Tips Menentukan Gaya Berhijab Yang Cocok dengan Penampilan Anda

PIN Nchie hanie | emak blogger | blogger bandung | relawan TIK Bandung | gaya hijab |dewaseo

Tips Menentukan Gaya Berhijab Yang Cocok dengan Penampilan Anda. Memang pertama kali berhijab rasanya bingung, gimana ya cara memakai  kain kerudung ini, gampang-gampang susah. Yang ada uyel-uyelan di depan cermin sambil melihat tutorial. Teringat setahun kemaren jatuh pas bulan Ramadhan. Setiap jelang shalat tarawih mencoba pake hijab, selpi-selpi sendiri, senyum2 sendiri, pajang jadi dp di bbm. Ah, ga cocok, buka lagi , pake lagi. Ya proses yang ada, aku nikmati, buka lagi tutorial, waktu itu sering intip2 cara hijabnya salah satu emak blogger di instagram.

Ternyata memang banyak belajar sendiri by youtube, baca-baca, oh ternyata memang diri sendiri yang menentukan cocok apa engganya. Terkadang cara hijab si A bagus tapi belom tentu cocok di aku. Di jaman sekarang banyak gaya hijab yang trendy, fashion bermunculan.

Nah mungkin ada beberapa hal yang sering dilupakan dalam berhijab, hanya asal menutupi rambut saja. Ternyata ada baiknya yuuk memahami dan memperhatikan  2 hal tersebut:

Mengenali Bentuk Wajah Sendiri

Memilih kerudung jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah tentunya dapat menunjang penampilan dalam berbusana muslim. Karena tidak semua bentuk wajah cocok dengan gaya kerudung jilbab itu sendiri. Yuk ga da salahnya kan untuk mempelajarinya.

  • Untuk wajah bulat. Bisa di siasati dengan menggunakan ciput, ikat jilbabnya  lalu di bagian pipi bisa ditarik menutupi separuh bagian pipi. Tapi, pastikan ya ngerasa nyaman dan ga sesak.
  • Untuk wajah lonjong/panjang. Dapat dilihat dari dagunya yang panjang, keningnya lebih tinggi dari pelipis. Nah untuk mengurangi tingginya kening bisa memaikan ciput bervolume bagian kiri dan kanan, dan separuh ciput diletakkan agak turun menutupi sebagian kening.
  • Untuk wajah persegi/kotak.Bisa  disiasati dengan menggunakan bando yang bervolume di bagian atas, agar kesannya wajah tampak memanjang. Lebih baik menggunakan warna yang soft.
  • Untuk wajah oval. Sangat beruntung yang mempunyai wajah oval, karena hampir segala jenis kerudung jilbab cocok dipake. Hanya tinggal pandai-pandai padukan yang pas dengan baju dan kerudungnya

Mengenali Ciput/Daleman Kerudung

Ciput terkadang suka dianggap sepele oleh pemakai kerudung, padahal punya perannya sangat penting bingits. Fungsi utama ciput ini membuat tersimpan rapi dibalik kerudung juga membantu agar kerudung dapat dalam posisi yang stabil dan rapi di kepala, meski seharian beraktivitas. Selain itu juga ciput dapat mengkoreksi bentuk wajah dan memperindah bentuk kening yg lebar alias nongnong (akyu bingits).

Berdasarkan pengalaman pribadi juga niy, meski belom lama berhijab. Rasanya memang beda kalo tanpa ciput dan ini barang yang wajib di pake. Pernah memakai ciput udah longgar, langsung deh otomatis ga pede. Kejadian yang memalukan memakai ciput longgar, sebagai biker wajib memakai helem. Tatkala buka helem, amburadul donk hijabku niy,  Dan bagiku ciput niy paling boros.

Berbagai macam ciput banyak dipasaran dengan berbagai model, awalnya ga ngeh apa itu Anthem (anti tembem). Seiring dengan waktu, belajar juga niy, malu bertanya katanya sesat dijalan. Tapi  sahabat selama berhijab niy ya mbah Google, ga mungkin tersesat , selalu memberikan info untukku.

Ada beberapa jenis ciput ternyata diantaranya :

  • Ciput Maroko, ada yang bertali, berkancing, berkaret,
  • Ciput Cepol, dengan cepol yang kecil ampe gede
  • Ciput Arab, ada yang polos, kombinasi 2 warna atau pelangi
  • Ciput Bandana, ada yang berenda, berbunga
  • Ciput Glitter, satu warna dan kombinasi 2 warna
  • Ciput Topi, kombinasai warna, dengan aksesoris
  • Ciput Ninja

*silahkan browsing untuk melihat penampakan macam2 ciput 😀

Aahh, dan aku termasuk orang yang konsisten dengan ciput ninja berkancing, ga pernah selingkuh dengan ciput yang lain. So pilihlah ciput yang cucok dengan kerudungnya dan kencangkan pemakaiannya.

Nchie hanie | emak blogger | blogger bandung | relawan TIK Bandung | gaya hijab |dewaseo

cukup tak pajang atasnya aja yang tampak anggun, kalo sama bawahnya ntar tampak macho 😀

Bagaimanapun pemakaian ciput ini dapat membuatku tampil beda dari yang lain. Pandai2 memadumadankan dengan kerudung dan busana sesuai dengan style  pribadi masing2  biar tampil keceh dan nyaman. Dan yang terpenting, “ciputin n hijabin hati” juga biar tambah keceh.

Begitulah terkadang  2 hal di atas  sering di abaikan, padahal dapat menunjang penampilan lebih percaya diri .Ini pengalaman berhijabku selama setahun ini, moga bisa  menjadi  lebih baik, selalu  istiqomah.

Seberapa penting kah ciput buat Anda wahai kaum Hawa?

*jadi teringat kejadian bapa2 nyomot ciput bininya buat touring 😀 #TerlaluItuh

Comments (45)

  1. Tian Lustiana

    July 2, 2015 at 11:51 AM

    Saya ga pernah pake ciput, serius. Kalau pake ciput suka jangar to the max mak ;D

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 1:35 PM

      hahhaa…
      makanya akuh pake hijab suka yang longgar2
      samaa suka dejangaar apalagi kalo pas pake helmet
      *maklom biker, ga bisa gaya2 berpenampilan

  2. Fardelyn Hacky

    July 2, 2015 at 12:38 PM

    Aku kalau pakai jilbab, mestilah pakai ciput, kalau gak, jilbabnya bakal amburadul, hahaa…
    Tapi aku gak tau nama2 ciput itu. Yang penting ciput 😀
    TFS tips-nya Teh.

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 1:38 PM

      wkwkkw..sama maak…
      hidup tanpa ciput, bakalan amburadul hijabnya
      hahhaaa

  3. FERA NURAINI

    July 2, 2015 at 12:50 PM

    Kalau saya cuma pek daleman aja, mak, gk demen ciput 😀

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 1:39 PM

      hihiii…iya mak..
      persis temenku,suka daleman apa aja dia pake.
      tapi ga demen pake ciput

      • red

        July 2, 2015 at 2:26 PM

        kalo untuk ane sebaiknya make hijab yg mana mak?

        • nchiehanie

          July 2, 2015 at 11:43 PM

          hahahaa…
          jangaaan cyiiiin..

  4. eda

    July 2, 2015 at 2:16 PM

    aku gak pernah pake ciput. malah kesannya mbedunduk << apa ya bahasa indonesianya..hahaha

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:44 PM

      qiqiiiqq…
      mungkin ga cocok ciputnya Mak :v

  5. ModzjempoL

    July 2, 2015 at 2:36 PM

    Kayaknya aku gak cocok deh pake hijab :D, tapi tips nya bagus (y). Boleh deh nanti praktek kalau udah tidak ada oang =))

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:46 PM

      huahaaaa…*lemparin ciput n hijabnya ke Tasik

      udah, masa yang kasep pake hijab ahh
      no..no..

  6. Efi Fitriyyah

    July 2, 2015 at 3:12 PM

    Aku mah ga bisa kalo ga pake ciput. Itu rambutku bakalan pada nojos-nojos kain kerudung 🙂
    #apaansihartinyanojos2 wkwkwk
    Sama aku juga boros euy sama ciput

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:47 PM

      wkwkw…coba ya pake EYD yang baik dan benar 😀

      iya secara tebal getoh,
      asek ada temen, penggemar cipuut :v

  7. Lusi

    July 2, 2015 at 3:16 PM

    Mau komen gimana ya? Soalnya mau hijab model apa juga kalau yang make teh Nchie mah geulis aja.

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:48 PM

      dooh baca tengah malem niy bikin kedip2
      *ada yang memuji

  8. Ria Rochma

    July 2, 2015 at 3:27 PM

    Bapak-bapak pakai ciput? Ohmygosh.. Beneran, terlalu itu..

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:49 PM

      hahhaaa..syok aku juga Mak 😀

      dooh Bapa Bos ngebodor aja deeh :p

  9. prih

    July 2, 2015 at 8:36 PM

    Kalau awalnya tengak-tengok tutorial, dalam waktu singkat Jeng Hanie sudah berbagi tutorial loh.
    Salam hangat

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:50 PM

      hihiii..kan sambil belajar teruus Mba Priih

  10. Zizy Damanik

    July 2, 2015 at 9:33 PM

    Aku baru tahu tuh ciput itu ternyata ada jenisnya ya hehee…

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:51 PM

      hmm. .ternyata emang banyak bingits Mba Zy
      *ampe geleng2
      tapi ada aja yang pake :p

  11. echaimutenan

    July 2, 2015 at 11:19 PM

    aku pake ciput pusing mbak 🙁 kudu piye… tapi coba mbak beliin aku pasti nggak pusing akunya wkwkkw

    • nchiehanie

      July 2, 2015 at 11:53 PM

      hahhaaa…*kirim cipuut niy by email

      iya pertama kali pake ciput juga gitu, pusiing bangets
      plus pake helm pulaa
      tapi lama kelamaan terbiasa, asalkan hijabnya ga ketat2 ajah 😀

  12. rahmiaziza

    July 3, 2015 at 2:57 AM

    Teh Nchie begitu pake jilbab langsung modis aja nih. Aku masih pilah2 gonta-ganti model hehehe

  13. Lidya

    July 3, 2015 at 10:32 AM

    kalau bentuk wajahku apa ya teh 😀

    • nchiehanie

      July 4, 2015 at 3:05 AM

      membayangkan dolo wajahnya mba lidya

  14. Winny Widyawati

    July 3, 2015 at 3:27 PM

    Yg penting nyaman dan bikin PD yaaa teh Nchie yg geulis

    • nchiehanie

      July 4, 2015 at 3:06 AM

      setuju pisan..
      apapun gayanya, ciputnya, yang penting nyaman buat diri sendiri eeaa

  15. Uwien Budi

    July 4, 2015 at 8:19 AM

    Aku nih, pengeeen deh pake kerudung yang ada kruwel-kruwelnya gtu udah nyoba berkali2 teteup gak bisa. Akhirnya ngambil kesimpulan hijab model gitu nggak cocok di muka ku yang tembem. haha.
    Kalau ciput penting banget. Kalau Nggak pake, poni bisa keluar jalurnya. 😀

    • nchiehanie

      July 8, 2015 at 2:36 AM

      hahhaa..bener banget
      kalo ga pake ciput memberikan peluang si poni nongol tuh

      Iya mak ntar diajarin kruwel2 😀

  16. gustyanita pratiwi

    July 4, 2015 at 12:23 PM

    klo pipiku tembem banget nih, jadi pede pake keciput

    • nchiehanie

      July 8, 2015 at 2:35 AM

      hihiii..iya bisa nutupin pipi tuh 😀

  17. rayana

    July 5, 2015 at 10:27 AM

    udaah.. Pake jilbab bergo/instan ajah.. Tinggal lep ke kepala, rapi, manis, praktis, anti badai buuk..

    • nchiehanie

      July 8, 2015 at 2:34 AM

      hihiii..iya seleranya berbeda beda yaa tiap orang, lanjootkan!
      Yang penting nyaman buat diri sendiri aja!

  18. alaika

    July 6, 2015 at 2:24 PM

    aku awalnya ga suka pake ciput, tapi ternyata dengan ciput malah jadi lebih nyaman dan tambah cantik. Aih, ehem…datang2 muji diri sendiri. Hehe. Dikau juga geulis pisan cyiiin! 😉

    • nchiehanie

      July 8, 2015 at 2:32 AM

      hahhaaaa..iya cyiin bener2 bikin percaya diri yaa

      kan gimana mbayunya juga geulis 😀

  19. fariz

    July 8, 2015 at 1:06 AM

    artikel buat emak … bapak2 gak tau 😀

    • nchiehanie

      July 8, 2015 at 2:29 AM

      bapak2 cukup menyediakan budget buat emak2 beli hijab aja eeaaa

  20. Indah Nuria Savitri

    July 10, 2015 at 6:18 PM

    Aaaah, teh nchie mah pakai model apa aja panteees… Tambah cantiiiik 🙂

  21. Utie

    August 10, 2015 at 11:15 AM

    Nah kalo aku males mak pake ciput ninja… Geraaahhh 😀

    • nchiehanie

      August 11, 2015 at 7:40 PM

      hahhaaa..wkkwkw..ga terbiasa kali ya mak :v

  22. TIPS MENENTUKAN GAYA BERHIJAB YANG COCOK DENGAN PENAMPILAN ANDA – widyanakhofifah12

    January 20, 2016 at 11:43 AM

    […] Tips Menentukan Gaya Berhijab Yang Cocok dengan Penampilan Anda. Memang pertama kali berhijab rasanya bingung, gimana ya cara memakai  kain kerudung ini, gampang-gampang susah. Yang ada uyel-uyelan di depan cermin sambil melihat tutorial. Teringat setahun kemaren jatuh pas bulan Ramadhan. Setiap jelang shalat tarawih mencoba pake hijab, selpi-selpi sendiri, senyum2 sendiri, pajang jadi dp di bbm. Ah, ga cocok, buka lagi , pake lagi. Ya proses yang ada, aku nikmati, buka lagi tutorial, waktu itu sering intip2 cara hijabnya salah satu emak blogger di instagram. […]

  23. RyeMovies

    May 23, 2016 at 1:39 PM

    seperti kawan2 emang anda pake apa aja pamtes dan cantik

    • nchiehanie

      May 23, 2016 at 7:31 PM

      aahh masaa seehh :p

Leave a Reply to Lusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.