Tips Produktif Ketika Pandemi di Bulan Ramadan

PIN Rejeki WOW | Ramadan Extra Faedah | Extra Unlimited Malam Full Speed | Smartfren | Tips Produktif Ramadan | nchiehanie | lifestyle blogger bdg

Tips Produktif Ketika Pandemi di Bulan Ramadan. Bersyukur masih diberikan kesempatan untuk  menemui bulan yang penuh berkah, memperbaiki kualitas diri sendiri. Memasuki tahun ke 2 masa pandemi  menjalani puasa, yang seharusnya tak menghalangi untuk tetap produktif. Berdampingan dengan pandemi, mengambil sisi positifnya, hal apa yang bisa ku kontribusikan dan bagaimana caranya agar terus produktif di bulan ramadan kali ini?

Pandemi ini mengajarkan kita semua untuk mencari peluang, terus berinovasi, dan memanfaatkan kondisi sehingga mampu menghasilkan sesuatu. Begitu pun saat menjalani ibadah puasa di bulan ramadan, terkadang merasa kurang maksimal dalam bekerja. Apalagi  club genk rebahan makin mendukung dengan adanya aturan physical distancing yang membuat kita harus membatasi aktivitas diluar rumah.

Bagaimana pun diri sendiri yang harus melawan rasa malas dan menggantikannya dengan mengisi dengan kegiatan yang produktif  sehari-hari meski di masa pandemi. Berpuasa sambil bekerja tentu bukan hal mudah, apalagi di tengah kondisi masa pandemi Covid-19. Memilih untuk beraktivitas terus baik di dalam rumah atau pun pas di luar rumah, sebagai  umat muslim pun  dituntut untuk tetap produktif baik itu dalam hal menyelesaikan pekerjaan sehari-hari atau ibadah di bulan ramadan agar mendapatkan pahala yang berlipat.

Tips agar tetap produktif  ketika pandemi di bulan Ramadan

  • Menyesuaikan waktu tidur

Menjaga dan memaksimalkan  jam waktu tidur adalah cara yang baik untuk tetap produktif.  Menyesuikan  dan berdamai dengan kebiasaan begadang harus segera diperbaiki dan mengusahakan  jadwal tidur malam menjadi lebih awal dari pada biasanya.  Dan setelah sahur akan  lebih baik, mengisinya dengan  olahraga ringan  atau beraktivitas memberi energi lainnya.

  • Konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka

Mengonsumsi makanan yang sehat saat sahur maupun berbuka sudah menjadi hak tubuh untuk sehat selalu. Memillih makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup, salah satunya  dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan segar. Makanlah ketika berbuka puasa dan sahur  dengan porsi yang secukupnya. Jika perlu konsumsi juga multivitamin.

  • Memanfaatkan waktu istirahat

Manfaatkan waktu istirahat selama bekerja sangat dibutuhkan, tidak lain untuk  untuk  memberikan semangat puasa. Bisa dilakukan dengan tidur siang atau sekedar berdiam diri untuk membantu merasa lebih baik dan siap produktif kembali.

  • Membuat rencana kegiatan

Membuat rencana kegiatan dalam sehari akan memacu diri untuk tetep produktif . Meski terkadang muncul rasa lemas, tetep menjaga aktivitas sehari-hari supaya bekerja dengan baik. Prioritaskan pekerjaan yang memang agak sulit di pagi hari, biasanya pagi tubuh masih bertenaga.

  • Jangan lupa ibadah

Bulan Ramadan yang ditunggu setiap tahunnya, hal yang terpenting dan utama adalah  memaksimalkan ibadah. Berlomba-lomba mencari kebaikan dan mengumpulkan amalan,  dan ibadah juga dapat memenangkan pikiran dan suasana hati untuk mengembalikan semangat bekerja.

  • Ngonten Extra Faedah menjelang sahur

Ini mungkin menjadi kebiasaan yang rutin, tidur lebih awal meski sekejap, terkadang bandel juga sesekali begadang kalau ada artinya. Melakukan me time dengan ngonten Extra Faedah, menulis di blog selama Ramadan ini makin giat dan aktif. Banyak banget cerita dan ide  yang ada di kepala dan butuh dituangkan dalam sebuah tulisan.

#RamadanExtraFaedah

Berbicara tentang  menulis alias ngeblog, merupakan kegiatan me time  setelah melakukan pekerjaan harian. Melakukannya  di malam hari menjelang sahur adalah waktu yang tepat, karena memerlukan kesunyian dan berimajinasi sendiri merangkaikan kata demi kata dengan leluasa.

Selain itu juga koneksi internet malam hari berasa ngacirnya, jaringan yang cepat, lancar  makin semangat buat ngonten. Dan yang menemani ngonten asyik adalah  smartfren Unlimited MAXI, tentunya pengguna smartfren merasa bahagia banget karena sekarang ada Extra Unlimited Malam Full Speed  mulai dari pukul 01.00 – 05.00 , tak lain untuk mendukung berbagai kegiatan positif dan penuh faedah menjelang  sahur.

smartfren juga menghadirkan rangkaian kegiatan bertajuk #RamadanExtraFaedah yang memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten berfaedah dan menginspirasi kebaikan dan  memberikan manfaat, serta mendukung generasi muda dan para kreator muda Indonesia mewujudkan Ramadan yang lebih berfaedah, positif, serta membuka peluang bagi masyarakat sekitar.

Meski menjalani  puasa di tengah pandemi Covid-19, bukan menjadi  halangan untukku menjalani Ramadan dengan penuh makna. Banyak banget hal positif dan berfaedah yang bisa dilakukan  dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan mengedukasi dan  mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten-konten berfaedah di media sosial atau di blog. Memfasilitasi mereka dengan menggunakan  zoom meet membuat kegiatan tambah produktif terus.

Tidak  hanya menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed, di bulan ramadan ini smartfren juga mengajak pelanggan untuk semakin berfaedah dengan Ngonten Extra Faedah dan mengikuti program Rejeki WOW.

Rejeki WOW

smartfren selalu  memanjakan para pelanggannya dengan berbagai program khusus yang inovatif dan seru.  Salah satunya yang lagi happening smartfren Rejeki WOW  sebagai extra faedah yang smartfren berikan ke konsumen, yang dapat membuka peluang bagi para pelanggan setia untuk menikmati layanan 100% 4G terbaik dari smartfren sambil  mewujudkan mimpi. Menarik sekali, tak tanggung-tanggung loh  hadiahnya  total  ratusan juta rupiah dapat dimenangkan oleh semua peserta yang mengikuti programnya.

Rejeki WOW  merupakan program loyalty yang diselenggarakan oleh smartfren sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pelanggan setia,  sekaligus pengguna aplikasi MySF ,  dimana seluruh pengguna berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa SmartPoin pulsa, handphone, laptop, motor, bahkan ada juga grand prize mobil dan tabungan dengan total ratusan juta rupiah. Bagaimana  cara mendapatkannya? 

 

“Layaknya main game berburu harta karun di smartphone, caranya mudah banget nih. Kalian pengguna smartfren tinggal download aplikasi MySmartfren dan ada bonus kuota 5 GB juga loh untuk yang baru pertama kali download aplikasi MySmartfren!!

Semua peserta akan mendapatkan kapal yang bisa digunakan untuk berlayar ke pulau harta di dalam aplikasinya. Setiap kali bertransaksi seperti isi ulang pulsa, bayar tagihan Pascabayar atau membeli paket apapun, kapal akan melaju ke Pulau Harta . Seruuu banget!”

Tuh kan, tetep produktif  ketika  pandemi di bulan ramadan  bisa dilakukan asalkan ada kemauan, apalagi dimanjakan oleh smartfren #RamadanExtraFaedah bakalan membuat lebih produktif

Bagaimana dengan mentemen cara mengisi ramadan meski pandemi ini?

Comments (41)

  1. Mpo Ratne

    April 25, 2021 at 8:45 PM

    Beribadah banyak caranya dan macamnya. Salah satu adalah nonton youtube Smartfren saat sahur. Seru ada talkshow, games dan cooking.

    Pokoknya enak deh dan bikin semangat untuk produktif

  2. Keke Naima

    April 25, 2021 at 9:42 PM

    Ramadan atau enggak, bikin konten memang tetap menjadi aktivitas yang produktif buat saya. Biar gak suntuk. Apalagi sekarang lagi pandemi. Tetapi, tentunya butuh provider yang andal

  3. indah savitri

    April 26, 2021 at 11:56 AM

    beneer banget teh, aku kalau tidur kurang bawaannya emosi dan udah kayak zombie aja hahahah. Tapi selama puasa ini justru banyak meeting dan sempat traveling juga

  4. Mugniar

    April 26, 2021 at 7:39 PM

    Sekarang di jam-jam sahur waktunya Unlimited Maxi berkibar kecepatannya … ngonten kreatif pas di waktu ini.

    • Tuty Queen

      April 27, 2021 at 9:11 AM

      Setuju setuju.. Meski bulan puasa harus tetap produktif, kreatif, dan selalu ngonten faedah.

  5. Jeanette Agatha

    April 26, 2021 at 11:50 PM

    Woww lumayan banget nih teh bonus kuotanya. Jadi bisa selalu bikin konten dan produktif walaupun di rumah aja 😍

  6. Ira Hamid

    April 27, 2021 at 2:04 AM

    puasa bukan alasan bagi kita untuk malas-malasan yaa, Mba, justru kita harus melakukan semuanya dengan lebih semangat karena apapun yang kita lakukan akan dinilai ibadah pada bulan penuh berkah ini

  7. lendyagasshi

    April 27, 2021 at 2:42 AM

    Terasa sekali, teh..
    Ramadan membut kita lebih produktif bila mengatur waktu istirahat dan waktu untuk keluarga dengan baik.
    Bersama Smartfren, ngonten jadi lebih asik karena lancar tanpa nge-lag.

    • lendyagasshi

      May 1, 2021 at 9:40 PM

      Semoga 10 hari terakhir di bulan suci Ramadan kali ini membuat kita semua menjadi lebih produktif dan bersemangat dalam melakukan hal-hal yang positif, sehingga menginspirasi…

  8. Ida Tahmidah

    April 27, 2021 at 3:04 AM

    Yup malah bulan Ramadan saatnya mengurangi jam tidur karena aktivitas beribadah harus ditambah dengan berbagai target harian. Sayang saja kalau bulan yang penuh kemuliaan ini tidak bisa mengubah kita menjadi lebih baik lagi ya…

  9. Andy Hardiyanti

    April 27, 2021 at 8:08 AM

    Penting banget ya Teh mengatur waktu tidur itu. Kalau berantakan, duh bakal malas-malasan deh. Jadinya malah gak bisa produktif.

  10. Yuni

    April 27, 2021 at 8:28 AM

    Produktif saat puasa memang perlu ya mbak, agar kita tidak loyo dan bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih tipsnya jadi makin terpacu untuk terus beraktifitas, agar puasa kita makin bermakna.

  11. susie ncuss

    April 27, 2021 at 9:17 AM

    salut euy yang makin aktif nulis blog di ramadhan.
    tenagaku udah terkuras habis di kantor karena kesibukan ada di puncaknya saat ramadhan, hehe.
    thumbs up!

  12. Lidya

    April 27, 2021 at 9:41 AM

    Di bulan Ramadan juga harus melakukan kegiatan berfaidah ya yeh jangan tidur terus hihih itu mah aku. Banyak konten yang dibagian & dibuat nih selam aramadan didukung smartfren dengan promo #ramadanextrafaedah nya

  13. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    April 27, 2021 at 10:41 AM

    Pandemi + ramadan emang godaan buat bobo besar haha, duh duh jangan kudu semangat dan produktip.
    Wah main game berburu harta karun dan bisa dapat hadiah yaa
    Mbak ini berlaku utk smartfren perdana baru atau semua pemakai smartfren bisa ya?

  14. Nanie

    April 27, 2021 at 11:55 AM

    di Bulan Ramadan biasanya malah jadwal lebih teratur teh, soalnya rasanya waktu cepat berlalu tau-tau udah mau sahur aja. Jadi emang lebih pinter ngatur waktu

  15. Bundabiya.com

    April 27, 2021 at 12:36 PM

    wah ini niih asli aku agak kesulitan mbaa haha soalnya gimana yah siang2 nemenin anak sekolah aja udah nyita energi. trus pas ngelonin anak2 kadang ikutan tidur juga. tau2 sore udah abis waktu buat masak dan olahraga wkwk memang kayaknya kudu lebih atur waktu yaa

  16. Kurnia amelia

    April 27, 2021 at 12:50 PM

    Tetep harus produktif ya teh puasa bukan jadi alasan malas hihi. Btw untuk pola tidur memang agak sedikit berubah ya tapi masih bisa diatasi kalau lemas siang hari jadi pas sahur atau buka makan kaya nutrisi seimbang itu harus banget biar tetap fit yes.

  17. Desri Desri

    April 27, 2021 at 1:23 PM

    tahun ini masih bisa di rumah, hikmahnya waktu buat beribadah jadi lebih banyak, ngga terdiktrasi event atau acara bukber teh. Banyak juga aktivitas berfaedah yang bisa dilakukan, bikin jurnal sama printable.

  18. Retno Kusuma Wardani

    April 27, 2021 at 2:56 PM

    emang smartfren kalo nhasih bonusan gak tanggung tanggung,covok buat pekerja yang butuh konten sepwrti kita kita..

    • Vicky Laurentina

      May 1, 2021 at 11:14 AM

      Pantesan kemaren ada yang nantangin aku buat bikin webinar pas waktunya sahur. Dia bilang “Nggak pa-pa, Vic, nggak akan lewat dari jam 5 kok!”
      Kayaknya dia pake Smartfren deh, mumpung jam segitu koneksinya dikencengin :))

  19. andiyani achmad

    April 29, 2021 at 10:49 AM

    aku berasa kayak lemes dan kurang produktif dalam hal update blog dan media sosial teh selama bulan Ramadan ini, karena kurang tidur hahaha.. masih bisa fokus dan menjalani aktivitas harian aja udah alhamdulillah banget, btw makasi teh buat tipsnya

  20. Nurul Rahma

    April 29, 2021 at 12:28 PM

    Seruuu bgt ya Teh, SmartFren ini selalu punya terobosan menarik, jadi kita bakal tetep stay productive di bulan Ramadan.
    Dahh kreator konten bener2 kebantu ama SmartFren bgt ini mah

  21. Dian Restu Agustina

    April 29, 2021 at 3:18 PM

    Kalau mau ngenet pagi rebutan kneksi sama anak-anak dan suami hiks..memang pas koneksi internet malam hari berasa ngacirnya, jaringan yang cepat, lancar makin semangat buat ngonten.
    Dan yang lebih pas lagi yang menemani ngonten asyik adalah smartfren Unlimited MAXI! happy!

  22. Susi

    April 30, 2021 at 7:04 AM

    Sebagian orang beranggapan kalau puasa itu waktunya layah – leyeh karena ada slogan tidur itu ibadah ahhaha.. Padahal nggak gitu juga ya, justru mesti lebih produktif biar dapet pahala dan menghasilkan sesuatu juga

  23. Rosanna Simanjuntak

    April 30, 2021 at 2:15 PM

    Jadi, gimana?
    Ikutan berburu Rejeki WOW jugakah?
    Sudah dapat apa saja ne?

    Soal tidur cukup itu memang tantangan banget di bulan Ramadan, bagi sebagian orang

    Lain halnya dengan aku.
    Apalagi aku yang kalau buka puasa seringnya makanan manis.
    Bawaannya gampang ngantuk.
    Hahaha.
    Jadi jarang banget begadang.

    Nah, yang demen begadang, jodoh banget nih sama paket Smartfren Unlimited Maxi!

  24. Mia Yunita

    April 30, 2021 at 9:33 PM

    Kalo produktif mungkin agak kurang ya, berhubung pandemi dan cuaca juga luar biasa panasnya tuh terik. Biasanya nulis, ngeblog dan beribadah juga pekerjaan RT tapi nggak full banget sih. Makanan untuk buka dan sahur kadang masih beli trus nyuci as usual nge-laundry hihi.

  25. Nanik Nara

    May 1, 2021 at 6:21 AM

    extra unlimited malam ini emang ngebantu banget buat produktif ngonten maupun menikmati hiburan menjelang sahur ya.

    Aku sebel lho udah beberapa kali putaran chek in sampai hari ke 7, eh dapat hadianya cuma 10 poin atau 1 GB youtube. Belum rejeki dapat hadiah lain. Semoga di grandprize nanti bisa dapat hadiahnya

  26. Ucig

    May 1, 2021 at 8:24 AM

    Club genk rebahan 🤣
    Pandemik bikin kreatif ya dipaksaaaa keadaan untuk sebagian orang. Bener2 bukan zona yg nyaman teh..
    Btw ini hadiahnyaaa cakep2 banget deeeh ya Allah 😍

  27. Helena

    May 1, 2021 at 11:13 AM

    ngonten ekstra faedah menjelang sahur itu aku banget, hahaha …
    jadi, abis solat tarawih langsung tidur trus dini hari bangun buat ngeblog sampai waktunya sahur. Udah deh trus molor lagi hahaha ….

  28. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    May 1, 2021 at 4:16 PM

    Wow banget mbak bisa ngonten jelang sahur, aku msh ngantuk haha
    Mungkin menyesuaikan dengan jam produktifnya jg kali ya? Aku pribadi tu lbh suka pagi gtu abis semua kerjaan RT beres 😀
    Eh tapi ternyata smartfren kasi bonusnya saat dini hari jelang subuh ya? Mungkin buat upload kali ya jam segitu, krn saa ramadan jg org 2 banyak medsosan jam segitu 😀

    • Echaimutenan

      May 1, 2021 at 9:42 PM

      Disini bagus smartfren mba. Aku wifin pake ini yang penting kerjaan kelar ya mba. Sambil bikin konten sambil nyuci mungkin wkwkw

      Ramadan kreatif pokoknya ama sinyal internet yang mumpuni kayak gini

  29. Alfa Kurnia

    May 1, 2021 at 8:54 PM

    Nah, bener juga ya. Daripada tidur abis sahur mending buat konten biar tetap produktif. Tentunya konten yang ekstra faedah sekalian ngusir kantuk. Baru abis itu tidur lagi hehehe.

  30. Suciarti Wahyuningtyas

    May 1, 2021 at 9:23 PM

    Kegiatan selama ramadhan kalau aku bikin, selain emang bikin foto untuk beberapa klien dan pribadi, bikin juga untuk komunitas. Nah, semua itu tentu membutuhkan koneksi internet yang stabil, apalagi kalau yang didownload dengna file besar dan butuh dengan speed yang oke.

  31. Dian

    May 1, 2021 at 9:47 PM

    ternyata meski di rumah saja juga bisa produktif ya mbak
    dgn memakai samartfren unlimited ini, kita bisa main lancar buat konten ya mbak

  32. Yurmawita

    May 1, 2021 at 10:22 PM

    Ngonten extra paedah di waktu sahur bisa disisati nih, tapi kalau emak emak musti nyiapin sahur kayaknya gak maksimal kalau aku. Paling sesudah subuh bisa

  33. diane

    May 1, 2021 at 10:31 PM

    Teteh mah udah temasuk produktif ya… Apalagi ngeblognya beneran produktif selama Ramadhan… Aku sendiri Alhamdulillah..pengennya juga produktif nih..

  34. Tanti Amelia

    May 1, 2021 at 10:34 PM

    Aneh deh ramadan tahun ini ku malah produktif bangeeeet
    mungkin karena dah pake smartfren yang paket nya unlimited itu ya

  35. Larasati Neisia

    May 2, 2021 at 12:50 AM

    Beruntung masih WFH, ngatur waktu tidurnya agak enak. Walau emang kerjaannya jadi lebih capek karena urusin urusan domestik juga. Jadi bener-bener ekstra produktifnya. Tapi tetep bersyukur karena pandemi gini masih punya kerjaan.

  36. @hm_zwan

    May 3, 2021 at 5:17 AM

    Wah, ternyata rezeki wow masih berlangsung ya. Harus ikutan nih biar dapet hadiahnya, yaaa siapa tau rezeki dapet mobil, aamiin

  37. Ira Duniabiza

    May 10, 2021 at 6:21 PM

    Kalau produktif di tengah pandemi ini memang butuh banget internet jaringan cepat ya Mak…

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.