Home / Traveling / Artis Indonesia Berwisata Quran di Syaamil Quran
wisata quran | syaamil quran | nchiehanie | blogger bandung | sedekah akbar

Artis Indonesia Berwisata Quran di Syaamil Quran

Berwisata Quran? Wah sesuatu hal yang anti mainstream, biasanya kan berwisata ke tempat-tempat yang memang lagi ngehits. Tapi wisata Quran pun ga kalah ngehitnya di Bandung. Ini kedua kalinya berkesempatan mampir dan yang spesial kali ini karena ada Artis loh, yang jelas mereka Artis dari Komunitas Kajian Musyawarah yang akan berpartisipasi pada acara Sedekah Akbar, yang dilaksanakan di GOR Citra Bandung pada hari mingggu, 16 Februari 2020.

Weekend lalu,  sabtu 15 Februari 2020, mereka menyempatkan diri berwisata quran di Syaamil Quran., berbarengan dengan Artis dari Komunitas Kajian Musyawarah yang akan berpartisipasi pada acara Sedekah Akbar, tapi sebelumnya berkesempatan mampir ke Syaamil .

Dari Stasiun Hall Bandung menuju Syaamil Quran kurang lebih pukul 14.00 WIB  begitu ucap Febriyanto Zubair SH, Project & Campaign Manager Syaamil Quran dan  tiba di Syaamil Quran jelang waktu Shalat Asar.

Setelah istirahat  dan shalat, mereka disambut Riza Zacharias dan Halfino Berry (Chairman dan Co Chairman Syaamil Group). Syaamil Group telah berdiri lebih dari 20 tahun dan telah menerbitkan mushaf Al-Quran plus buku-buku pilihan dengan konten yang mengandung nilai-nilai kebaikan.

Berlandaskan visi Membumikan Al-Quran dan Menghidupkan Sirah, tantangan terbesar yang ingin dijawab Syaamil Group adalah mewujudkan produk-produk Al-Quran dan shirah dalam bentuk inovasi-inovasi yang mudah dan menyenangkan.

Para artis kemudian dikenalkan pada Mushaf Tulis, salah satu Mushaf Quran yang diterbitkan Syaamil Quran. Mereka langsung praktik menulis mushaf pada lembaran mushaf yang telah disediakan. “Lembaran tersebut menjadi buah tangan yang mengesankan buat para artis,” ucap  Apud Saepudin, Integrated Communication General Manager Syaamil Group.

Mereka kemudian diajak berkeliling ke ruang Syaamil Arabic Mustaqili, ruang kreatif Sygma Media Innovation (SMI) untuk melihat proses pembuatan konten Al-Quran mulai dari proses desain cover, layout khat, layout terjemah, hingga fitur-fitur lainnya.  Para Artis menuju ruang Syaamil Arabic Mustaqili yang bergerak dalam bidang pembelajaran dan pelatihan Bahasa Arab dengan metodelogi yang tersusun rapi, mudah, menyenangkan, sistematis, dan aplikatif.

Mereka juga melihat proses pembuatan produk-produk lain seperti buku-buku Direct
Selling yang dikeluarkan Sygma Daya Insani (SDI), DigiBook (Digital Book), dan produk berbasis
media digital lainnya.


SDI sendiri perusahaan direct selling buku premium yang fokus pada pasar keluarga muslim. Pasangan muda-dewasa yang mayoritas usianya antara 25 – 40 tahun dengan status  sebagai pekerja dan pebisnis. Berdomisili di kota-kota besar di Indonesia. Berawal sebagai divisi direct selling dari tahun 2005, kini bertumbuh menjadi salah satu dari tiga besar direct selling buku di Indonesia.

Mereka juga melihat proses pembuatan produk-produk lain seperti buku-buku Direct Selling yang dikeluarkan Sygma Daya Insani (SDI) dan DigiBook (Digital Book). Ada juga Madina Quran yang memproduksi Al-Quran untuk segmen khusus, seperti segmen pembaca profesional dan generasi milenial.

Kemudian mereka mengunjungi percetakan Al-Quran yang sudah menggunakan teknologi modern dan bagaimana para SDM bekerja rapi plus taklepas dari air wudhu.

Speechless melihat pembuatan Quran mulai dari awal sampe akhir. Tinggal kita yang mengamalkannya dengan membaca di kehidupan sehari-hari.

Siapa yang ga kenal Dimas Seto ini? Sambil berwisata Quran menyapa sahabat2 followernya.

Sedekah Akbar dan Wisata Quran para artis ini diprakarsai oleh Ustad Luqmanul Hakim Ashabul, salah satu ustad penyantun anak yatim yang dikenal karena Gerakan Infaq Beras untuk anak yatim dan pesantren penghafal Al-Quran. Ustad Luqman ingin mereka semua mendapat manfaat jamuan religi ketika berwisata Al-Quran.

Beberapa artis yang hadir adalah Dimas Seto, Dhini Aminarti, Vebby Palwinta, Putri Syahnit Angellica, Marcella Simon, Dion JT, Ricky Perdana, Shinta Rizky Auliya, Fauzi Zaviyar Rachmat (Takaeda), Rista Ferina, Kaysan Nawfal, Dony Amaldi, Soraya Larasati, Ade Setiawan, Rizki Syabruddin, Ridho Syafaruddin, Jada Shafiqa, Mario Irwinsyah, Ratu Anandita, Novandrian, Dini Ratnasari Choirunnisa, Natta Wardah, Reza Aditya, dan Cuping Topan.

Bareng Duo ciwi manis yang lagi anteng merapihkan lembaran Quran

Berwisata yang seru dan anti maninstream ya begini. Mentemen udah pernah berwisata  ke Syaamil Quran?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

77 comments

  1. Dini aminartiii idola banget semenjak aneka yess. Seneng pas nikah ama dimas seto xixix
    Makanya artis aja berlomba-lomba kebaikan ya mba. Berarti kita juga kudu lebih

    Jadi pengen ke sana juga

  2. Wah seneng ya teh bisa jalan-jalan ke tempat syaamil. Soalnya syamil itu terkenal dengan Al-qurannya dan buku-buku premiumnya dan aku juga punya buku premiumnya soalnya memgedukasi buat anak. Aku selalu berharap semoga syaamil itu terus sukses dan semakin lebih baik. Soalnya jarang banget ya perusahaan yang berjalan di edukasi sekaligus ada nilai agamanya juga

  3. bagi saya teh nchie juga artis hehehe. Kalau ngomongin syamiil, insyaAllah terpercaya deh untuk urusan Quran. Btw, tu artis2 era muda ama era now, bener2 nggak berubah mukanya. Herman deh

  4. Aku belum pernah ke Syaamil quran. Tapi penasaran juga mau ke sini ajak anak. Biar nambah semangat mempelajari Al quran ya mba

  5. Syaamil ini penerbit paporit akuuuu, Teh.
    Qur’annya tuh jelasss cetakan bagus, dan nggak bikin mata cepet lelah.
    Buku2 Islamnya juga cihuyy!
    Ya ampuuun, aku mau cuss ke BDG dan wisata ke Syaamil, ahhh

  6. Penasaran ke tempat Syaamil ini. Baru punya beberapa koleksinya saja. Jadi pengen main langsung untuk melihat proses pembuatannya juga.

  7. Eh syamil Quran itu emang dibuka buat wisata juga ya teh? Seru banget bisa menyaksikan prosea pembuatan Quran dari awal sampai akhir, mupeeeng.

  8. Wisata yang bergizi ini ya. Bisa tahu proses penerbitan buku dan pembuatan mushaf

  9. Alhamdulillah udah pernah wisata Quran ke Syaamil Teh. Seneng banget dengan atmosfer kerja di sana. Begitu religius. Sholat tepat waktu hingga selalu menjaga wudhu saat bekerja. Suasana kantornya juga keliatan nyaman bangeet.

  10. Aku baru tau ada wisata Al-Quran di Indonesia, keren ya. Semoga suatu hari nanti aku bisa main kesana

  11. memang PR utama bagi umat beragama adalah mengamalkan apa yg ada dlm kitab suci-nya ya Teh..
    tanpa diamalkan, hanya akan menjadi benda suci yang mati

    wisata sperti ini bagus banget untuk memperkaya wawasan dan pengalamanan keimanan 🙂

  12. Iyaa, bikinnya udah dengan perjuangan, trus tugas kita ya mengamalkannya yaaa

  13. Masya Allah, mbak, seru banget acaranya. Bisa berwisata Qur’an bareng artis pula.
    Semoga suatu saat nanti ada wisata macam ini di Bali.

  14. Belum pernah datang ke Syaamil Qur’an akunya, Nchie.
    Sering kagum dengan hasil cetakan Qur’an-nya. Mudah-mudahan kesampaian ntar berwisata religi ke sana juga.

  15. Ada pasutri favorit aku ini mantap deh acara wisata Qurannya teh jadi pengen juga nih kalau ada acara ini lagi

  16. aku suka sama pasangan artisnya… duh meni tetep cantik n ganteng ya.
    pengen juga ikut lihat langsung pembuatan Al Quran. waktu umroh cuma berkunjung ke museumnya aja 🙂

  17. Dini aminarti cantiknya kebangetan hehe

  18. Baca artikel ini jadi pengin berwisata ke Syamil Qur’an juga, Teh.
    Kapan hari kan udah ke Bayt Al-Qur’an Al-Akbar, tempat yang menunjukkan Al-Qur’an raksasa di Palembang. Nah kalau bisa ke Syamil Qur’an tentu lebih bahagia lagi.

  19. Pengen banget bisa wisata Quran ini sayangnya pas anak-anak studi tur ke Bandung ngga cukup waktunya mampir ke sini padahal seru ya..

  20. Jamuan religi di Syaamil Quran gini yang bikin mupeng saya, Teh. Kalo pengen kesana harus daftar online dulu atau gimana? Oiya kayaknya produk Al Quran di sana selalu ada inovasi ya

  21. wah..ada kak Dimas Seto….apa? kakak? hehehehe…
    idola masa lalu waktu masih remajah 🙂

    aku baru tau lho ada wisata Al-Quran di Indonesia, keren ya mba

  22. Wah Teteh keren euy berarti ketemu artis-artis hijrah dari Kajian Musawarah dong. Duh saya tuh nge-fan banget sama mereka.

  23. Ntar kalo main ke Bandung ta ajak abinya main ke sini ah. Aku pake quran syamil udah dari lama. Suka sama pilihan khatnya. Enak untuk mata tua ku hahahaha

  24. Beneran wisata anti mainstream ni, aku juga penasaran kok bagaimana proses cetak quran sendiri. Tapi kalau rombongan umum apa bisa ya, ikut field trip kayak gini?

  25. Subhanallah. Aku suka ngikutin nih kegiatan dari Kajian Musawarah ini. Keren banget.

  26. Belum pernah, Teh. Bagus juga ya mengundang para artis yang sudah hijrah. Semoga semakin banyak yang berwisata seperti ini

  27. Produksi dan mencetak Al Quran pasti gak.mudah krn banyak yang harus diperhatikan ya mbak. Senengnya bisa melihatnya langsung. Jd pengen beli Al Quran Syamil kmrnkalau gak salah kan lagi PO Al Quran baru ya yang kerjasama dengan hafiz siapa tu lupa namanya Taqy yaaa haha. Coba ntr liat lagi ah IGnya

  28. MasyaAllah, melihat langsung proses pembuatan Al-Qur’an dan berada di komunitas bernuansa islam begitu benar-benar membuat hati sejuk ya mbak. Makin semangat membaca Al Qur’an pastinya.

  29. Terharu pastinya ya bisa melihat langsung ya mba bagaimana al quran ini dicetak. Sudah 20 tahun jadi kualitasnya udah terbukti oke

  30. gak nyangka mereka antusias sekali ikut berkeliling menyaksiman bagaimana pembuatan Al Qur’an. Ah saya jd iri, kesibukan mereka tinggi tp masih bs siapkan waktu luang ke sini

  31. Kalau tau ada artis-artis yang ikut berwisata Quran di Syaamil, kayaknya saya mau deh ikut datang ke sana lagi hihihi

  32. Aku belum pernah mampir ke sini teh.. setiap ke Bandung buru – buru teruuus hehe.btw artisnya siapa aja ini… aku ngg ada yang tau huahaha

  33. Foto terakhir ini artisnya kan yaa, teh?
    Hihii….selalu menebarkan kebaikan, kesholihan dan kebermanfaatan, Syamil Qur’an.
    MashaAllaah~

  34. waw, wisata Quran? aku baru tau loh..
    seru banget ih, bahkan bisa melihat secara langsung proses pembuatannya.
    mudah-mudahan aku ada kesempatan untuk berkunjung kesana juga.. Amiinn..

  35. Belum pernah berwisata ke Syaamil Quran atau percetakan Quran lain juga. Seneng dan banyak pengalaman pastinya nih. Aku ada keinginan beli Quran lagi. Yang sekarang dipakai kecil, maunya agak gedean dikit. Mungkin nanti bisa nyari yang Syaamil aja

  36. Dini Aminarti cantiknyaaa… jadi galfok lihatnya 🙂
    Aku juga mau lah Teh wisata ke Syaamil Qur’an ini, sangat bermanfaat ya untuk kaum muslim berkunjung ke sana. Jadi makin cinta pada Al-Qur’an, Insya Allah jadi makin banyak mempraktekkan ajaran-ajaran dari kitab suci tersebut.

  37. Wah berkunjung sampai ke percetakannya ya. Seru banget ini pastinya dan bisa lihat langsung gimana produksi buku-buku premium dibuat, terutama untuk Al Quran ya ini.

  38. Seru pasti kalau anak2 yang sudah lebih besar boleh ikut wisata ini. Jadi bisa melihat langsung proses di balik percetakan Al Quran. Bahwa semua dibuat dengan seksama sebagai usaha turut melestarikan Al Quran dan isinya.

  39. Euleuh geningan iya ya, ada banyak artis yang ikut wisata Quran kemarin ke Sygma itu. Euh, kalo ikut, aku ketemu kembaranku (Dhini Aminarti) deh. Wkwkkwkw…
    Btw, salut dengan Sygma. Program Wisata Qurannya kereeen…

  40. Envy banget akutuh baca tulisan ini.. beneran wisata yang ngga biasa ya.. biasanya wisata ke pantai, tapi kali ini wisata qur’an di syaamil qur’an.. plus bisa ketemu artis artis yang sudah pada hijarah juga ya teh.. semoga banyak follower artis tersebut yang ikutan hijrah juga ya teh.. seneng sama program wisata qur’an gini

  41. Wisata seperti ini mah nambah ilmu banget ya, Mba. Terutama yang memang punya keiinginan berbisnis. Salam buat syamil ya, saya suka tuh produk belajar qurannya.

  42. Aku suka banget nibh lihat para artis tertatik wisata religi gini. Tapi sejujurnya aku belum pernah wisata syamil al.quran

  43. Belum pernah tapi ingin banget kalau ke Bandung mampir ke Syaamil Quran. Eh tapi harus rombongan yaa. Mau lihat proses pembuatan Quran buat pembelajaran anak-anak.

  44. Kalau wisata Quran kayak gini, ada biayakah?? Pengen ngajk rombongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.