 9:35 AM

    Nah ini dia, sebagai blogger saya juga sebisa mungkin mereview produk yang memang benar-benar pernah saya coba langsung dan sesuai dengan niche blog saya. Jaman sekarang blog memang bisa jadi sarana yang prospektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan termasuk jasa pasang backlink.

  22. Chairina

    May 15, 2022 at 6:15 PM

    Setuju banget sama tipsnya. Menulis review produk itu meski semua reviewnya sama, tetap aja harus ada pembeda yaitu dari gaya penulisan yang menjadi ciri khas kita ya.

    • Siti Hairul

      May 15, 2022 at 10:10 PM

      Wah artikel yang bagus nih teh untuk para blogger belajar tentang menulis review produk. Bermanfaat banget untuk belajar bagaimana review produk yang bagus

  23. Mia

    May 16, 2022 at 12:02 PM

    Suka pembahasan bagian Jujur dalam me-review produk. Saya sebagai pembaca itu berasa banget feel-nya kalau review yang dipaparkan jujur atau tidak. Padahal jujur dalam review produk merupakan poin penting untuk menjual suatu brand.

  24. Fenni Bungsu

    May 16, 2022 at 12:09 PM

    Deskripsi produk memang harus jelas disampaikan ya, biar menarik pembaca serta menjadi solusi juga artikel review tersebut. Istilahnya gak sia-sia gitu loh udah mampir hehe

  25. Visya

    May 16, 2022 at 12:46 PM

    Dulu waktu awal jadi pro blogger aku pikir mereview hanya bagus bagusnya aja. Ternyata boleh juga memasukkan saran untuk produk asalkan pakai bahasa yang halus hehe.

  26. Dzulkhulaifah

    May 16, 2022 at 6:59 PM

    Semua poin dalam membuat review yang menarik ini memang penting banget. Mulai dari pemilihan produk, foto atau video yang menarik dan bikin pembaca langsung pengin coba, sampai review jujurnya, ya. Senang juga sih kalau hasil review kita bisa dijadikan acuan sama orang lain dalam memutuskan mau pilih poduk yang mana. Yuk, tetap semangat nge-review-nya, Teh.

  27. Sarieffe

    May 16, 2022 at 8:25 PM

    Bener banget teh, menjadi narablog itu sungguh sebuah keberuntungan. Banyak hal baik yang aku dapatkan selama ngeblog, baik pertemanan, cuan, ilmu, produk dan kebaikan-kebaikan. Alhamdulillah

  28. diane

    May 18, 2022 at 5:37 PM

    Trims tipsnya teh ..penting banget karena jadi bagian kerjaan utama kita nih ya teh.. Udah join juga nih di RajaBacklink hehehe..semoga sering dapet orderan…

  29. Hikmah Khaerunnisa

    May 19, 2022 at 7:00 AM

    Dari awal review produk aku gak berani membandingkan dgn produk serupa teh.. takut di bahasanya salah. Ada tips gak teh biar gak seakan menjatuhkan yang pembanding atau salah satunya?

  30. Nova Violita

    May 19, 2022 at 11:30 AM

    Wajib jujur ..sih, biar yang baca mendapat informasi yang jelas sebelum memutuskan untuk menggunakan produk

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.