Manfaat Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

PIN

Manfaat Sosial Media Marketing  Untuk Bisnis . Apa yang akan kamu lakukan pada sosial media? Bagaimana caranya agar bermain sosial media bisa menghasilkan? Lantas apakah akan bisa aktif terus di sosial media?  Lalu mengapa memilih aktif di sosial media? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakku saat itu.

Tak pernah menyangka jika 15 tahun kebelakang keberadaannya hanya menjadi ajang bertemunya kembali sahabat-sahabat lama dan tempat berinteraksi di dunia maya khususnya booming facebook pada jamannya. Beruntung banget ketika lagi trendnya saat itu bergabung di dunia online dan berada diantara komunitas yang memang selalu saling menyemangati untuk menghasilkan pundi-pundi dari internet, salah satunya melalui sosial media.

Dulu mungkin kita semua ga pernah akan mengira bahwa pada akhirnya bermain sosial  media bisa menghasilkan jika memang dipelajari dengan seksama. Dan saat ini banyak perusahaan merekrut seseorang untuk bermain sosial media.  Trend beberapa tahun ke belakang menjadi salah satu bidang pekerjaan  sekarang dikenal sebagai Social Media Officer (SMO) atau  staf media sosial. Inilah sebuah bidang pekerjaan yang menarik dan diminati oleh banyak kalangan milenial.

Di era digital dimana semua aspek kehidupan bisa diintegrasikan dengan internet. Misalnya saja perkembangan social media yang sangat marak digunakan saat ini. Pengalaman  selama ini menggeluti dunia internet marketing dan bisnis online membawaku menjadi expert, nambah wawasan mulai dari dunia digital marketing mengenal SEO, Sosial Media Marketing, SEM dan sebangsanya dan mulai mewariskan ilmu-ilmunya pada anak remaja di rumah.  Mengajarkan pada beliau tentang  pentingnya sosial media bagi brand atau pemilik usaha atau bagi blogger sendiri yang sedang menjalankan usahanya.

Mudah memberikan penjelasan dengan memberikan contoh. Karena banyaknya teori yang bisa dipelajari sama mbah google, tinggal bagaimana mulai mempraktekannya itu yang terpenting. Yuk, simak penjelasanya, kaka!

Social Media Marketing

Social media marketing adalah  penggunan social media atau sosmed untuk memasarkan produk ataupun jasa yang merupakan salah satu dari bagian digital marketing, dengan target pasarannnya adalah pengguna platform sosmed, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok yang lagi ngehits.

Social media marketing  biasa dikenal  juga dengan proses menarik perhatian orang agar terikat  dengan konten yang telah disajikan . Dari banyaknya pengguna akun sosial media yang aktif, ga hanya digunakan untuk sarana mengupload  foto dan  kegiatan harian saja namun  akun sosmed digunakan untuk berbisnis dan bisa menghasilkan.

Social media marketing menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis lokal, memperluas jangkauan, dan terhubung dengan pelanggan. Sehingga dengan media sosial, proses marketing yang dilakukan pun akan lebh menyenangkan, hobi bermain sosial media tapi menghasilkan bahkan bisa di gaji oleh senuah perusahaan atau  yang memiliki brand. Lalu apa saja keuntungan bagi mereka?

Manfaat Sosial Media Marketing

Ada beberapa keuntungan bagi bisnis lokal menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Lalu, apa saja keuntungan menggunakan social media marketing, diantaranya:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Bisa diakses 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu selama ada konensi internet
  • Murah dan efesien, tidak makan waktu dan tidak memerlukan upaya yang besar karena sebagian besar banyak menggunakannya.
  • Membuka lapak promosi dengan biaya murah
  • Memperlus cakupan promosi jualan
  • Membantu menemukan konsumen dan memperluas target pemasaran
  • Mudah mengganti konten atau gambar yang berisi produk dan jasa yang ditawarkan setiap hari

Manfaat sosial media untuk pemasaran makin banyak diminati saat ini. Selain kelebihan yang bisa kita dapat, ternyata ada juga kekurangannya yang memang sering ditemui dalam sehari-hari. Masih banyak yang kurang percaya dari pelanggan, karena engga sedikit penipuan melalui media sosial dalam hal transaksi. Begitupun dengan persaingan yang cukup ketat, karena sebagian besar pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran aksesnya yang mudah dan biaya yang terjangkau.

Pilihan Social Media yang bisa dimanfaatkan

Perkembangan sosial media akan terus bertumbuh seiring dengan teknologi yang terus berkembang. Setiap platform mempunyai kelebihannya masing-masing. Makin banyak jenis media sosial yang hadir, tapi  beberapa di antaranya sudah bertahan hingga bertahun-tahun lamanya di Indonesia.  Ada beberapa media sosial yang umum dipakai, diantaranya :

1. Facebook

Facebook adalah media sosial yang paling banyak dipakai orang, ga sedikit penggunanya untuk tujuan marketing, karena  bisa dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk melalui produksi konten. Selain itu Facebook sangat cocok untuk  yang mau memasang iklan.

2. Instagram

Media sosial ini banyak digunakan oleh generasi milenial, apalagi banyaknya fitur-fitur yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk konteks social media marketing, sangat cocok kalau di Instagram untuk katalog produk. Tampilan lebih menarik apalagi jika dibumbui filter menarik.

3. Twitter

Nah penggunaan di twitter ini strategi marketingnya agak berbeda dengan media sosial lainnya, karena di Twitter interaksi lebih diutamakan. Di twitter memberikan kesempatan bagi brand atau perusahaan untuk langsung berinteraksi dengan masyarakat.

4. YouTube

Platform youtube bisa mengunggah video dengan durasi yang cukup panjang, dengan adanya fitur ini sangat cocok youtube dipakai sebagai media iklan untuk sebuah produk, jangka waktu iklannya pun bisa dibuat lama.

5. Tiktok

Hadirnya Tiktok sekarang ini turut meramaikan dunia sosial media, sudah banyak yang menggunakannya sebagai media promosi, TikTok Shop salah satunya dan  produksi konten-konten yang lebih kreatif.

Jadi media sosial mana yang akan kamu pakai untuk mempromosikan brand, semuanya menarik tergantung  kebutuhannya masing-masing dan bisa dipelajari.

Skill Utama dalam Social Media Marketing

Selama menggeluti dunia digital khususnya di sosial media, Ilmu mengenai social media marketing ini memang belum ada sekolahnya yang didapatkan disekolahan atau bangku kuliahan. Tapi, umumnya saat ini banyak loh situs online yang menyediakan kursus/workshop singkat mengenai social media marketing dipandu oleh ahlinya yang memang bergerak dibidangnya.

Buat yang tertarik dengan keahlian  dan memahami pekerjaan ini, tentunya  harus aktif di media sosial. Bisa melihat dan belajar langsung kebiasaan orang-orang, serta kapan orang-orang bermain media sosial lalu bisa menganalisis konten seperti apa yang bisa menarik perhatian audiens.

Pada dasarnya untuk menjadi seseorang yang paham media sosial, mempunyai kemampuan menulis untuk  membuat konten yang menarik dan kreatif dan tahu  tahu apa yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial.  Hal ini merupakan salah satu bekal awal untuk menjadi seorang pakar social media marketing. Selain itu juga, mampu menyusun strategi, menganalisis, serta komunikasi yang baik.

Nah, serba serbi social media marketing dan tips suksesnya, dimana  hal-hal di atas yang perlu diketahui untuk menjadi sosial media marketer yang expert. Karena ga mudah untuk melakukannya dan banyak banget brand, perusahaan atau pelaku bisnis online mempunyai tim sosial media sendiri. namun, saat ini ga sedikit pula setiap brand mendelegasikan sosial media marketing pada ahlinya.

Manfaat sosial media harus berdasarkan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai, engga perlu ragu untuk meningkatkan performa dari sosial media yang dimiliki agar ramai engangementnya dan pengunjungnya. Terlebih buat pelaku bisnis sangat cocok untuk mengunakan layanan sosial media manajemen yang terpercaya, salah satunya  RajaKomen.com untuk sosial medianya.

Gimana, sudah pada kenalan dengan  Rajakomen.com belom? Kenalan dulu yuk dengan salah satu perusahaan periklanan untuk membantu pengusaha online di Indonesia yang menyediakan beberapa alat bantu untuk promosi produk/jasa dari pengusaha Indonesia yang ingin memperluas target market di dunia online diantaranya jasa backlinkjasa review produk, dan RajaKomen.com.

Hadir untuk seluruh komentator Indonesia dan pemilik akun medsos yang ingin dikomentari positif oleh netizen yang ada di Indonesia. Media Sosial yang bisa dibantu menaikkan engagement nya, diantaranya: Instagram, Youtube, Google Bisnisku/Google My Business/Gmaps, dan Aplikasi Android di Play Store. Dengan meningkatnya Engagament Rate (ER) di sebuah postingan media sosial, akan membuat akun sosial medianya  menjadi lebih populer. Brand atau produk yang dipromosikan akan lebih mudah dicari karena memiliki ER yang tinggi.

Komentar merupakan salah satu faktor interaksi dengan followers/subscribers.  Layanan Jasa komen sebagai salah satu sosial media marketing akan menggiring opini publik. Oleh karena itu, RajaKomen.com mengumpulkan komentator yang sudah terverifikasi, sehingga dapat membantu promosi brand/produk milik advertiser. Komentator asli dari Indonesia, untuk produk Indonesia.

Nah, bersedia kah sosial medianya menjadi ramai dengan komen-komen yang positif, sehingga meningkatkan usaha bisnismu, bestie?

Comments (29)

  1. Mpo Ratne

    May 9, 2022 at 11:03 AM

    Raja komen akan membuat brand kita lebih di kenal masyarakat luas

    • nchiehanie

      May 11, 2022 at 12:31 AM

      Betul, makin joss ya Mpook.

  2. Yeni Sovia

    May 10, 2022 at 4:22 AM

    Marketing lewat sosial media itu memang penting banget ya Teh. Secara sekarang media sosial itu gunanya bukan cuma berinteraksi aja tapi juga bisa menghasilian cuan dari strategi marketingnya. Cuma kalau dipegang sendirian kadang capek juga ya ngelolanya di medsos. Untung sekarang udah ada perusahaan periklanan kayak rajakomen.com gini ya teh. Jadi bisa membantu

    • nchiehanie

      May 11, 2022 at 12:30 AM

      Iya, MAk Yen..
      Jadinya terurus sosmednya,komen2 positifnya plus naikin brandingnyaaa

  3. Andiyani Achmad

    May 10, 2022 at 9:18 AM

    pertama kali nekat terjun ke dunia social media, nulis caption di fb, twitter hingga ig ternyata memang terbukti hingga sekarang social media bergeser menjadi social commerce ya. bahkan di tiktok aja bisa sambil belanja.

    • nchiehanie

      May 11, 2022 at 12:29 AM

      Bener banget Aie, masa2 kita yang memang awalnya suka main sosmed ehh malah menghasilkan yaa.

  4. Inna Riana

    May 10, 2022 at 9:43 AM

    owalaa kubaru tahu tentang rajakomen, mak. iya ya mau ningkatin branding di social media juga perlu masukan komen yg positif. semoga lancar dan maju terus buat rajakomen

    • nchiehanie

      May 11, 2022 at 12:28 AM

      Aamiin..

  5. Firsty Ukhti Molyndi

    May 10, 2022 at 9:01 PM

    Wah sekarang ada rajakomen juga ya, baru tauuu.. digital marketing jadi mudah dan praktis.

    • nchiehanie

      May 11, 2022 at 12:28 AM

      Bangeet, tinggal serahkan pada ahlinyaa sosmed usaha kita jadi ramai

  6. Wahyuindah

    May 11, 2022 at 3:39 AM

    Paling enak tuh kalau dapat banyak komentar positif di sosmed. Berasa berguna apa yang kita posting di sana.

  7. Nanik Nara

    May 11, 2022 at 8:08 AM

    Seneng dong kalau media sosial kita rame dengan komentar positif. Engagement jadi meningkat, brand yang kerja sama pun pasti puas.

    Eh aku sudah punya akun juga di rajakomen, anakku yang pakai sih, lumayan bisa buat nambah uang jajan dia

  8. Suciarti Wahyuningtyas

    May 11, 2022 at 10:07 AM

    Social Media Marketing ini penting banget menurutku, kita pun sebagai blogger yang memang main ke media social juga harus paham. Selain memang membuat konten, kita juga harus pandai dalam mempromosikan konten kita di media social.

  9. Nurul Sufitri

    May 11, 2022 at 11:50 AM

    Main social media zaman now memang beragam yach 🙂 Kalau diikutin semua, cukup ga waktu 24 jam wkwkwkwk. Untung ada RajaKomen yang bisa membantu kita branding. AKu belum tau sih, eh sekarang jadi tau setelah baca di sini. Manfaatnya banyak yach, terutama buat marketing tuh fungsinya oke banget. TFS teh.

  10. ANTUNG APRIANA

    May 11, 2022 at 12:55 PM

    kerjaan sosial media marketing ini sekarang memang menjanjikan banget ya, mbak karena bisa menjangkau banyak bidang entah itu dalam usaha jualan hingga branding persona.

  11. April Hamsa | Mom Blogger

    May 11, 2022 at 2:48 PM

    Sekarang emang butuh banget ya mbak yang namanya social media utk membantu mendongkrak promosi bahkan closingan penjualan. Ini juga lumayan jd cuan buat para penggiat medsos 😀
    Ada pula skrng rajakomen ya biar membantu up komen/ testi positif. Wah kaau punya usaha boleh juga nih dimanfaatkan. TFS infonya.

  12. Nurul Fitri Fatkhani

    May 11, 2022 at 5:38 PM

    Sekarang pebisnis harus bisa memanfaatkan teknologi digital, ya, Teh. Dengan menggunakan sosial media marketing bisa sangat membantu jalannya sebuah bisnis. Target market bisa lebih luas jangkauannya. Selain itu dengan sosial media komunikasi antara pembisnis dan pelanggan bisa lebih cepat dan mudah.

  13. Jiah Al Jafara

    May 11, 2022 at 8:19 PM

    Sekarang kayanya kalau mau bisnis, jualan, pakai sosmed itu paling juara sih. Namun jangan lupa pakainya itu akun khusus, bukan pribadi. Jadi lebih enak karena khusus jualan. Gak campur gitu kalau mau lihat postingan produk

  14. Milda Ini

    May 11, 2022 at 8:51 PM

    Alhamdulillah makin ke sini, banyak manfaat dari media sosial ya apalagi buat bisnis, tinggal platform mana yang mau difokuskan atau mau semua dimainkan, tapi yah gak gampang. Cuma kalo bidang kerja, di kleuarga atau di sebagian teman, masih kurang ngeh, asik main Hp aja katanya, hehehe.

  15. Lidya

    May 11, 2022 at 9:14 PM

    Sosmed ampuh banget ya buat marketing makanya banyak digunakan ya teh untuk keperluan bisnis. Youtube nih yang gak pernah aku update, padahal sering nonton youtube

  16. Dennise Sihombing

    May 11, 2022 at 9:19 PM

    Penting banget nih para pengusaha ataupun pelaku UMKM menggunakan jasa RajaKomen.com
    Karena memang suatu usaha untuk dikenal dan dipercaya konsumen haruslah ada review, promosinya. Semakin banyak komentar yang baik semakin banyak pembeli

  17. Hidayah Sulistyowati

    May 11, 2022 at 9:24 PM

    Dulu awal gabung di social media, sempat waswas karena banyaknya penipuan, hahahaa
    Tapi emang kalo bisa mengelola social media dengan nilai positif bisa jadi sumber cuan ya Teh. Apalagi sejak pandemi nyaris banyak perusahaan yang memilih WFH, jadi social media menjadi meedia market yang luar biasa

  18. Okti Li

    May 11, 2022 at 9:47 PM

    TikTok sekarang mulai diperhitungkan ya Teh. Saya pun yang awalnya tidak punya akun, jadi punya juga buat akun di sana hehee…

  19. lendyagassi

    May 11, 2022 at 10:30 PM

    Kemarin dibahas di salah satu grup blogger SEO bahwa ada yang namanya rajakomen.
    Jadi memang sebuah brand awareness zaman sekarang bisa banget dibangun menggunakan jasa yang ahli agar terbentuk sesuai tujuan maasing-masing brand dan pangsa pasarnya.

  20. Gusti yeni

    May 11, 2022 at 10:58 PM

    Baruu tau ada rajakomen, memang sosial media kalau di maksimalkan untuk bisnis banyak yg berhasil.

    Fokus Kreatif dan rajin posting supaya follower nambah

  21. Nia Haryanto

    May 11, 2022 at 11:42 PM

    Hari gini, social media memang berperan besar ya di dalam dunia marketing digital. Tanpa sosial media, kayaknya bisnis gak bisa berkembang dengan baik. Dan iya, komen perkomenan ini juga penting. Baru tahu deh aku dengan Raja Komen ini.

  22. Helena

    May 12, 2022 at 6:23 AM

    ini … ku lagi belajar social media marketing. Bukan untuk bisnis tapi untuk komunitas. Mirip-mirip sih. Supaya dampaknya lebih luas jadi perlu dibagikan di media sosial. Ga cuma asal post aja. Kudu maintenance juga yah.

  23. Wiwied Widya

    May 12, 2022 at 9:02 PM

    Hooh ya dulu nggak ngebayangin kalau medsos akan punya efek sebesar ini. Dulu main facebook jaman masi alay gitu buat nyetatus nggak penting. Sekarang sedapat mungkin postingannya berujung cuan. Agak effort sih. Tapi seru ya.

  24. Sapti nurul hidayati

    May 16, 2022 at 8:16 AM

    Sekarang ini media soaial jadi asset ya mbak, untuk mendulang rupiah. Makanya musti dijaga performanya agar ER nya tinggi. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan jasa dari Raja komen ini.

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.